Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 7 Penyebab Power Window Macet

power window macet
Power Window Macet - Power window merupakan salah satu teknologi untuk mempermudah membuka dan menutup kaca. Namun terkadang sering terjadi kerusakan salah satunya yaitu macet. Lalu apa saja penyebab power window macet?

Power window memiliki fungsi untuk membuka dan menutup jendela mobil dengan cepat dan mudah. Power window dapat membuka dan menutup hanya dengan menekan saklar. Tentunya dengan hal ini akan menambah kenyamanan dalam berkendara.

Namun seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang cukup lama akan timbul berbagai permasalahan. Terkadang power window tiba tiba macet yang akan membuat power window tidak dapat beroperasi secara sempurna. Terkadang kaca miring, power window macet sebelah, power window tidak bisa naik, dan lain sebagainya.

Bahkan dalam kondisi tertentu kaca tidak bisa terbuka atau tertutup sama sekali. Tentunya hal ini akan menimbulkan berbagai permasalahan lain. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab power window macet akan dibahas pada artikel berikut ini.

Power Window Macet

Ada beberapa kerusakan yang dapat menyebabkan power window macet. Berikut merupakan pembahasan mengenai power window macet.

1. Fuse atau Sekering Putus

Fuse atau sekering merupakan komponen pengaman kelistrikan termasuk kelistrikan power window. Apabila fuse atau sekering power window putus maka tidak ada suplai arus listrik yang mengalir ke motor listrik akibatnya power window macet. Dengan kata lain power window tidak bisa membuka atau menutup secara otomatis apabila saklar ditekan.

Sekering atau fuse dapat ditemukan di fuse box yang terletak di dasboard atau di kap mobil. Hal ini tergantung dengan tipe dan jenis mobil. Didalam fuse box ada keterangan mengenai fungsi dari setiap sekering dan untuk power window tinggal mencari fuse power window.

Penyebab fuse atau sekering yang putus dikarenakan terdapat konsleting atau arus berlebihan. Konsleting dapat terjadi apabila terdapat short circuit pada rangkaian power window. Oleh karena itu perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kerusakan power window.

2. Relay Power Window Rusak

Relay power window merupakan saklar yang bekerja secara elektronik. Relay ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik yang mengalir ke saklar power window ataupun motor power window.

Relay terletak berdampingan dengan sekering pada fuse box. Untuk mengetahui relay masih bagus atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan multimeter dan arus listrik dari baterai.

Namun dalam jangka waktu yang lama maka akan timbul kerusakan. Apabila relay putus baik pada kumparan maupun saklar maka relay tidak dapat bekerja untuk mengalirkan arus listrik. Akibatnya power window tidak dapat bekerja untuk membuka atau menutup kaca jendela secara otomatis. 

3. Konektor Kendor atau Lepas

Untuk menghubungkan beberapa rangkaian power window membutuhkan konektor arus listrik. Konektor ini akan mengalirkan arus listrik antar komponen power window sehingga power window dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Penyebab power window macet salah satu kemungkinannya adalah konektor kendor atau lepas. Jika konektor mengalami kerusakan maka arus listrik akan terputus sehingga menyebabkan power window tidak dapat bekerja baik untuk menaikkan atau menurunkan kaca jendela.

Namun jika konektor yang terlepas hanya sebelah maka terkadang power window masih dapat bekerja namun hanya sebagian atau sebelah saja. Sementara power window yang lain tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

4. Saklar Power Window Rusak

Saklar power window berfungsi untuk menghubungkan arus listrik ke motor listrik agar power window dapat bekerja. Apabila saklar ditekan maka kaca jendela akan bergerak turun. Sebaliknya ketika saklar ditarik maka kaca jendela akan bergerak naik.

Namun apabila saklar mengalami kerusakan maka dapat menyebabkan power window macet. Kerusakan saklar power window seperti terbakar, kotor, ataupun putus. Namun terkadang tidak semua saklar power window yang rusak. Artinya masih terdapat sebagian power window yang masih dapat bekerja. Oleh karena itu perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Saklar power window yang rusak tidak dapat meneruskan aliran arus listrik ke motor power window. Akibatnya motor power window tidak berputar dan mekanisme penggerak kaca jendela tidak dapat bekerja untuk menaikkan atau menurunkan kaca jendela mobil.

5. Motor Power Window Rusak

Rangkaian elektrik pada kendaraan biasanya menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama. Rangkaian power window juga menggunakan motor listrik untuk menggerakkan mekanisme pengatur kaca jendela mobil. Namun apabila motor power window mengalami kerusakan maka akan menyebabkan power window macet.

Didalam motor power window terdapat berbagai komponen yang dapat mengalami kerusakan. Namun yang paling sering mengalami kerusakan adalah brush atau sikat. Sikat ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari komponen statis ke komponen dinamis pada motor listrik sehingga motor listrik dapat berputar.

Namun dikarenakan motor listrik berputar secara terus menerus maka brush atau sikat menjadi aus. Apabila brush tidak menempel maka arus listrik tidak dapat tersalurkan pada motor listrik sehingga motor tidak dapat berputar dan menggerakkan mekanisme power window.

Pada mekanisme power window terdapat beberapa motor. Oleh karena itu apabila terjadi kerusakan pada salah satu motor, power window tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan kata lain power window rusak sebelah. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan agar power window tidak macet.

6. Regulator Power Window Rusak

Regulator power window merupakan mekanisme yang akan mengubah gerakan putar dari motor listrik menjadi gerakan naik turun pada kaca jendela mobil. Regulator power window merupakan mekanisme penggerak kaca. Dalam penggunaanya terdapat dua jenis regulator yang populer digunakan pada power window kendaraan yaitu kabel dan gear.

Apabila timbul kerusakan pada regulator power window akan menyebabkan gerakan putar dari motor power window tidak mampu dirubah menjadi gerakan naik turun. Akibatnya power window akan macet meskipun saklar ditekan secara berulang ulang.

Pada regulator power window model gear biasanya mengalami keuasan pada gear penggerak. Hal ini akan menyebabkan regulator tidak dapat menggerakkan lengan power window. Sementara itu pada regulator tipe kabel, kerusakan yang sering terjadi adalah putus, terlilit, atau selip.

7. Rel Kaca Kotor

Penyebab power window macet adalah rel kaca yang kotor. Rel kaca sangat rentan terkena kotoran seperti debu, atau kotoran lainnya. Apabila kotoran semakin banyak atau parah maka kaca jendela akan tertahan oleh kotoran. 

Akibatnya power window macet walaupun sebenarnya mekanisme penggerak masih bekerja dengan normal. Namun dikarenakan kaca macet maka penggerak tidak mampu untuk menggerakkan kaca jendela.

Oleh karena itu kebersihan rel kaca atau jalur kaca perlu diperhatikan. Apabila terdapat kotoran maka dapat dilakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan pembersih. Cairan pembersih khusus dapat dibeli di pasaran dan otomatis akan berperan sebagai pelumas.

Diatas merupakan pembahasan mengenai power window macet. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 7 Penyebab Power Window Macet"