Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 23 Peralatan Kerja Bangku (Pengertian, dan Jenis)

Peralatan Kerja Bangku - Dalam proses kerja bangku membutuhkan berbagai peralatan. Peralatan kerja bangku adalah berbagai perkakas tangan yang digunakan dalam proses pekerajaan diatas meja kerja atau work bench. Lalu apa saja peralatan kerja bangku yang banyak digunakan pada workshop otomotif?

Peralatan kerja bangku digunakan untuk membantu berbagai proses pengerjaan kerja bangku. Pekerjaan kerja bangku ini terdiri dari konstruksi geometris. Dalam proses pembuatannya membutuhkan etos kerja dan teknik dasar agar hasil baik dan dapat dilanjutkan dalam proses mesin.

Dalam bidang otomotif peralatan kerja bangku banyak ditemukan dan memiliki peranan penting dalam proses perbaikan dan perawatan kendaraan. Untuk lebih jelasnya mengenai peralatan kerja bangku akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Peralatan Kerja Bangku

Peralatan kerja bangku adalah berbagai peralatan atau perkakas yang digunakan untuk membantu proses pekerjaan yang dilakukan diatas meja kerja. Terdapat berbagai macam kerja bangku yang sering ditemukan dalam bidang otomotif dan membutuhkan berbagai peralatan kerja bangku.

Dalam penggunaan peralatan kerja bangku harus sesuai dengan fungsi dan prosedur. Hal ini bertujuan agar tidak terdapat kesalahan yang menyebabkan benda kerja menjadi kurang presisi dan tidak dapat diteruskan ke proses mesin.

Oleh karena itu dalam proses penggunaan peralatan kerja bangku diperlukan ketelitian dan kesabaran agar hasil kerja bangku dapat maksimal dan presisi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu dalam proses kerja bangku akan berjalan lama dibanding dengan menggunakan mesin.

Macam Kerja Bangku

Ada beberapa macam pekerjaan yang tergolong dalam kerja bangku. Setiap pekerjaan memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan jenis pekerjaan yang termasuk kerja bangku.

1. Mengikir

Mengikir merupakan pekerjaan menyayat atau mengikis benda kerja sehingga benda kerja mencapai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Hasil sayatan atau kikisan berupa gram gram lembut.

2. Memahat

Memahat merupakan pekerjaan menyayat benda kerja agar ukuran dapat berkurang secara drastis. Selain itu proses ini juga sering digunakan untuk memotong benda meskipun kurang efektif dan rapi.

3. Menggergaji

Menggergaji merupakan pekerjaan yang digunakan untuk memotong benda kerja menjadi beberapa bagian atau ukuran yang di inginkan.

4. Menggambar

Menggambar merupakan pekerjaan untuk menggores atau memberikan tanda pada permukaan benda kerja untuk mempermudah pekerjaan selanjutnya.

5. Menekuk

Menekuk merupakan pekerjaan yang digunakan untuk merubah bentuk benda kerja sesuai dengan yang di inginkan.

6. Mengebor

Mengebor adalah pekerjaan yang digunakan untuk memberikan sebuah lubang pada benda kerja untuk proses  pekerjaan selanjutnya.

Jenis Peralatan Kerja Bangku

Terdapat beberapa jenis peralatan kerja bangku. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan jenis peralatan kerja bangku.

1. Ragum atau Vice

Ragum atau yang lebih dikenal dengan vice adalah alat kerja bangku yang digunakan untuk menjepit benda kerja yang akan dilakukan kerja bangku. Ragum memiliki mulut yang digunakan untuk menjepit benda kerja. Permukaan mulut di buat dengan gaya gesek yang tinggi agar dapat menjepit benda kerja dengan kuat.

Cara menggunakan ragum atau vice harus sesuai dengan prosedur. Hal ini agar keselamatan dan kesehatan kerja dapat terjamin.
  • Mengusahakan badan berdiri dengan tegak
  • Menempelkan kepalan tangan pada dagu
  • Posisi sikut harus berada diatas mulut ragum dan apabila lengan diayunkan siku jangan sampai menyentuh mulut ragum.
    Peralatan Kerja Bangku

2. Mesin Bor atau Drilling

Mesin bor atau yang dikenal dengan drilling memiliki fungsi untuk membuat lubang pada benda kerja. Diameter lubang yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan. Diameter lubang ini disesuaikan dengan ukuran mata bor.
Peralatan Kerja Bangku

3. Snei atau Thread Die

Snei memiliki fungsi untuk membuat ulir atau thread pada permukaan besi bulat. ulir ini digunakan sebagai baut untuk mengikat berbagai komponen mesin.
Peralatan Kerja Bangku

4. Tap atau Thread Tap

Tap atau yang lebih dikenal dengan thread tap memiliki fungsi yang hampir sama dengan snei. Namun tap memiliki fungsi untuk membuat ulir untuk baut dalam atau baut tanam.
Peralatan Kerja Bangku

5. Handle Snei atau Die Stock Handle

Handle snei atau die stock handle merupakan salah satu peralatan kerja bangku yang memiliki fungsi sebagai pemegang snei agar tekanan yang diberikan oleh operator merata dan tidak miring. Selain itu juga berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan ulir.
Peralatan Kerja Bangku

6. Handle Tap atau Tap Stock Handle

Handle tap atau tap stock handle memiliki fungsi sebagai pemegang tap serta proses penekanan cut thread terjadi 90 derajat atau lurus kedalam. Selain itu handle tap juga digunakan untuk mempermudah proses pembuatan ulir.
Peralatan Kerja Bangku

7. Sikat Baja atau Wei Brush

Sikat baja atau wei brush memiliki fungsi sebagai pembersih kotoran baik debu karbon dan lain sebagainya yang ada pada permukaan benda kerja.
Peralatan Kerja Bangku

8. Gergaji Besi atau Wie Hacksaw

Gergaji besi atau wie hacksaw merupakan salah satu jenis gergaji yang memiliki fungsi untuk memotong benda kerja yang terbuat dari bahan campuran dan baja yang memiliki karbon rendah. Gergaji besi berfungsi untuk menyesuaikan ukuran benda kerja agar sesuai dengan kebutuhan.
Peralatan Kerja Bangku

9. Penitik atau Center Punch

Penitik atau yang lebih dikenal dengan center punch digunakan bersamaan dengan hammer atau palu untuk memberikan tanda atau titik pada benda kerja. Tanda atau titik ini digunakan sebagai jalur untuk mencegah bor menyimpang.
Peralatan Kerja Bangku

10. Penggores atau Scriber

Penggores atau yang lebih dikenal dengan scriber memiliki fungsi untuk membuat sebuah tanda garis pada permukaan benda kerja. Goresan ini hanya berfungsi sebagai garis yang selanjutnya akan dikerjakan menggunakan mesin atau alat lainnya.

Penggores digunakan karena tanda yang dihasilkan semi permanen artinya tidak mudah untuk dihapus atau hilang. Penggores terbuat dari baja cor yang dikeraskan dan pada bagian ujungnya diasah membentuk sudut 30 sampai 40 derajat.
Peralatan Kerja Bangku

11. Penggaris Siku atau Steel Square

Penggaris siku atau steel square merupakan bagian dari alat kerja bangku. Penggaris siku terdiri dari dua bagian yaitu badan dan daun siku. Pada bagian badan dibuat dari bahan yang lebih tebal untuk memantapkan dan ketelitian saat digunakan. Fungsi penggaris siku terdiri dari:
  • Membuat garis sudut
  • Memeriksa kemiringan atau sudut yang dibentuk pada sebuah benda
  • Memeriksa kerataan sebuah benda
    Peralatan Kerja Bangku

12. Pahat atau Cold Chisel

Pahat atau yang dikenal dengan cold chisel merupakan salah satu jenis peralatan kerja bangku yang sering ditemukan pada bidang otomotif. Pahat ini berfungsi untuk membentuk sebuah permukaan benda kerja sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pahat juga digunakan untuk memotong benda kerja yang terbuat dari logam ringan.
Peralatan Kerja Bangku

13. Kikir atau File

Kikir atau file terdiri dari beberapa jenis. Jenis file yaitu kikir rata dua sisi, kikir rata tunggal, kikir bulat, dan beberapa jenis lainnya. Penggunaan setiap jenis kikir disesuaikan dengan kebutuhan. Namun fungsi utamanya yaitu untuk meratakan permukaan benda kerja.
Peralatan Kerja Bangku

14. Meja Perata

Meja perata berfungsi untuk mengecek atau menguji kerataan sebuah benda kerja. Alat ini sering digunakan untuk meratakan sebuah permukaan yang bengkok atau tidak rata. Oleh karena itu meja perata terbuat dari besi tuang, keramik, atau granit yang memiliki tingkat kekerasan tertentu. Dengan begitu saat dilakukan treatment tidak terjadi kerusakan pada permukaan meja perata.
Peralatan Kerja Bangku

15. Bolt Cutter

Baut atau logam dapat dipotong menggunakan bolt cutter. Desain dari bolt cutter memiliki tangkai yang panjang sehingga menghasilkan momen yang besar. Sementara itu pada bagian ujungnya terdapat sebuah pemotong yang tajam.
Peralatan Kerja Bangku

16. Tube Cutter

Tube cutter berfungsi untuk memotong pipa kecil seperti pipa bahan bakar, pipa ac, dan lain sebagainya. Cara penggunaan tube cutter sebenarnya sangat sederhana. Tube cutter dipasangkan pada pipa sehingga pipa akan tertahan diantara pemotong dan sebuah roller. Bagian pemegang diputar secara perlahan sampai memotong pipa sesuai kebutuhan.
Peralatan Kerja Bangku

17. Flaring Tool

Flaring tool banyak digunakan untuk mengembangkan bagian ujung pipa agar rapat terhadap sambungan. Flaring tool memiliki berbagai lubang dengan ukuran diameter yang berbeda beda. Lubang ini dibuat agar memiliki bentuk kerucut dengan cara dibor. Dengan adanya lubang berbentuk kerucut ini maka pipa yang dimasukan akan terpaksa mengembang dan dapat mengencangkan sambungan.
Peralatan Kerja Bangku

18. Belt Punch

Belt Punch digunakan untuk membuat sebuah lubang pada permukaan benda kerja yang terbuat dari karet, busa, serat dan lain sebagainya. Cara menggunakan belt punch sangat mudah sekali yaitu benda yang akan dilubangi ditaruh pada permukaan kayu yang keras kemudian dipukul sampai tercipta lubang pada permukaan benda kerja.
Peralatan Kerja Bangku

19. Arbour Press

Arbour press memiliki fungsi untuk memasukkan atau mengeluarkan benda dari satu part dengan part kedua. Sebagai contoh untuk melepas atau memasang shaft pada gear atau bearing. Arbour press ini terdiri dari beberapa ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Arbour press memiliki tumpuan vertikal pada bagian belakang. Sementara itu pada bagian atas dipasang tuas penekan yang dapat digerakkan naik turun. Selain itu pada bagian bawah terdapat support yang digunakan untuk menahan benda kerja.
Peralatan Kerja Bangku

20. Jangka

Jangka merupakan salah satu bagian dari peralatan kerja bangku yang digunakan untuk garis melingkar atau radius. Jangka digunakan untuk membantu menggambar pada permukaan kerja sebelum dilakukan proses selanjutnya.
Peralatan Kerja Bangku

21. Palu

Palu digunakan untuk menekan atau mendorong benda kerja. Selain itu palu juga digunakan untuk memukul berbagai peralatan lain agar dapat bekerja seperti penitik, belt punch dan berbagai peralatan lainnya.
Peralatan Kerja Bangku

22. Stamp Huruf dan Angka

Stamp huruf dan angka merupakan benda logam yang pada bagian ujungnya terdapat berbagai bentuk huruf dan angka. Stamp ini digunakan untuk memberikan identitas pada benda kerja. Cara penggunaan stamp sangat mudah sekali yaitu arahkan stamp pada permukaan benda kerja sesuai kebutuhan kemudian dipukul menggunakan palu sampai tedapat bekas yang berbentuk huruf atau angka.
Peralatan Kerja Bangku

23. Pemotong Plat

Pemotong plat memiliki fungsi sama seperti gunting yaitu digunakan untuk memotong plat logam tipis sesuai dengan kebutuhan.
Peralatan Kerja Bangku

Diatas merupakan pembahasan mengenai peralatan kerja bangku. Terdapat berbagai jenis peralatan kerja bangku yang banyak digunakan pada bidang otomotif.

2 komentar untuk "Mengenal 23 Peralatan Kerja Bangku (Pengertian, dan Jenis)"