Perbedaan Porting Polish Dan Porting Cam: 5 Faktor Dan Ulasan

Perbedaan Porting Polish Dan Porting Cam Pada Motor - Didalam dunia modifikasi terdapat beberapa proses diantaranya porting yaitu porting polish dan cam. Lalu apa perbedaan porting polish dan porting cam?

Porting sendiri merupakan proses perubahan pada suatu komponen mesin menggunakan mata turner atau cnc. Pada umumnya porting yang sering dilakukan adalah porting polish yaitu menghaluskan bagian intake dan exhaust.

Namun apabila porting polish tanpa dilakukan perubahan pada komponen lain tentu perfoma mesin tidak dapat meningkat secara maksimal. Oleh karena itu perlu dilakukan pula porting cam. Untuk lebih jelasnya terkait perbedaan antara porting polish dan porting cam akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

perbedaan porting polish dan porting

Perbedaan Porting Polish Dan Porting Cam

Terdapat beberapa perbedaan antara porting polish dan porting cam pada mesin kendaraan diantaranya yaitu:

1. Alat yang digunakan

Porting polish biasanya dilakukan dengan menggunakan mata tuner yang digerakan tangan mekanik secara manual. Dengan kata lain porting jenis ini paling lumrah dilakukan karena tidak dibutuhkan alat-alat khusus.

Sementara itu porting cam dilakukan dengan mesin CNC. Pertama yaitu menggambar pola atau desain dari cam yang diinginkan menggunakan aplikasi khusus yang ada di komputer. Untuk selanjutnya, pembentukan cam akan dilakukan oleh mesin porting cam CNC sesuai gambar yang dibuat di komputer.

2. Hasil porting

Untuk porting polish soal hasil juga tergantung keahlian tangan mekanik dalam menggambar atau mengikis jalur inlet secara manual. Hal ini dikarenakan porting polish kebanyakan hanya menggunakan tangan. Sementara itu untuk porting cam dilakukan menggunakan cnc sehingga hasil tentu lebih presisi sesuai dengan ketinggian dan derajat pembukaan katup yang diinginkan.

3. Harga

Tentunya porting dengan mesin cam lebih mahal dikarenakan perlu perhitungan yang matang agar pembukaan katup sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu peralatan yang dibutuhkan juga lebih mahal terutama pada mesin cnc. Sementara itu, porting polish hanya membutuhkan mata turner yang tentu harganya jauh lebih murah dibanding CNC.

4. Lokasi yang dimodifikasi

Tentu saja dari kedua jenis porting tersebut tentu lokasi yang diporting berbeda. Pada porting polish yaitu menghaluskan saluran inlet pada mesin motor. Sementara itu porting cam biasa dikenal dengan kepras noken. Dalam hal ini berarti yang dilakukan perubahan adalah bagian noken as.

5. Fungsi porting

Fungsi porting polish digunakan untuk melebarkan saluran inlet sehingga bahan bakar yang masuk jauh lebih banyak. Sementara itu porting cam bertujuan untuk merubah derajat pembukaan katup agar lebih cepat atau durasi pembukaan katup yang lebih lama.

Diatas adalah ulasan terkait perbedaan antara porting polish dan porting cam. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Porting Polish Dan Porting Cam: 5 Faktor Dan Ulasan"