Ciri Ciri Thermostat Vixion Rusak: 3 Gejala Dan Perbaikan

Ciri Ciri Thermostat Vixion Rusak Dan Cara Mengatasi - Jika Yamaha Vixion mengalami masalah over heat maka kemungkinan thermostat motor kamu rusak. Lalu apa saja ciri ciri thermostat vixion rusak?

Tetapi, saat sebelum kita mengulasnya lebih jauh, kamu harus tahu dulu apa itu thermostat dan perannya. Thermostat adalah sebuah elemen yang penting pada suatu motor yang memakai mekanisme pendinginan mesin dengan radiator.

Elemen ini, sebagai sensor untuk elemen lain pada mekanisme pendinginan mesin bermotor. Walau memiliki bentuk lumayan kecil dibanding elemen yang lain, kenyataannya elemen satu ini tidak dapat dipandang remeh pada suatu motor.

Thermostat mempunyai sebuah katup, di mana bila kayup itu dilewati udara dengan panas dengan temperatur yang tinggi atau di atas temperatur normal (temperatur normal mesin) karena itu katup thermostat secara automatis akan membuka dan menutup bila temperatur yang sama sesuai telah normal kembali.

Oleh karena itu apabila bagian ini mengalami kerusakan dapat mengganggu kinerja mesin. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri thermostat vixion rusak dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri thermostat vixion rusak

Ciri Ciri Thermostat Vixion Rusak

Terdapat beberapa gejala atau ciri ciri apabila komponen thermostat motor vixion rusak, satu diantaranya yaitu:

1. Lampu Mil Berpijar

Ciri ciri pertama thermostat vixion rusak adalah lampu Malfunction Indicator Lamp atau MIL yang berpijar. Hal ini bisa saja menjadi indikator masalah pada mekanisme pendinginan motor Yamaha Vixion

Perlu dilakukan pengecekan satu demi satu elemen yang ada di mekanisme pendinginan pada motor Yamaha Vixion. Terutama pengecekan pada bagian thermostat, kipas radiator dan bagian radiator.

Jika lampu tanda over heat telah berpijar, dapat dilakukan pengecekan semua elemen mekanisme pendinginan. Karena pada mekanisme pendinginan motor mempunyai banyak elemen sehingga harus dilakukan pengecekan satu-satu agar tahu masalahnya di mana.

Walau begitu penting thermostat pada sepeda motor, cukup banyak pemakai sepeda motor yang memiliki asumsi salah. Saat overheat, banyak pula pemakai sepeda motor yang justru melepaskan thermostat. Mereka malah memandang elemen ini sebagai pemicu mesin panas. Padahal banyak juga manfaat dan fungsi yang lain.

2. Kipas Radiator Menyala Secara Terus Menerus

Selain lampu Malfunction Indicator Lamp yang berpijar, ciri ciri thermostat Vixion rusak bisa juga diketahui dari kipas radiator sepeda motor.

Bila kipas pada radiator terus berpijar, kemungkinan terdapat permasalahan pada thermostat. Tidak hanya itu saja, bila pada temperatur panas kipas tidak berpijar bisa juga menjadi gejala thermostat rusak.

Dalam pengertian, di sini thermostat tidak bekerja seperti mestinya. Mekanisme membuka menutup thermostat tidak memerintahkan kapan saatnya mesin harus didinginkan atau mungkin tidak.

Perlu pengecekan pada bagian di kipas radiator. Jika kondisi menyala secara terus menerus atau bahkan juga justru mati bisa saja thermostat mulai rusak. Maka thermostat tidak memberikan sensor atau sinyal ke mekanisme electronic pendinginan mesin.

3. Mesin Cepat Panas Saat Motor Baru Dihidupkan

Ciri ciri terakhir thermostat motor vixion rusak adalah mesin cepat panas. Pada Yamaha Vixion injeksi, ada elemen yang namanya Fast Idle Selenoid (FID). Salah satunya peranan elemen ini adalah menyesuaikan keperluan bahan bakar saat motor baru pertama kalinya dihidupkan.

Saat motor Yamaha Vixion pertama kali dihidupkan, perputaran mesin akan meninggi lebih dulu sampai batasan waktu tertentu. Umumnya hal ini cuma berjalan kurang dari semenit.

Proses ini terjadi karena saat baru pertama kali motor berpijar perlu suplai bahan bakar yang semakin banyak. Saat suplai bahan bakar terpenuhi, karena itu perputaran mesin akan balik normal.

Apa hubungan dengan thermostat? Saat mesin baru berpijar temperatur mesin mulai akan menjalar naik jadi panas. Saat tersebut thermostat akan bekerja untuk membuka dan menutup perputaran air pendinginan. Apabila hal tersebut tidak terjadi maka akan timbul berbagai masalah pada mesin.

Cara Mengatasi Thermostat Motor Rusak

Umumnya, cara kerja thermostat motor adalah membaca temperatur mesin sudah ada di atas tingkat normal temperatur mesin yaitu lebih dari 80 derajat s/d 90 derajat celsius.

Sebetulnya proses kerja dari thermostat cukuplah sederhana yaitu, saat temperatur mesin ada di bawah 80 derajat s/d 90 derajat celcius, karena itu cairan pendingin yang ketinggalan pada mesin terus akan bersirkulasi atau diputarkan pada bagian mesin memakai pompa cairan pendingin radiator.

Demikian temperatur telah mencapai tingkat batasan yang ditetapkan sama seperti yang disebut sebelumnya. Karena itu thermostat mulai akan membuka katup dan air pendingin yang telah panas masuk radiator dan air pendingin yang dingin masuk ke mesin bermotor. Siklus ini terjadi secara terus menerus sampai pada akhirnya temperatur normal kembali.

Di sini, mekanisme thermostat akan memerintah kipas radiator untuk berpijar dan mengisap udara panas radiator lalu membuangnya hingga suhu mesin terus terbangun. Maka dapat disebutkan thermostat akan menjaga temperatur mesin supaya temperatur mesin selalu terlindungi dan memperhitungkan temperatur panas yang terlalu berlebih pada mesin sebuah sepeda motor.

Apabila tanda tanda diatas salah satu cara terbaik untuk mengatasi thermostat motor rusak adalah penggantian. Hal ini bertujuan agar sistem pendinginan lebih baik.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri thermostat vixion rusak dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Thermostat Vixion Rusak: 3 Gejala Dan Perbaikan"