Manfaat Porting Motor: 8 Efek Positif Dan Negatif

Efek Dan Manfaat Porting Motor - Didalam modifikasi terdapat istilah porting motor. Lalu apa manfaat dan efek dari porting pada mesin motor?

Secara singkat bahwasanya pengertian porting pada mesin motor adalah perubahan sederhana pada bagian saluran bahan bakar pada kendaraan. Pada motor standar pabrikan bagian saluran bahan bakar kendaraan dibuat dengan bentuk permukaan yang kasar.

Melalui proses modifikasi ini maka bagian saluran bahan bakar yang semula kasar diperhalus sekaligus diperlebar dengan tujuan agar aliran bahan bakar jauh lebih lancar.
 
Meski terdengar sederhana, proses modifikasi porting motor tidak bisa dilakukan oleh sembarangan. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan keterampilan khusus dan tidak semua bengkel bisa melakukan proses modifikasi ini.

Oleh karena itu proses porting motor perlu dilakukan perhitungan dengan matang agar tidak menyebabkan efek tertentu pada mesin. Untuk lebih jelasnya terkait efek dan manfaat porting motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

manfaat porting motor

Manfaat Porting Motor

Proses modifikasi tentu memberikan manfaat positif pada motor termasuk proses porting. Umumnya proses modifikasi porting pada mesin motor memiliki manfaat atau tujuan untuk meningkatkan performa kendaraan. Dengan metode ini pada mesin motor diklaim dapat menghasilkan tenaga lebih tinggi.

Dengan menghaluskan saluran dari bahan bakar pada katup in dan katup out maka aliran bahan bakar pun makin lancar. Nah, karena aliran dari bahan bakar lebih cepat menuju ruang bakar sehingga mesin menjadi lebih responsif.

Akibatnya, performa pada mesinkendaraan meningkat jauh lebih tinggi. Motor akan jauh semakin responsif karena dari kelancaran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akibat saluran yang halus dan lebih lebar.

Hal ini juga menjadi solusi instan yang ingin meningkatkan performa sepeda motor. Terlebih, biaya untuk modifikasi porting motor jauh lebih murah ketimbang harus melakukan penggantian komponen yang lebih besar dengan metode bore up.

Efek Porting Motor

Tentunya dari berbagai manfaat porting motor yang sudah dijelaskan diatas tentu terdapat beberapa efek tidak hanya positif maupun negatif. Berikut lebih jelasnya terkait manfaat porting motor baik positif maupun negatif yaitu:

1. Efek Positif

Dari proses modifikasi porting motor terdapat beberapa efek positif diantaranya yaitu:

a. Mesin responsif

Jika melakukan proses modifikasi porting pada kendaraan bermotor dapat mendongkrak performa mesin. Hal itu disebabkan karena aliran udara menjadi lebih besar dan jauh lebih lancar. Akibatnya metode ini sering dipilih oleh penggemar terutama untuk modifikasi motor harian. 

b. BBM harus berkualitas  

Dengan melakukan modifikasi porting maka terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian. Salah satunya yang harus dilakukan adalah mengganti bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan tinggi. Apabila hal ini tidak dilakukan malah akan menurunkan perfoma dari mesin.

c. Harga relatif murah  

Dari berbagai proses modifikasi maka porting motor kerap menjadi solusi instan bagi kaum pemula yang memiliki manfaat untuk meningkatkan performa kendaraan. Pasalnya tarif atau harga yang diperlukan cukup murah daripada melakukan proses penggantian komponen atau bore up.

2. Efek negatif  

Selain manfaat atau efek positif dari porting motor maka terdapat beberapa efek negatif diantaranya yaitu:

a. Konsumsi BBM jadi boros  

Konsumsi bahan bakar tentu menjadi salah satu efek negatif pertama akibat dilakukannya perubahan pada jalur masuk bahan bakar. Tentunya hal ini tidak boleh dipermasalahan dengan kompensasi tenaga yang dihasilkan memuaskan.

b. Performa turun

Efek negatif lain dari proses porting motor adalah perfoma menurun. Jika salah ketika melakukan proses porting motor maka akan terjadi penurunan perfoma. Oleh karena itu proses modifikasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau butuh bengkel yang berpengalaman. 

c. Mesin Cepat Rusak  

Tidak hanya perfoma mesin motor yang turun namun modifikasi tanpa hitungan akan menyebabkan mesin cepat rusak. Biasanya akan muncul penyakit oli keluar pada lubang knalpot. Selain itu biasanya akan timbul asap putih pada mesin kendaraan. 

d. Garansi hilang  

Apabila motor masih tergolong baru maka proses porting motor dapat menghanguskan garansi mesin motor. Dengan proses modifikasi maka bengkel resmi biasanya menolak diajukan klaim pada kendaraan tersebut.

Biaya Porting Motor

Setelah mengetahui manfaat dan efek dari porting motor maka perlu diketahui pula biayanya. Biaya dari porting motor sebenarnya tidak terlalu tinggi bagi pecinta modifikasi. Namun proses modifikasi porting motor akan berbeda di setiap bengkel yang ada di tiap-tiap daerah.

Namun umumnya harga jasa porting motor bisa mencapai Rp1 – Rp1.5 juta rupiah tergantung dari jenis motor dan juga lamanya proses porting yang akan dilakukan.

Diatas adalah ulasan terkait efek dan manfaat porting motor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Porting Motor: 8 Efek Positif Dan Negatif"