Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cara Reset Alarm Mobil Universal

cara reset alarm mobil universal
Cara Reset Alarm Mobil Universal - Terkadang remote alarm mobil mengalami kerusakan, akibatnya akan timbul berbagai permasalahan. Untuk memperbaiki remote alarm yang rusak perlu dilakukan proses reset. Lalu bagaimana cara reset alarm mobil universal?

Hampir semua kendaraan terbaru sudah dilengkapi dengan sistem proteksi atau pengaman yaitu sistem alarm mobil. Ada beberapa kendaraan yang dibekali alarm secara bawaan, namun terkadang beberapa kendaraan juga ditambahkan sistem alarm sebagai aksesoris tambahan. Adanya proteksi yang jelas membuat keamanan mobil terjamin.

Namun sering kali terjadi eror pada sistem alarm mobil terutama pada remote. Ketika remot mengalami kerusakan maka terkadang untuk mematikan atau menghidupkan alarm tidak berfungsi. Namun sebenarnya belum tentu terjadi kerusakan pada sistem alarm atau remot mobil. Melainkan hanya diperlukan proses sinkronisasi atau reset alarm.

Untuk beberapa sistem alarm terbaru memang membutuhkan alat khusus untuk reset alarm. Namun untuk alarm mobil universal memiliki cara yang sangat mudah untuk reset agar alarm dapat bekerja dengan baik. Sementara untuk alarm mobil yang menggunakan alat khusus yaitu kendaraan yang sudah menggunakan immobilizer.

Reset alarm menjadi salah satu proses perbaikan atau perawatan sistem alarm mobil yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar  sistem alarm mobil dapat bekerja dengan baik. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara reset alarm mobil universal.

Cara Reset Alarm Mobil Universal

Berikut merupakan pembahasan mengenai cara reset alarm mobil universal yang banyak digunakan pada kendaraan low end. 
  1. Memastikan baterai remot mobil dalam kondisi baik. Apabila baterai remot lemah maka diperlukan penggantian.
  2. Apabila kendaraan posisi pintu kendaraan masih dalam keadaan terkunci maka perlu dilakukan membuka secara manual.
  3. Membuka pintu depan bagian kanan dan biarkan tetap membuka sementara pintu lain tertutup rapat.
  4. Memasukkan kunci kontak dan memposisikan kunci kontak pada posisi ON.
  5. Menekan tombol lock beberapa saat (5-10 detik) dengan posisi kunci kontak masih tertancap.
  6. Memutar kunci kontak pada posisi OFF
  7. Menekan tombol lock kembali beberapa saat (5-10 detik). Pastikan durasi sama dengan langkah sebelumnya.
  8. Melakukan langkah 4 sampai 7 secara berulang ulang sampai lampu indikator alarm mati.
  9. Setelah lampu indikator alarm mati maka lakukan pengetesan pada tombol remote apakah alarm dan central lock dapat bekerja dengan baik atau tidak.
Apabila dalam proses reset alarm mobil tidak berhasil berarti ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan pertama yaitu kerusakan pada module alarm mobil. Sementara itu kemungkinan kedua adalah kendaraan dilengkapi dengan sistem immobilizer. 

Diatas merupakan cara reset alarm mobil universal. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cara Reset Alarm Mobil Universal"