Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Cara Mematikan Alarm Mobil

cara mematikan alarm mobil
Cara Mematikan Alarm Mobil - Alarm mobil yang mengalami masalah akan menimbulkan berbagai gangguan. Oleh karena itu alarm mobil perlu dimatikan. Lalu bagaimana cara mematikan alarm mobil?

Alarm mobil dibuat sebagai sistem pengaman mobil yang berguna untuk mencegah tindakan yang tidak di inginkan seperti pencurian, dan lain sebagainya. Alarm mobil akan menghasilkan bunyi bunyian yang mencegah berbagai tindakan tersebut. Selain alarm mobil juga digunakan bersamaan dengan central lock untuk mengunci kendaraan.

Namun terkadang terdapat kendala pada sistem alarm mobil. Terkadang alarm akan berbunyi tanpa sebab, namun diakibatkan oleh adanya kerusakan pada module alarm, sensor, ataupun remot alarm. Tentunya hal ini akan mengganggu sekitar dan kita sendiri sebagai pemilik mobil.

Kondisi kondisi ini terkadang membuat kita panik. Yang paling banyak terjadi adalah memaksa untuk membuka pintu secara paksa yang akan menyebabkan alarm akan berbunyi secara menerus tanpa henti. Oleh karena itu perlu diketahui cara mematikan alarm mobil yang akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Cara Mematikan Alarm Mobil

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mematikan alarm mobil. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara mematikan alarm mobil.

1. Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Menyalakan Mesin Seperti Biasa

Apabila alarm menyala, maka cara pertama yang dapat dilakukan untuk mematikan alarm adalah dengan menyalakan mesin mobil. Masukkan kunci kontak kemudian start mobil seperti biasanya. Pada beberapa tipe kendaraan, cara ini dapat digunakan untuk mematikan alarm mobil.

Alarm akan mati dikarenakan mendeteksi kunci original yang digunakan untuk menstarter kendaraan. Namun pada beberapa kendaraan lain, langkah ini tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan cara yang  lainnya.  

2. Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Menekan Tombol Silent

Pada kendaraan yang dilengkapi alarm biasanya memiliki remote control jarak jauh yang sekaligus digunakan untuk mengunci dan membuka pintu. Pada remote tersebut terdapat tombol dengan simbol silent atau speaker dengan tanda silang atau coret. Tombol ini akan membawa alarm mobil dalam keadaan silent atau diam.

Oleh karena itu dengan mengaktifkan tombol ini maka alarm mobil dapat mati. Cara mematikan alarm mobil menggunakan tombol silent cukup menekan tombol tersebut beberapa saat sampai alarm mati. Dengan begitu alarm mobil yang berbunyi akan diam.

Namun dengan menekan tombol silent ini maka alarm mobil akan non aktif sampai diaktifkan kembali. Untuk mengaktifkan kembali alarm mobil cukup dengan menekan tombol silent beberapa saat sampai ada tanda bunyi dari alarm mobil. Dengan begitu alarm kembali aktif sebagai sistem pengaman mobil.

3. Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Menekan Tombol Kombinasi Tombol Remote

Pada tombol remote mobil tidak semua memiliki tombol silent. Lalu bagaimana cara mematikan alarm mobil? Pada remote mobil yang tidak memiliki tombol silent biasanya dilengkapi dengan tombol lock dan unlock?

Untuk menonaktifkan alarm mobil dapat dilakukan dengan menekan kombinasi dari tombol lock dan unlock. Namun sebelumnya pastikan semua pintu dalam kondisi tertutup rapat. Kemudian tekan tombol lock unlock lock lock secara periodik. Artinya tombol tersebut ditekan secara cepat dengan durasi jeda yang sama.

Untuk remote yang dilengkapi dengan tombol berlogo speaker, maka terdapat kombinasi yang sedikit berbeda. Yang pertama kali dilakukan adalah memastikan pintu tertutup rapat. Setelah itu tekan tombol speaker dan tombol lock. Apabila terdapat suara maka alarm mobil sudah dalam kondisi silent.

Namun cara ini kemungkinan tidak berhasil pada kendaraan tipe lain. Untuk lebih jelasnya dapat melihat pada buku pedoman kendaraan.

4. Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Memposisikan Kunci Kontak ACC ON Secara Periodik

Pada beberapa kondisi, terkadang pengemudi lupa menaruh remote mobil ataupun hilang. Oleh karena itu perlu cara berbeda untuk mematikan alarm mobil. Lalu bagaimana cara mematikan alarm mobil tanpa remote?

Caranya mematikan alarm mobil tanpa remote sebagai berikut:
  1. Memasukkan kunci pada kunci kontak
  2. Memposisikan kunci kontak dalam ON
  3. Mengganti posisi kunci kontak dari ON ke ACC secara berulang dan konstan sebanyak 10 kali. 
Hal diatas akan mengakibatkan sistem alarm disarm. Setelah selesai melakukan hal diatas maka alarm mobil akan menyala secara cepat kemudian mati. Selain itu lampu hazard yang ikut berkedip lama kelamaan juga akan ikut mati.

5. Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Melepas Fuse atau Sekering Alarm

Apabila dalam kondisi darurat dan alarm tetap berbunyi maka cara satu satunya untuk mematikan alarm mobil adalah dengan melepas sumber aliran arus listrik yang mengalir ke module alarm. Untuk memutus aliran arus tersebut dapat dengan melepas fuse atau sekering alarm mobil. 

Cara yang lain yaitu melepas terminal positif baterai. Namun hati hati, pada beberapa jenis mobil apabila melepas terminal positif baterai secara sembarang akan menyebabkan ecu restart dan menyebabkan mobil susah dinyalakan.

Diatas merupakan beberapa cara mematikan alarm mobil yang dapat dicoba apabila alarm mobil mengalami masalah. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 5 Cara Mematikan Alarm Mobil"