Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cara Mengetahui Top Mesin Diesel

cara mengetahui top mesin diesel
Cara Mengetahui Top Mesin Diesel - Dalam proses pembongkaran mesin diesel diperlukan pengetahuan tentang posisi top mesin. Apabila tidak diketahui posisi top mesin diesel maka akan terjadi berbagai permasalahan serta tidak dapat dilakukan penyetelan. Lalu bagaimana cara mengetahui top mesin diesel?

Posisi top pada mesin diesel memiliki peranan penting yaitu titik atau langkah dimana terjadi proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga. Untuk menghasilkan tenaga yang optimal maka posisi pembakaran harus berada pada top mesin. Apabila tidak sesuai maka akan timbul berbagai permasalahan seperti mesin susah hidup, ngelitik, dan lain sebagainya. 

Selain itu posisi top pada mesin diesel memiliki fungsi lain semisal penyetelan berbagai komponen mesin. Sebagai contoh pada penyetelan klep mesin diesel membutuhkan posisi top yang benar agar kinerja katup sesuai dengan kebutuhan mesin.

Dengan ulasan tersebut maka peranan top mesin diesel sangat penting. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui posisi top mesin diesel. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara mengetahui top mesin diesel.

Cara Mengetahui Top Mesin Diesel

Terdapat langkah langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui posisi top pada mesin diesel. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara mengetahui top mesin diesel.

1. Melihat Titik 0 Pada Flywheel (Roda Gila)

Pada mesin diesel, flywheel merupakan komponen utama yang akan menyalurkan tenaga putar dari mesin. Pada flywheel inilah biasanya terdapat tanda strip atau panah ataupun angka yang menunjukan posisi top mesin. Oleh karena itu untuk mengetahui posisi top tinggal memposisikan tanda top tersebut pada angka nol.

Untuk mengetahui posisi top mesin tinggal memutar flywheel. Posisikan tanda pada flywheel dengan angka nol pada bodi mesin. Namun apabila mesin sudah berumur atau tua tanda ini biasanya akan hilang karena diakibatkan oleh kotoran maupun karat.

2. Melihat Keluarnya Bahan Bakar Pada Injektor

Injektor atau nozzle merupakan salah komponen sistem bahan bakar mesin diesel yang berfungsi untuk menginjeksikan bahan bakar agar lebih mudah terbakar. Proses penginjeksian pada mesin diesel dilakukan pada saat ruang bakar telah mencapai suhu tertentu akibat proses kompresi. Dengan kata lain proses penginjeksian terjadi ketika posisi piston berada pada titik mati atas atau top kompresi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui posisi top pada mesin diesel dapat dilakukan dengan melihat saat keluarnya bahan bakar dari injektor. Ketika bahan bakar diinjeksikan maka disaat itulah terjadi top mesin.

Untuk melakukan hal ini maka posisi injektor harus dilepas dari mesin dan diarahkan keluar. Namun pastikan arah injektor tidak membahayakan orang lain ataupun obyek mesin. Putarlah mesin diesel secara perlahan sampai bahan bakar keluar dari injektor.

3. Melihat Celah Atau Jarak Klep

Katup atau klep merupakan komponen mesin yang kinerjanya berhubungan terhadap posisi piston yang ada pada silinder. Ketika katup hisap bekerja maka piston sedang melakukan langkah hisap, dan seterusnya. Oleh karena itu posisi kerja katup dapat digunakan untuk mengetahui posisi top mesin diesel.

Untuk melihat jarak atau celah katup maka harus membuka tutup kepala silinder atau cover bornet. Setelah itu putar flywheel atau mesin secara perlahan lahan sampai kedua katup baik hisap maupun buang dalam posisi bebas atau tidak kerja. Apabila kondisi tersebut terpenuhi maka dapat dipastikan bahwa mesin diesel dalam posisi top.

Diatas merupakan pembahasan mengenai berbagai cara mengetahui top mesin diesel. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cara Mengetahui Top Mesin Diesel"