Setting Jarum Skep Karburator: 6 Cara Dan Posisinya

Cara Setting Jarum Skep Karburator - Selain menyetel pada bagian spuyer, karburator juga perlu di setel kaitannya jarum skep. Lalu bagaimana cara setting jarum skep pada karburator?

Karburator berperan sebagai pengabut bensin. Konsepnya hampir serupa dengan semprotan obat nyamuk manual,perbedaannya ini di hirup. Botol skep di sini berperan sebagai pintu pengontrol jumlahnya gas yang masuk supaya penekanan udara makin tinggi.

Dalam proses kerjanya agar lebih maksimal maka perlu dilakukan penyetelan termasuk jarum skep. Bila Skep naik ke atas, bensin semakin lebih banyak terserap masuk ke mesin, dan bila ke bawah maka bensin semakin sedikit yang masuk ke mesin.

Oleh karena itu penyetelan jarum skep pada karburator akan menentukan bagaimana kerja dari mesin itu sendiri. Untuk lebih jelasnya terkait cara setting jarum skep karburator akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

setting jarum skep

Fungsi Jarum Skep

Sebelum mengetahui setting jarum skep pada karburator maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait jarum skep. Fungsi jarum Skep di karburator adalah pengontrol besar/kecilnya lubang dari mangkok karburator.

Diameter jarum skep makin ke bawah makin kecil. Untuk mengendalikannya ada klip sebagai penahan tinggi/rendahnya jarum skep tutup lubang dari mangkok karburator.

Setting Jarum Skep Karburator

Seting karburator tidak hanya sebatas penyetelan udara dan spuyer. Apa lagi pada motor yang mesinnya telah di oprek. Pernah tidak merrasakan saat berakselerasi spontan atau waktu perputaran tengah mesin berasa lenyap tenaga atau ngelitik?

Biasa jadi itu karena kurangngya suplai bensin diperputaran tengah. Gabungan pilot jet dan main jet saat seting karbu, condong cuma konsen di bagian putaran bawah (pilot jet) dan atas saja (main jet). Jika kita telah merasakan bawah dan atas nya nikmat, pertanda spuyer yang kita gunakan telah cocok. Terus bagaimana dengan tengahnya? apa yang penting di seting?.

Saat memutar grip gas kurang lebih 1/4 sampai 1/2 perputaran, itu masuk daerah perputaran tengah. Supply bahan bakar pada perputaran itu benar-benar dipengaruhi oleh profile jarum skep. Hal ini kaitannya dengan setting jarum skep karburator, apakah dibuat standar, irit, ataupun boros.

Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing masing pengendara. Setiap posisi dari jarum skep akan sangat mempengaruhi kinerja dari mesin itu sendiri.

Cara Setting Jarum Skep Karburator

Ada beberapa prosedur atau cara untuk setting jarum skep pada karburator diantaranya yaitu:

  1. Membuka Sisi kabel gas saja.
  2. Melepas Skep dari Karburator
  3. Tinggal bedah karburator motor, lalu pelototin jarum yang terdapat pada bagian skep. Skep itu memiliki bentuk serupa piston, dan bergerak naik turun bersamaan perputaran handel gas.
  4. Melepas kabel gas dari Skep
  5. Pencet Jarum Skep dari bawah ke atas
  6. Ganti klip dengan mengeluarkannya dan memasangkan kembali di nomor yang lain

Semakin gemuk tubuh jarum, semakin sempit sela di antara jarum berdiameter dinding lubang. Hal ini dapat memberikan efek bensin yang masuk sedikit atau mungkin kurang. Kebalikannya, jarum kurus jenis saya karena itu bensin yang masuk lebih banyak.

Pilhan jarum skep dengan wujud profile berbeda beda, berada di jual pasaran. Tetapi jika sahabat tidak mau ribet dan ingin hemat. Tidaklah aneh memodifikasi jarum skep yang dipasang di karbu. Jika supply bensin cuma diperputaran tengahnya di rasakan kurang maka cara ini dapat digunakan.

Diatas adalah ulasan terkait cara setting jarum skep karburator. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Setting Jarum Skep Karburator: 6 Cara Dan Posisinya"