Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rem Tangan Mobil Masih Bisa Jalan: 3 Penyebab Dan Gejala

Penyebab Dan Ciri Rem Tangan Mobil Masih Bisa Jalan - Terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi pada rem tangan, salah satunya aktif namun mobil masih bisa jalan. Hal ini tentu dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Rem tangan sebagai satu diantara proses pengereman pada mobil yang berperan sebagai penahan gerakan mobil ketika posisi miring, naik sampai jalan turun. Kehadiran rem tangan sebagai feature keamanan pada kendaraan penting.

Tanpa rem tangan, mobil tidak bisa berhenti secara maksimal. Tetapi, keadaan rem tangan yang kurang pakem bisa memunculkan permasalahan fatal. Penyebab rem tangan mobil kurang pakem bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti setelan rem tangan dan keadaan rem tersebut.

Keadaan rem tangan yang kurang pakem, pasti bisa memunculkan permasalahan yang fatal.  Untuk lebih jelasnya terkait rem tangan mobil masih bisa jalan baik penyebab dan ciri cirinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

rem tangan mobil masih bisa jalan

Rem Tangan Mobil Masih Bisa Jalan

Apabila dicermati sebenarnya terdapat berbagai penyebab rem tangan mobil masih bisa jalan. Hal ini bisa dari mekanisme rem tersebut maupun faktor lain.

Penyebab khusus dari rem tangan mobil yang kurang pakem adalah setelan dari brake shoe-nya sudah turun. Kondisi ini yang membuat tuas rem tangan jadi lebih tinggi saat diaktifkan.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengatur ulang pada tromol atau tuas rem tangan. Penataannya bisa diturunkan melalui adjuster yang ada di komponen tromol. Penyempurnaan setelan brake shoe ini perlu kontributor mekanik yang ketahui permasalahan pengereman mobil.

Seterusnya, jika penyetelan sudah benar tapi rem tangan masih saja kurang pakem, maka perlu mengecek kondisi brake shoe atau kampas rem. Sesegera mungkin ganti kampas rem sama dengan yang baru dan original. Jangan sampai salah memilih karena kualitas kampas rem bisa punya dampak pada daya cengkram rem tangan.

Kampas rem tangan pada umumnya bisa bertahan sampai lima tahun. Tapi, pengetesan teratur tetap perlu dikerjakan setiap 10.000 km, karena usia kampas rem bisa cepat habis tergantung pemakaian mobil.

Selain itu penggunaan rem tangan semestinya dianggap dengan bijak. Walaupun rem tangan sering disebut rem parkir, tidak memiliki arti setiap memarkir kendaraan diperlukan rem tangan. Berikut lebih jelas terkait penyebab rem tangan mobil masih bisa jalan diantaranya yaitu:

1. Setelan Brake Shoe

Brake shoe sebagai satu diantaranya komponen pada rem tangan yang berperanpenting dalam penggunaannya. Brake shoe bisa disetel sedemikian rupa agar rem tangan terus pakem saat digunakan.

Tapi, seiring berjalannya waktu, setelan pada rem tangan jadi kurang pakem. Pada umumnya, setelan brake shoe yang menurun menjadi penyebab khusus rem tangan mobil masih bisa jalan.

Beberapa ciri brake shoe yang turun yaitu tuas transmisi jadi sangat tinggi saat status rem tangan sedang aktif. Cara mengatasinya yaitu dengan mengatur ulang tromol atau tuas rem tangan dengan menurunkan adjuster yang ada di bawah tuas rem tangan.

2. Kondisi Brake Shoe

Selain itu penyebab rem tangan mobil masih bisa jalan yang lain adalah kondisi brake shoe. Kondisi brake shoe yang kurang optimal bisa memengaruhi tingkat kepakeman rem. Bila kondisinya sudah terlalu tipis dari yang dianjurkan, karenanya semestinya sesegera diganti segera mungkin. Penggantian brake shoe harus baru dan original. Jangan sampai diganti dengan merek yang tidak jelas agar mutunya tidak turun.

3. Kampas Rem Tipis

Kondisi kampas rem yang mulai tipis jadi penyebab lain mobil masih bisa jalan, walaupun rem tangan telah diaktifkan. Kampas rem tangan umumnya bisa bertahan sampai lima tahun bila kerjakan pengetesan teratur.

Ciri Ciri Rem Tangan Tidak Pakem

Setelah mengetahui penyebab rem tangan mobil masih bisa jalan maka perlu diketahui pula ciri cirinya. Sebenarnya cukup mudah mengenali tanda rem tangan kurang pakem tanpa harus dilakukan pembongkaran. Berikut ciri ciri rem tangan yang mempunyai permasalahan salah satunya mobil masih bisa jalan yaitu:

1. Suara klik saat tuas diambil

Jumlah klik yang keluar setelah tuas rem tangan diambil perlu diperhatikan. Cara ini bisa digunakan pada rem tangan dengan tipe stick atau manual. Settingan rem tangan type ini pada umumnya mempunyai standar dengan keluaran lima sampai tujuh klik saat tuas diambil.

2. Tarikan dan lepasan tuas terlalu keras

Kemungkinan kondisi itu dikarenakan oleh kampas rem yang sudah aus atau tipis. Selain itu terdapat beberapa penyebab lain diantaranya yaitu kondisi tuas, kabel atau slim rem yang tersumbat. Tidak cuma saat diambil, kondisi rem yang kotor atau tersumbat bisa membuat tuas terasa berat saat dilepaskan.

Diatas adalah ulasan terkait rem tangan mobil masih bisa jalan baik penyebab dan ciri cirinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Rem Tangan Mobil Masih Bisa Jalan: 3 Penyebab Dan Gejala"