Oli Netes Di Bawah Mesin Motor Matic: 9 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Oli Netes Di Bawah Mesin Motor Matic - Oli merupakan bagian vital dari kendaraan yang dapat keluar dari sela sela atau sambungan pada mesin. Hal ini termasuk oli netes dibawah mesin pada motor matic.

Selanjutnya oli memiliki fungsi sebagai pelumas mesin motor, perannya penting yaitu untuk menjaga berbagai komponen yang ada di dalam motor dari korosi/ ada karat, selanjutnya untuk menjaga kebersihan mesin dan memjaga kondisi temperatur pada mesin motor.

Tetapi Kadang ada beberapa pemilik motor yang alami satu permasalahan berkaitan berkenaan oli yang ada pada motor mereka cepat habis karena ada kebocoran. Kebocoran ini bisa muncul dari mana saja, bahkan dari bawah mesin pada motor matic.

Oleh karena itu perlu segera ditangani dan dilakukan proses perbaikan. Untuk lebih jelasnya terkait oli netes dibawah mesin motor matic akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Oli Netes Di Bawah Mesin Motor Matic

Adanya kebocoran maka dapat kita yakinkan volume oli di dalam tank juga pasti menyusut hingga beberapa komponen baik yang di dalam atau di luar bisa menjadi basah karena terkena oli.

Selanjutnya tidak menutup peluang, yang mana bila beberapa part secara terus-terusan terserang oli, karena itu hal itu akan mengakibatkan beberapa factor yang paling fatal untuk keadaan dan performa motor yang selalu kotor karena dipenuhi dengan oli.

Selain itu terdapat beberapa factor yang umumnya menjadi penyebab kenapa oli pada motor matic kerap bocor. Berikut beberapa faktor penyebab oli netes di bawah mesin motor matic diantaranya yaitu:

1. Seal Oli Telah Rusak

Nach sebagai factor penyebab yang pertama kenapa oli netes di bawah mesin motor matic adalah disebabkan karena seal oli yang telah rusak. Sama seperti yang kita ketahui, yang mana manfaatg seal oli sendiri adalah sebagai pencegah supaya oli yang ada di dalam mesin tidak merembes keluar.

Hingga dengan begitu tidak membuat oli yang semestinya ada ditempatnya, masuk ke ruangan proses pembakaran atau keluar ruangnya. Selanjutnya umumnya Seal oli akan mengalami kerusakan sesuai periode pemakaiannya atau jadi aus.

2. Volume oli

Selanjutnya sebagai factor penyebab oli netes di bawah mesin motor matic seterusnya adalah karena disebabkan oli yang ditempatkan ke ruang oli itu berlebihan dari yang semestinya, sehingga karena ada guncangan membuat oli akan bocor keluar.

Nach agar dapat menanganinya kasus itu adalah perlu dapat sedikit kuranginya/ juga bisa dengan menukar oli yang baru dan pengisian harus sama sesuai ukuran pabrikannya.

3. Komponen As Aus

Keudian sebagai factor penyebab seterusnya kenapa oli netes di bawah mesin motor matic adalah disebabkan karena dengan bersamaan habisnya periode penggunaan daripada komponen as, hingga membut perannya makin turun.

Karena itu cara untuk menanganinya adalah dengan menukar part yang memiliki masalah itu sama yang baru. Tetapi jika tetap ingin menjaga adalah anda bisa sedikit menggunting letak pegas seal oli agar membuat daya cengkramnya bisa menjadi optimal kembali.

4. Packing Mesin Telah Remuk

Selanjutnya sebagai factor penyebab kenapa oli netes di bawah mesin motor matic adalah karena disebabkan karena packing mesin telah rusak. Hingga dengan rusaknya packing itu menyebakan berlangsungnya serapan oli yang keluar tiap celah mesin motor.

Nach hal yang semacam ini umumnya sering dirasakan kesemua mesin motor yang telah lama atau karena tidak dirawat secara baik. Karena itu agar mengatasi kasus ini adalah cukup hanya menukar packing pada mesin sama yang baru dan yang orisinal dan sesuai type kendaraan.

5. Baut oli Dol / Rusak

Selanjutnya factor penyebab seterusnya oli netes di bawah mesin motor matic adalah karena baut oli dol atau rusak. Nach umumnya kasus semacam ini tersering di dapatkan pada tiap motor yang baud pada penutup olinya telah dol atau kendur oleh karena pemakaiannya.

Selanjutnya cara untuk menanganinya termasuk sangatlah gampang yaknicukup dengan menukar baud oli itu dengan baud yang baru.

Karena jika masih dipaksa memakainya akan mengakibatkan oli akan selalu menyusut dan tidak tutup peluang ada hal itu akan berpengaruh pada komponen yang lain.

6. Seal Kruk As Telah Rusak

Penyebab seterusnya adalah disebabkan karena seal pada kruk as yang telah rusak,hingga pada akhirnya mengakibatkan ada kebocoran oli yang masuk ke cvt pada motor matic.

Nach dalam masalah ini untuk menanganinya adalah dengan lakukan pergantian seal kruk as sama yang baru, karena kualitas yang tentu saja lebih bagus dan menjepit hingga bisa tutupi lajur oli.

7. Seal As Engkol Telah Rusak

Sebagai factor penyebab seterusnya adalah masih berkenaan seal yang rusak. Tetapi pada seal yang ini berlainan daripada seal awalnya karena kebocoran ini dapat terjadi pada seal di bagian engkol.

Nach kasus ini umumnya sering terjadi pada motor matic yang akinya telah rusak atau habis hingga pada akhirnya sering menggunakan engkol untuk menghidupkan motor, yang pada akhirnya membuat seal engkol cepat rusak karena penggunaannya.

Nach dalam masalah ini untuk menanganinya adalah dengan menukar seal itu dengan seal yang baru.

8. Seal Cover Tutup Cvt

Selanjutnya factor penyebab kenapa oli motor matic bocor seterusnya adalah disebabkan karena ada kerusakan pada seal, hingga pada akhirnya mengakibatkan ada serapan oli yang masuk ke cvt bahkan juga sampai masuk ke bagian belt cvt.

Nach karena ada kebocoran ini , dapat mengakibatkan belt cvt selip dan membuat motor tidak bisa jalan dengan normal. Karena itu untuk menanganinya adalah cukup dengan menukar seal cvt dengan seal yang baru

9. Seal As automatis Telah Rusak

Penyebab terakhir oli netes di bawah mesin motor matic adalah seal as automatis telah bobol atau rusak, nach kasus ini juga umum terjadi pada seal as.

Sama seperti yang kita ketahui, yang mana fungsi daripada seal as sendiri adalah buat menghalangi gerakan oli supaya tidak keluar tempatnya.

Adapun cara untuk menanganinya adalah cukup hanya menukar seal as itu sama yang baru yang selaras ataukah standaran pabrikannya.

Cara Memperbaiki Oli Netes Pada Motor Matic

Apabila sudah mengetahui berbagai faktor penyebabnya, maka perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Tentunya cara memperbaiki oli netes pada motor matic perlu diperhatikan dari faktor penyebabnya. 

Apabila ada keausan tentu perbaikannya dilakukan dengan proses penggantian baik secara ringan maupun harus overhoul total pada mesin. Hal ini bertujuan agar celah celah yang digunakan sebagai jalan keluar oli dapat tertutup rapat. Sehingga oli tidak dapat menetes atau rembes dari bagian mesin manapun pada motor matic.

Diatas adalah ulasan terkait oli netes dibawah mesin motor matic baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Oli Netes Di Bawah Mesin Motor Matic: 9 Penyebab Dan Perbaikan"