Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 Yang Benar

Konten [Tampil]
cara ganti oli gardan vario 125
Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 - Untuk motor matic termasuk vario 125 menggunakan gardan untuk meneruskan putaran dari CVT ke roda. Oleh karena itu membutuhkan pemeriksaan dan penggantian oli gardan. Lalu bagaimana cara ganti oli gardan vario 125?

Ada berbagai macam motor matic milik ATPM Honda antara lain Honda Vario, Honda Beat, Honda Scoopy dan lain sebagainya. Pembahasan kali ini adalah tentang motor matic Honda Vario yang mana menurut riset pribadi penulis motor matic ini adalah motor matic paling banyak dicari dan dimiliki oleh pembaca sekalian sehingga perlu pembaca ketahui perawatannya.

Perawatan motor vario sendiri ada berbagai macam ada perawatan berkala mesin, ada perawatan berkala sistem rem, ada perawatan berkala sistem suspensi, ada perawatan berkala sistem kelistrikan. Perawatan mesin meliputi pemeriksaan sistem pelumasan oli mesin, oli transmisi, pemeriksaan kondisi oli gardan, dan kondisi mesin. Perawatan berkala sistem rem meliputi pemeriksaan fungsi rem antara lain kondisi minyak rem, kondisi kampas rem dan masih banyak lagi. Perawatan sistem suspensi meliputi pemeriksaan kondisi shock breaker. Sedangkan perawatan sistem kelistrikan meliputi perawatan kelistrikan lampu, perawatan sistem pengapian, pemeriksaan kondisi sensor - sensor.

Mengingat banyaknya kondisi pemeriksaan diatas penulis pada artikel ini akan mengulas tentang cara ganti oli gardan honda vario 125 yang bisa diterapkan kepada all varian. Mengapa penulis mengambil topik ini dikarenakan pemeriksaan oli gardan atau penggantian oli gardan banyak dikesampingkan oleh pengguna sepeda motor matik, padahal hal ini sangatlah penting untuk pengguna motor matic terutama kaum wanita.

Mari kita cermati efek samping dari tidak terawatnya oli gardan motor matic kita. Oli gardan yang jarang dipakai bisa saja  menjadi penyebab dari gear drive matic rusak (gear gardan), oli yang lama tidak diganti akan berubah menjadi lumpur dan menyebabkan gear gardan macet, banyangkan jika kita sedang dalam posisi kendaan melaju kencang dan tiba2 gear gardan kita macet, motor akan terkuci rodanya dan akan menyebabkan kecelakaan yang fatal. Maka dari itu pembaca sekalian jangan abaikan penggantian oli gardan Honda Vario kita. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara ganti oli gardan vario 125.

Cara Ganti Oli Gardan Vario 125

Berikut merupakan berbagai langkah yang harus dilakukan atau cara ganti oli gardan vario 125:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai langkah penggantian oli gardan Honda Vario kita, kita wajib menyiapkan alat dan bahan yang harus kita miliki. Yang pertama adalah nampan untuk menampung oli bekas kita, yang kedua adalah kunci shock, kunci pas ring, cutter, majun dan obeng min atau plus sebagai alat penunjang kita.

Untuk informasi tambahan ya pembaca sekalian oli gardan Honda vario baiknya di ganti pada interval waktu 8.000 – 10.000 Km atau kurang lebih satu tahun. Jika pembaca sekalian memiliki mobilitas tinggi tak perlu menunggu waktu 1 tahun, tiap 8.000/10.000 Km gantilah oli gardan tersebut.

2. Memposisikan Motor Di Tempat Yang Rata

Letakkan motor vario pembaca pada tempat yang datar agar motor tidak tergelincir saat penggantian. Jika jenis lantai pembaca sekalian adalah lantai keramik maka perlu di alasi dengan kain lap atau majun. Selain itu siapkan majun dan nampan dibawah motor untuk menampung oli gardan bekas motor vario 125 kita.

3. Melakukan Proses Pengurasan Oli Gardan

Lepaskan baut pengisian untuk lubang masuk udara dan lepaskan baut drainase untuk lubang keluar minyak gardan. Jika baut gardan pembaca hanya terdapat 2 baut maka baut atas adalah baut pengisian dan baut bawah adalah baut drainase. Jika terdapat 3 baut pengisian maka baut atas bagian depan adalah baut pengisian dan baut bawah adalah baut drainase bisa dipahami ya pembaca sekalian.

Pastikan pengurasan oli gardan sambil di putar – putar ya pembaca sekalian, ini bertujuan agar kondisi oli gardan terkuras bersih tak bersisa. Dan biasakan jangan menggunakan udara yang disemprotkan pada lubah masuk oli dikarenakan udara dari kompresor mengandung kadar air dan akan menggangu pelumasan, mengingat air dan minyak tidak bisa bersatu.
cara ganti oli gardan vario 125

4. Melakukan Proses Pengisian Oli Gardan

Jika oli sudah habis, maka tutup baut drainase dan isilah dengan oli gardan AHM bawaan Honda karena oli dari pabrikan sangat direkomendasikan dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi Honda vario pembaca sekalian. Cukup 1 botol saja ya pembaca sekalian, 1 botol yang berisi 120 ml minyak oli gardan. Kemudian tutup kembali baut drainase dan baut pengisian agar oli tidak tumpah.
cara ganti oli gardan vario 125

5. Menyalakan Motor

Jika oli sudah diisikan sampai habis tutup lubang pengisian dengan baut pengisian, nyalakan mesin selama 2 menit dan putar tuas gas sampai rpm kurang lebih 2000 agar roda berputar dan oli gardan bersirkulasi dengan bagus.

Sedikit informasi untuk pembaca sekalian yang hendak mengganti oli gardan dengan oli mobil, penulis tidak mencegah akan tetapi oli gardan mobil rata – rata memiliki kekentalan 80 W sampai 90 W dan itu sangatlah pekat dan kental. Sementara itu, oli gardan pada motor jauh dibawah 80 W, jadi sangat berpengaruh pada oli gardan motor matic kita. Bisa saja seret dan tidak mau lari kencang. Meskipun belum ada yang mengulas tentang kekentalan oli gardan motor matic baik Honda maupun Yamaha atau pabrikan lain, hal tersebut sangat logis, jadi lebih berhati – hati lah dalam penggantian oli gardan.

Diatas merupakan langkah – langkah cara ganti oli gardan Vario 125 yang bisa diterapkan pada all varian Honda vario mulai dari yang berkapasitas 110 cc, 125 cc sampai 150 cc. Semoga dapat menambah wawasan. 

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 Yang Benar"