Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 4 Cara Membersihkan Injektor Mobil

Cara Membersihkan Injektor - Injektor merupakan salah satu bagian yang harus dilakukan pembersihan. Membersihkan injektor perlu dilakukan agar injektor dapat menginjeksikan bahan bakar dengan lancar. Lalu bagaimana cara membersihkan injektor?

Injektor memiliki peranan yang sangat vital pada sistem bahan bakar injeksi. Injektor berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan mesin pada saat proses pembakaran terjadi. Oleh karena itu injektor harus selalu bekerja dengan baik.

Apabila terjadi kerusakan pada injektor tentunya akan menyebabkan mesin tidak akan bekerja dengan normal. Misalnya seperti mesin tersendat sendat, pincang, dan lain sebagainya. Oleh karena itu perbaikan dan perawatan terhadap injektor perlu dilakukan secara berkala.

Namun anda dapat melakukan perawatan injektor secara berkala dirumah tanpa harus datang ke dealer resmi. Ada beberapa cara membersihkan injektor yang dapat dilakukan dirumah. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membersihkan injektor akan dibahas pada artikel berikut ini.

Cara Membersihkan Injektor

Berikut merupakan pembahasan mengenai cara membersihkan injektor baik pada motor maupun mobil.

1. Membersihkan Injektor Dengan Carbon Cleaner

Cara yang paling praktis untuk membersihkan injektor yaitu degnan mencampurkan cairan pembersih kedalam tangki bahan bakar. Cairan pembersih ini lebih dikenal dengan carbon cleaner. Cairan pembersih ini akan mengikis berbagai kotoran yang dapat menyumbat atau mengganggu kinerja dari injektor.

Cara menggunakan carbon cleaner sebenarnya sangat mudah yaitu tinggal mencampurkan cairan tersebut kedalam tangki bahan bakar yang sudah berisi 3.5-5 liter. Selain itu pencampuran cairan pembersih dilakukan setidaknya 300 ribu km sekali.

Namun cara ini kurang efektif untuk membersihkan injektor. Cairan pembersih juga akan membawa kotoran yang terdapat pada tangki bahan bakar, filter, atau saluran bahan bakar menuju injektor. Akibatnya kotoran akan masuk kedalam injektor dan diinjeksikan kedalam ruang bakar. Dengan adanya kotoran menyebabkan deposit pada ruang bakar.
cara membersihkan injektor

2. Membersihkan Injektor Dengan Injector Cleaner

Selain menggunakan cairan pembersih, cara membersihkakn injektor yang cukup efektif adalah menggunakan alat khusus. Alat khusus pembersih injektor ini lebih dikenal dengan injektor cleaner. Namun tidak semua orang atau bengkel yang memiliki alat khusus ini melainkan hanya pada bengkel menengah - tinggi.

Pembersihan menggunakan injektor cleaner mengharuskan injektor dilepas dari mesin. Injektor yang terlepas kemudian direndam menggunakan cairan pembersih dan ditempatkan pada wadah yang bergetar. Getaran ultrasonic yang ditimbulkan oleh alat injektor cleaner akan menyebabkan berbagai kotoran yang terdapat pada injektor akan rontok. Kotoran-kotoran ini kemudian akan terlarut dalam cairan pembersih.

Setelah dilakukan pembersihan maka injektor akan dipasang pada saluran dan dihadapkan pada gelas ukur bening. Selanjutnya injektor cleaner akan menyebabkan injektor menyemprotkan bahan bakar. Arah semprotan dan jumlah semprotan dapat dicek sesuai dengan standar yang ada.

Apabila hasil baik maka injektor dapat dipasang kembali pada sistem bahan bakar. Namun apabila terdapat hasil yang tidak sesuai maka perlu dilakukan pembersihan dan pengecekan ulang. Akan tetapi apabila hasil tetap sama maka perlu dilakukan penggantian unit.
cara membersihkan injektor

3. Membersihkan Injektor Dengan Infus

Cara membersihkan injektor yang terakhir adalah dengan metode infus. Banyak bengkel yang sudah menawarkan proses pembersihan injektor dengan metode infus. Pembersihan dengan metode infus membutuhkan alat khusus seperti infus.

Berbeda dengan menggunakan injektor cleaner, cara membersihkan injektor dengan metode infus tidak perlu proses pembongkaran injektor. Selang bahan bakar akan dilepas dan disambungkan pada tabung yang sebelumnya telah diisi carbon injektor. Tabung tersebut diisi udara bertekanan yang digunakan untuk memasukkan carbon cleaner ke ruang bakar.

Setelah itu mesin dinyalakan sambil digas. Untuk pembersihan injektor dengan metode infus membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit sampai mesin mati sendiri dikarenakan kehabisan bahan bakar. Cara ini cukup efektif karena kotoran akan ikut terdorong dengan udara bertekanan dan carbon cleaner.
cara membersihkan injektor

Prosedur Membersihkan Injektor

Terdapat beberapa prosedur yang dapat dilakukan untuk membersihkan bahan bakar agar dapat bekerja dengan maksimal. Berikut ulasan lebih jelas mengenai prosedur membersihkan injektor.
  1. Proses pembersihan dengan menggunakan carbon cleaner dilakukan dengan rentang jarak 300 km. Selain itu perbandingan carbon cleaner adalah 1 botol dengan 3.5 - 5 liter bahan bakar.
  2. Sebelum proses pembersihan injektor perlu dilakukan pembersihan terhadap fuel filter atau filter bensin. Apabila filter bensin tidak dibersihkan maka pembersihan injektor percuma karena banyak kotoran yang terdapat pada filter bahan bakar.
  3. Apabila dilakukan pembongkaran injektor maka lepas relay atau sekering fuel pump sampai mesin mati sendiri untuk memastikan tidak adanya tekanan pada saluran bahan bakar.
  4. Melepas injektor pada bagian pipa atau selang yang paling dekat dengan injektor. Namun setiap mesin memiliki konstruksi yang berbeda-beda sehingga pembongkaran juga harus memperhatikan konstruksi mesin.
  5. Saat membongkar injektor harus dilakukan secara hati hati agar tidak merusak seal.  
  6. Setelah injektor terlepas maka seal perlu dilepas secara hati-hati agar agar tidak rusak, gores, atau cacat. Selain itu seal wajib dilepas agar tidak rusak saat dilakukan proses pembersihan. Hal ini dikarenakan cairan pembersih bersifat merusak karet seal.
Diatas merupakan beberapa ulasan mengenai cara membersihkan injektor. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Cara Membersihkan Injektor Mobil"