Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus

alarm mobil bunyi terus
Alarm Mobil Bunyi Terus - Alarm mobil yang berbunyi sendiri atau alarm mobil bunyi terus tentu sangat mengganggu. Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan alarm mobil berbunyi secara terus menerus atau sendiri. Lalu apa saja penyebab alarm mobil bunyi terus?

Alarm mobil yang normal tentu sangat membantu sebagai salah satu pengaman pada mobil. Namun apabila alarm eror maka akan mengganggu dan membuat kita terus menerus harus mengecek mobil untuk mematikan alarm yang berbunyi sendiri. 

Penyebab alarm mobil bunyi terus ada beberapa macam mulai dari kerusakan sensor gerak, remote rusak, module alarm eror, dan berbagai penyebab lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan secara teliti untuk menentukan penyebab kerusakan alarm. Untuk lebih jelasnya mengenai alarm mobil bunyi terus akan dibahas pada artikel berikut ini.

Alarm Mobil Bunyi Terus

Untuk lebih jelasnya mengenai alarm mobil bunyi terus akan dibahas pada artikel berikut ini.

1. Pintu Mobil Terbuka

Salah satu penyebab alarm mobil bunyi terus adalah pintu mobil yang masih terbuka atau belum tertutup rapat. Pintu yang belum tertutup dengan rapat maka sensor alarm akan mendeteksi sinyal keamanan dan berbunyi secara terus menerus. 

Oleh karena itu jangan heran ketika alarm masih berbunyi meskipun tidak terjadi apapun pada kendaraan kita. Untuk mengatasi hal ini maka alangkah baiknya selalu cek kondisi pintu saat meninggalkan kendaraan apakah sudah tertutup rapat ataupun masih ada yang terbuka termasuk kaca jendela.

Untuk mempermudah pengecekan pintu sudah tertutup rapat atau belum dapat dilakukan dengan menyalakan lampu dome light atau lampu kabin. Apabila pintu tertutup rapat maka lampu kabin akan mati secara otomatis. Sementara itu apabila masih menyala maka kemungkinan ada pintu yang belum tertutup rapat.

Dengan begitu kita tinggal mengecek pintu mana yang belum rapat kemudian tutup kembali sampai lampu kabin mati. Apabila sudah mati, tinggal menekan tombol lock sebagai pengaman.

2. Kepekaan Modul Alarm Yang Tinggi

Kepekaan modul alarm dapat menjadi salah satu penyebab alarm mobil bunyi terus atau berbunyi sendiri. Modul alarm merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah hasil atau sinyal dari sensor apakah sesuai dengan getaran standar atau tidak. Artinya modul alarm yang mengatur kerja dari sistem alarm.

Apabila sinyal getaran mencukupi batas pada modul alarm pada batas tanda bahaya maka modul alarm akan membunyikan sirine. Semakin peka modul alarm maka getaran kecil saja sudah mampu membunyikan sirine alarm. Oleh karena itu perlu dicek apakah modul terlalu peka atau tidak, apabila terlalu peka maka ganti module yang sesuai kebutuhan.

3. Kepekaan Sensor Pintu

Selain modul, sensor alarm juga menjadi salah satu faktor penyebab alarm bunyi terus atau berbunyi sendiri. Sensor alarm bertugas untuk mendeteksi getaran yang timbul  pada kendaraan. Apabila getaran yang diterima sensor besar maka modul akan mengolah dan membunyikan alarm mobil.

Namun apabila sensor terlalu kuat atau terlalu peka, sinyal getaran kecil dapat menghasilkan sinyal getaran yang besar atau tidak sesuai dengan sinyal yang ada disekitar. Akibatnya modul alarm akan mendeteksi sinyal getaran besar meskipun sebenarnya sinyal getaran kecil sehingga sirine alarm akan menyala.

4. Sensor Kap Mesin Rusak

Sebenarnya tidak semua kap mesin memiliki sensor. Sensor kap mesin biasanya terdapat pada kendaraan terbaru dan mewah. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi apakah kap mesin atau pintu bagasi sudah tertutup rapat atau tidak.

Kita ketahui bahwasanya semua pintu mobil termasuk kap mesin dan bagasi terkoneksi dengan remot mobil. Apabila sensor kap mobil mendeteksi kap belum tertutup maka ketika mobil dikunci alarm akan berbunyi.

5. Baterai Remote Habis

Baterai remot mobil yang habis menyebabkan kita harus mengoperasikan pengunci pintu secara manual. Hal ini terkadang sistem alarm mobil tidak menerima pengoperasian pintu secara manual sehingga menyebabkan alarm mobil berbunyi secara terus menerus.

Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi baterai remot. Apabila sekirannya sudah lemot, maka perlu dilakukan penggantian baterai agar sistem alarm dan central lock dapat bekerja dengan baik.

6. Kerusakan Komponen Alarm

Apabila terjadi kerusakan pada komponen sistem alarm tentunya akan menyebabkan kinerja alarm mobil tidak maksimal. Selain itu akan timbul berbagai permasalahan salah satunya alarm mobil bunyi terus menerus.

Oleh karena itu perawatan pada sistem alarm perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada alarm mobil. Perawatan pada sistem alarm mulai dari pengecekan secara fungsional maupun aliran arus pada rangkaian alarm mobil.

Diatas merupakan pembahasan mengenai alarm mobil bunyi terus. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 5 Penyebab Alarm Mobil Bunyi Terus"