Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Proyeksi Trimetri (Pengertian, Dan Ciri Ciri)

proyeksi trimetri

Proyeksi Trimetri
- Proyeksi trimetri merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam gambar teknik. Proyeksi trimetri ini bertujuan agar semua informasi pada gambar teknik dapat tersampaikan secara detail dan lengkap.

Terkait proyeksi trimetri masih terdapat berbagai ilmu yang harus dipelajari agar proses gambar teknik menghasilkan informasi yang lengkap dan jelas. Berbagai hal ini seperti pengertian, dan ciri ciri proyeksi trimetri. Untuk lebih jelasnya mengenai proyeksi trimetri akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Proyeksi Trimetri

Proyeksi trimetri adalah salah satu dari proyeksi aksonometri yang mana skala pendekatan untuk ketiga sisi beserta sudutnya tidak sama. Artinya setiap sisi memiliki skala perpendekan yang berbeda-beda tergantung besar sudut yang digunakan. 
 
Proyeksi trimetri berpatokan kepada besarnya sudut yang terbentuk antara garis sumbu x, y, dan z serta panjang garis garis sumbu tersebut. Proyeksi trimetri merupakan pengembangan dari proyeksi isometri. Aturan dasar pembuatan proyeksi trimetri adalah ketiga skala pemendekannya tidak sama terhadap kedua buah sudut.

Ciri Ciri Proyeksi Trimetri

Terdapat beberapa ciri ciri yang menunjukan gambar teknik menggunakan proyeksi isometri. Untuk lebih jelasnya mengenai ciri ciri proyeksi trimetri sebagai berikut.

1. Sumbu

Besarnya sudut yang dibentuk antar garis sumbu pada proyeksi trimetri disesuaikan dengan kebutuhan. Namun sesuai aturan maka dua sudut memiliki besaran yang berbeda-beda. Dengan kata lain sudut α tidak sama dengan sudut β. Namun besarnya sudut ini juga akan berpengaruh terhadap skala perpendekan pada setiap garis sumbu.

2. Ukuran Garis Sumbu

Pada proyeksi trimetri umumnya memiliki perbandingan garis sumbu x, y, dan z sebesar 9/10a: 1/2a: a. Namun ukuran ini juga disesuaikan dengan sudut yang dibentuk oleh garis sumbu. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan tabel perbandingan sudut sumbu dan skala perpendekan setiap garis sumbu pada proyeksi trimetri.
proyeksi trimetri
Diatas merupakan pembahasan mengenai proyeksi trimetri yang digunakan pada gambar teknik. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Proyeksi Trimetri (Pengertian, Dan Ciri Ciri)"