Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ukuran Kertas Gambar Teknik (Inch, Mm, Cm)

Ukuran Kertas Gambar Teknik - Dalam gambar teknik kertas merupakan salah satu perlengkapan yang paling penting. Untuk memenuhi kebutuhan maka terdapat berbagai jenis ukuran kertas dalam gambar teknik. Lalu apa saja ukuran kertas gambar teknik tersebut?

Untuk mendapatkan kesepahaman antar berbagai subyek gambar teknik, maka dibuatlah peraturan atau standar yang di tetapkan oleh lembaga ISO mengenai berbagai hal tentang kertas gambar teknik. Pada gambar teknik umumnya menggunakan kertas gambar tipe A yang memiliki ukuran panjang dan lebar yang telah di standarisasi atau di normalisasikan.

Pada kertas gambar ukuran A memiliki standar dengan membubuhkan angka nol (0). Kertas gambar ukuran A0 memiliki ukuran 1 meter persegi dengan perbandingan panjang dan lebar 2:1. Untuk kebutuhan lainnya kertas gambar ukuran A0 dibagi lagi menjadi ukuran ukuran yang lebih kecil dengan membubuhkan angka 1 sampai 4. 

Ukuran ukuran kertas gambar yang merupakan turunan didapatkan dengan membagi dua ukuran kertas sebelumnya. Sebagai contoh kertas ukuran A1 merupakan setengah dari A0, A2 setengah dari A1, dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya mengenai ukuran kertas gambar teknik akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Ukuran Kertas Gambar Teknik

Terdapat berbagai ukuran kertas pada gambar teknik. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan para designer. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai ukuran ukuran kertas gambar teknik.
ukuran kertas gambar teknik

1. Ukuran Kertas A0

Ukuran kertas A0 merupakan ukuran kertas yang menjadi pokok atau acuan pada gambar teknik. Ukuran kertas A0 memiliki ukuran luas 1 meter persegi dengan ukuran panjang 1189 mm dan lebar 841 mm. Ukuran kertas A0 merupakan ukuran kertas terbesar pada seri A. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan ukuran kertas gambar teknik A0:
  • Ukuran kertas A0 dalam mm adalah 1189 mm x 841 mm
  • Ukuran kertas A0 dalam inch adalah 46,81 inch x 33.11 inch
  • Ukuran kertas A0 dalam cm adalah 118,9 cm x 84,1 cm

2. Ukuran Kertas A1

Ukuran kertas gambar A1 merupakan setengah dari ukuran kertas A0. Dengan kata lain kertas gambar teknik ukuran A1 memiliki ukuran 8 kali ukuran kertas A4. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan ukuran kertas gambar teknik A1:
  • Ukuran kertas A1 dalam mm adalah 841 mm x 594 mm
  • Ukuran kertas A1 dalam inch adalah 33,11 inch x 23,39 inch
  • Ukuran kertas A1 dalam cm adalah 84,1 cm x 59,4 cm 

3. Ukuran Kertas A2

Ukuran kertas gambar A2 memiliki ukuran setengah dari ukuran kertas gambar A1. Dengan kata lain kertas ini berukuran 4 kali ukuran kertas A4. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan ukuran kertas gambar teknik A2:
  • Ukuran kertas A2 dalam mm adalah  594 mm x 420 mm
  • Ukuran kertas A2 dalam inch adalah 23,39 inch x 16,54 inch
  • Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 59,4 cm x 42,0 cm

4. Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas gambar A3 merupakan setengah kali ukuran kertas gambar A2. Artinya kertas A3 memiliki ukuran 2 kali kertas A4. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan ukuran kertas gambar A3:
  • Ukuran kertas A2 dalam mm adalah  420 mm x 297 mm
  • Ukuran kertas A2 dalam inch adalah 16,54 inch x 11,69  inch
  • Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 42,0 cm x 29,7 cm

5. Ukuran Kertas A4

Ukuran kertas gambar teknik yang ke 5 adalah kertas gambar A4. Kertas A4 merupakan setengah kali ukuran kertas gambar A3. Kertas ini yang paling banyak ditemukan dan digunakan untuk proses gambar teknik obyek yang berukuran kecil. Untuk lebih jelasnya ukuran kertas gambar A4 yaitu:
  • Ukuran kertas A2 dalam mm adalah  297 mm x 210 mm
  • Ukuran kertas A2 dalam inch adalah 11,69 inch x 8,27  inch
  • Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 29,7 cm x 21,0 cm

5. Ukuran Kertas A5

Ukuran kertas A5 dalam standar sebenarnya memang ada, namun penggunaan dalam gambar teknik sangat jarang ditemukan. Ukuran kertas gambar A5 yaitu setengah kali ukuran kertas gambar A4. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan ukuran kertas gambar A5:
  • Ukuran kertas A2 dalam mm adalah  210 mm x 148 mm
  • Ukuran kertas A2 dalam inch adalah 11,69 inch x 5,83 inch
  • Ukuran kertas A2 dalam cm adalah 21,0 cm x 14,8 cm

Ukuran Garis Tepi Kertas Gambar Teknik

Untuk menghasilkan gambar yang rapi maka setiap tepi bagian kertas gambar harus digaris. Selain itu garis tepi pada kertas gambar teknik juga memudahkan ketika kumpulan gambar teknik akan di jilid atau disatukan menjadi satu. Dengan begitu gambar akan tetap kelihatan meskipun dijilid pada bagian sisinya.
posisi garis tepi gambar teknik
Pada gambar teknik ukuran garis tepi gambar teknik juga tidak boleh sembarangan sama seperti ukuran kertas gambar. Terdapat aturan atau standar yang mengatur ukuran garis tepi gambar teknik. Hal ini tergantung posisi kertas apakah tegak lurus atau mendatar.

Standar garis tepi pada gambar teknik pada umumnya yaitu 20 mm pada bagian yang akan dijilid (biasanya bagian tepi kiri), serta 10 mm pada garis tepi atas, bawah, dan kanan kecuali pada kertas gambar A4. Pada kertas gambar A4 memiliki ukuran garis tepi 20 mm pada bagian kiri atau yang akan dijilid dan 5 mm pada garis tepi atas, bawah, dan kanan.
ukuran garis tepi gambar teknik
Diatas merupakan pembahasan mengenai ukuran kertas gambar teknik. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ukuran Kertas Gambar Teknik (Inch, Mm, Cm)"