Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Bosch Pump Dan Fungsinya: 9 Bagian Dan Ulasan

Komponen Bosch Pump Mesin Diesel Dan Fungsinya - Bosch pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada mesin diesel. Lalu apa komponen bosch pump dan fungsinya?

Bosch pump bertugas memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar ke dalam mesin penggerak diesel, sehingga bahan bakar tersebut dapat terbakar dan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin.

Bosch pump biasanya terdiri dari sejumlah bagian-bagian penting, seperti plunger, delivery valve, dan spring plunger, yang saling bekerja sama untuk memompa bahan bakar dengan tekanan tinggi.

Fungsi utama dari Bosch pump adalah menyediakan tekanan yang tinggi pada bahan bakar yang masuk ke dalam mesin, sehingga bahan bakar tersebut dapat terbakar dengan sempurna dan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin diesel.

Untuk dapat bekerja sesuai dengan fungsinya maka bosch pump terdiri dari beberapa bagian. Setiap bagian memiliki peran yang berbeda beda. Untuk lebih jelasnya terkait komponen bosch pump dan fungsinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen bosch pump dan fungsinya

Apa Fungsi Dari Bosch Pump?

Sebelum mengetahui komponen bosch pump dan fungsinya maka perlu dipahami terlebih dahulu fungsi dari bagian sistem bahan bakar diesel ini. Bosch pump merupakan salah satu jenis mesin penyedia tekanan yang digunakan untuk memompa bahan bakar ke dalam mesin penggerak, seperti mesin diesel.

Bosch pump bertugas menyediakan tekanan yang tinggi pada bahan bakar yang masuk ke dalam mesin, sehingga bahan bakar tersebut dapat terbakar dengan sempurna dan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin.

Bosch pump juga bisa digunakan untuk aplikasi lain yang memerlukan aliran fluida dengan tekanan tinggi, seperti sistem penyemprotan pada mesin pertanian atau sistem penyemprotan cat.

Komponen Bosch Pump Dan Fungsinya

Bosch pump memiliki beberapa spare part yang diperlukan untuk melakukan fungsinya sebagai mesin penggerak diesel. Berikut ini adalah berbagai komponen pada mekanisme bosch pump dan fungsinya yaitu:

1. Delivery Valve Holder

Bagian delivery valve holder terletak di ujung bosch pump yang berfungsi sebagai pintu keluar dan tempat penghubung saluran pipa yang menuju ke injektor.

2. Spring Delivery Valve

Sementara itu didalam delivery valve holder juga terdapat pegas atau spring. Bagian ini terdiri dari pir pegas yang digunakan untuk mengontrol buka-tutup delivery valve. Letak komponen ini berada di dalam delivery valve holder.

3. Delivery Valve Ring

Delivery valve ring berbentuk ring yang terbuat dari tembaga. Ring tembaga ini yang mencegah kebocoran antara jarak delivery valve dengan Plunger.

4. Delivery Valve

Pintu yang dapat membuka dan menutup oleh tekanan bahan bakar yang dipompa oleh plunger yaitu bagian delivery valve. Bagian ini berfungsi untuk mengatur kapasitas bahan bakar yang keluar dari bosch pump.

5. Control Rack

Sementara itu pada bosch pump terdapat control rack yang diguanakan untuk mengontrol gerakan gear pinion yang mengatur bahan bakar solar yang masuk ke bosch pump.

6. Control Slever/Gear Pinion

Tempat dudukan tuas plunger yang berputar ke kanan dan ke kiri yang dikontrol oleh control rack untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang dipompa oleh plunger.

7. Plunger

Plunger merupakan inti dari bosch pump yang memompa bahan bakar solar dengan tekanan tinggi hingga 2000 bar.

8. Spring Plunger

Pegas yang mengembalikan tuas plunger ke posisi semula setelah melakukan pemompaan.

9. Tappet

Bagian yang bergesekan langsung dengan cam shaft dan menggerakkan tuas plunger maju-mundur untuk melakukan penekanan pada bahan bakar.

Diatas adalah ulasan terkait komponen bosch pump dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Komponen Bosch Pump Dan Fungsinya: 9 Bagian Dan Ulasan"