Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Jack Stand Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Jack Stand - Jack stand atau yang lebih dikenal dengan nama rigid rack merupakan salah satu peralatan penting pada workshop otomotif. Fungsi jack stand adalah untuk menopang beban kendaraan setelah proses mendongkrak dilakukan agar kendaraan tetap kokoh dan stabil selama proses perbaikan.

Jack stand adalah penopang yang kuat dan stabil serta dapat distel sesuai dengan ketinggian yang berbeda-beda. Selain itu jack stand memiliki kapasitas dan beban yang berbeda-beda seperti 3, 5,dan 12 ton. Jack stand dengan kata lain adalah ganjal ketika sebagian kendaraan diangkat. 

Jack stand digunakan ketika kendaraan sudah didongkrak. Bagian yang terangkat tersebut kemudian ditahan menggunakan jack stand sebagai pengganti dongkrak. Dengan begitu maka pekerjaan yang dilakukan dibawah kendaraan dapat lebih aman dan sesuai dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi jack stand dan cara menggunakannya akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Jack Stand

Fungsi jack stand adalah sebagai penopang atau penahan sebagian kendaraan yang sebelumnya sudah diangkat menggunakan dongkrak. Jack stand bertugas sebagai pengaman apabila dongkrak mengalami kerusakan. Selain itu fungsi jack stand juga sebagai pengganti dongkrak. Dengan begitu proses pekerjaan dibawah kendaraan akan berjalan lebih aman.

Komponen Komponen Jack Stand

Untuk menjalankan berbagai fungsinya, maka jack stand terdiri dari beberapa komponen. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan komponen jack stand.
fungsi jack stand

1. Lock Pin atau Pin Pengunci

Lock pin atau pin pengunci berfungsi untuk mengunci rahang jack stand. Lock pin terbuat dari batang besi yang kuat. Lock pin memiliki bentuk segitiga atau berbentuk tabung.

2. Tube atau Rahang

Tube merupakan rahang yang berfungsi sebagai penopang utama kendaraan. Tube atau rahang ini bersentuhan langsung dengan titik tumpu pada kendaraan. Tube ditahan agar tetap lurus vertikal serta ketinggian tertentu oleh base. Pada bagian ujung dibuat dengan desain tertentu agar memberikan kontak lebih luas.

3. Control Lever atau Tuas Pengatur Ketinggian

Control lever atau tuas pengatur ketinggian berfungsi sebagai pengatur ketinggian jack stand agar sesuai dengan kebutuhan. Namun tidak semua jack stand memiliki control lever.

4. Base atau Penopang

Base berfungsi sebagai penopang yang kuat pada permukaan tanah. Dengan begitu jack stand dapat menyangga sebagian kendaraan yang diangkat agar tetap stabil dan tidak akan goyah ketika pekerjaan dibawah kendaraan dilakukan.

Cara Menggunakan Jack Stand

Terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan apabila menggunakan jack stand. Hal ini berfungsi agar keamanan dan keselamatan dapat terjamin. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara menggunakan jack stand.
  1. Melakukan proses mendongkrak pada bagian kendaraan yang akan dilakukan proses pengerjaan.
  2. Melepas locking pin pada jack stand agar jack stand lebih mudah diatur naik turun atau ketinggiannya.
  3. Menyesuaikan ketinggian rahang atau tube pada kendaraan sesuai dengan kebutuhan.
  4. Memasang kembali locking pin dan pastikan locking pin mengunci sempurna.
  5. Meletakkan jack stand dititik tumpu pada kendaraan. Apabila tidak terdapat titik tumpu maka letakkan jack stand pada chasis yang keras.
  6. Menurunkan dongkrak dan pastikan posisi tube tepat ditengah tengah titik tumpu pada kendaraan.
  7. Apabila pekerjaan sudah selesai, maka dongkrak kembali sampai jack stand kendor dan dapat diambil.
  8. Lepas lock pin dan posisikan tube paling bawah.

Perawatan Jack Stand

Untuk menjaga kinerja dari jack stand agar tetap maksimal maka diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan yaitu
  1. Memastikan jack stand dalam keadaan bersih ketika sudah selesai digunakan.
  2. Proses penyimpanan pastikan tidak ditempat yang lembab
  3. Memberikan pelumas pada bagian bagian jack stand yang bergerak
  4. Jangan menggunakan jack stand untuk menopang beban yang melebihi kapasitas.
Diatas merupakan pembahasan mengenai fungsi jack stand dan cara menggunakannya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Jack Stand Dan Cara Menggunakannya"