Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Dan Cara Menggunakan Valve Spring Compressor

valve spring compressor
Fungsi Valve Spring Compressor - Valve spring compressor merupakan salah satu jenis alat sst atau special service tools. Fungsi valve spring compressor adalah untuk melepas dan memasang pengunci katup pada tapped. Dengan begitu proses pemasangan dan pelepasan pengunci akan lebih mudah.

Pada mekanisme katup terdapat pegas yang menekan tapped. Pegas katup ini memiliki kekuatan tekan agar katup dapat menutup secara sempurna. Oleh karena itu diperlukan alat khusus yang dapat digunakan untuk menekan pegas katup ini sehingga pengunci tapped dapat dengan mudah dilepas. Dengan begitu mekanisme katup dapat terbongkar untuk proses perbaikan.

Sementara itu pengunci atau yang lebih dikenal dengan cotter pin digunakan untuk mengunci katup pada tapped. Ketiga komponen baik tapped, cotter pin, dan spring berguna untuk mengunci kedudukan katup. Dengan begitu katup tidak dapat bergeser geser sehingga tidak terjadi kebocoran.

Pemasangan dan pelepasan cotter pin ini sangat sulit untuk dilakukan karena harus memposisikan dengan benar sehingga kedua cotter pin dapat mengunci secara sempurna. Oleh karena itu dibuat valve spring compressor untuk memudahkan dalam proses pemasangan dan pelepasan cotter pin. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dan cara menggunakan valve spring compressor akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Valve Spring Compressor

Fungsi valve spring compressor adalah untuk menekan spring atau pegas katup agar pemasangan dan pelepasan cotter pin mudah dilakukan. Cotter pin ini merupakan pengunci pada bagian tapped. Terdapat dua buah cotter pin pada setiap katup.

Oleh karena itu dalam proses pemasangan dan pelepasan harus dalam posisi yang tepat.Agar proses pelepasang dan pemasangan menimbulkan kerusakan pada komponen lain maka dibuat alat khusus atau SST yaitu valve spring compressor.

Cara Menggunakan Valve Spring Compressor

Ada beberapa langkahh yang harus diperhatikan ketika menggunakan valve spring compressor. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara menggunakan valve spring compressor.
  1. Memposisikan bagian tangkai yang diam untuk menahan valve agar tidak bergeser ketika pegas ditekan.
  2. Menyetel bagian tangkai yang dapat bergerak sesuaikan dengan kebutuhan agar spring dapat tertekan secara sempurna. Penyetelan dapat dilakukan dengan memutar penyetel untuk memajukan dan memundurkan posisi dari ujung tangkai.
  3. Kemudian menekan bagian valve spring compressor sehingga spring dapat tertekan dan cotter pin dapat dengan mudah dilepas atau dipasang. Apabila belum sesuai maka putar lagi penyetel sampai spring tertekan sesuai kebutuhan.
  4. Setelah pegas tertekan maka cotter pin dapat dengan mudah dilepas maupun dipasang serta di stel posisinya agar tepat mengunci katup terhadap tapped.
Diatas merupakan pembahasan mengeani fungsi valve spring compressor dan cara menggunakannya. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Dan Cara Menggunakan Valve Spring Compressor"