Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 4 Perbedaan Mur Dan Baut

perbedaan mur dan baut
Perbedaan Mur Dan Baut - Tahukah kalian, apa sih sebenarnya perbedaan mur dan baut? Sebenarnya kedua benda ini memiliki perbedaan yang mendasar, namun sering kali terjadi salah penyebutan mengenai mur dan baut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan mur dan baut akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Mur dan baut memiliki peranan yang sangat penting terutama pada industri otomotif. Kedua komponen ini banyak ditemukan pada setiap bagian kendaraan. Keduanya seperti pasangan yang tidak dapat dipisahkan.

Mur dan baut digunakan untuk menyambung dua buah bagian menjadi satu secara tidak permanen. Artinya bagian tersebut masih dapat dipisah dengan melepas mur dan baut atau dengan kata lain dapat di bongkar dan pasang. Dengan menggunakan sambungan ini maka kedua bagian dapat dilepas tanpa merusak kedua bagian yang disambungkan.

Mur dan baut ini memiliki peranan yang penting pada mesin. Oleh karena itu perlu di ketahui mengenai perbedaan antara mur dan baut. Berikut pembahasan mengenai perbedaan keduanya secara detail.

Pengertian Mur dan Baut

Mur dan baut sering kali ditemukan pada berbagai komponen mesin kendaraan yang digunakan untuk menyambung berbagai komponen menjadi satu bagian utuh. Berikut merupakan pengertian dari mur dan baut.

1. Mur

Mur atau yang lebih dikenal dengan nut merupakan pasangan dari baut. Terdapat beberapa bentuk dari mur, namun yang paling banyak ditemukan adalah hexagonal atau segi enam sehingga pas ketika menggunakan kunci pass atau ring. Sementara itu untuk bagian tengahnya berbentuk lingkaran yang memiliki ulir atau drat. 

Mur atau nut terbuat dari baja lunak atau paduan logam untuk keperluan tertentu. Mur atau nut ini menggunakan jenis ulir dalam sebagai pasangan dari baut. Dengan begitu mur dapat saling mengikat komponen tertentu bersama baut. 

2. Baut

Baut atau bolt merupakan pengikat yang menjadi pasangan dari mur. Baut adalah batang berbentuk silinder yang memiliki ulir dibagian luar dan kepala pada salah satu ujungnya. Kepala baut pada umumnya berbentuk sama seperti mur yaitu segi enam atau segi empat.

Baut menggunakan jenis ulir luar. Panjang dan ukuran ulir atau thread bervariasi tergantung kebutuhan. Ulir terkadang terletak di sepanjang baut, namun terkadang hanya pada sebagian baut tertentu saja.

Baut atau bolt terbuat dari baja lunak, baja paduan, baja tahan karat, dan kuningan. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dari baut itu sendiri. Pada beberapa keadaan tertentu baut juga terbuat dari paduan logam khusus sehingga memiliki ketahanan tinggi terhadap suatu hal, semisal suhu tinggi, atau zat kimia tertentu.

Perbedaan Mur dan Baut

Dari definisi mengenai baut dan mur, maka dapat diketahui perbedaan mendasar mengenai mur dan baut. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai perbedaan mur dan baut.

1. Letak Ulir

Perbedaan pertama antara mur dan baut adalah letak ulirnya. Pada baut ulir terletak pada bagian luar atau pada permukaan benda kerja. Ulir jenis ini sering disebut male threads atau ulir laki laki. Sementara itu mur menggunakan ulir dalam atau ulir terletak didalam permukaan benda kerja. Ulir jenis ini lebih dikenal female thread atau ulir perempuan.

2. Panjang Ulir

Pada baut biasanya memiliki panjang ulir yang bervariasi. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan. Pada beberapa jenis baut memiliki panjang ulir pada keseluruhan permukaan baut. Namun pada jenis lain hanya sebagian permukaan baut saja. Berbeda dengan mur yang memiliki panjang ulir pada seluruh permukaan mur dari ujung sampai ujung.

3. Panjang Keseluruhan

Secara visual, sebenarnya perbedaan mur dan baut sudah dapat langsung terlihat. Baut memiliki ukuran yang lebih panjang daripada mur. Hal ini dikarenakan baut terdiri dari dua komponen yaitu kepala baut dan batang baut. Sementara itu mur hanya memiliki panjang sama seperti kepala baut. 

4. Teknik Pembuatan

Pada umumnya baut dan mur sama-sama terbuat dari mesin cnc atau mesin bubut. Hal ini berguna agar menghasilkan baut dan mur yang presisi atau sesuai dengan ukuran. Namun apabila dibuat secara manual maka terdapat perbedaan antara keduanya. Baut yang dibuat secara manual menggunakan snei sehingga bisa menghasilkan ulir luar. Sementara itu untuk mur menggunakan tap sehingga dapat menghasilkan ulir dalam.

Demikianlah mengenai pembahasan mengenai perbedaan mur dan baut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Perbedaan Mur Dan Baut"