Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Air Bleeder: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Air Bleeder Dan Cara Kerja - Didalam karburator terdapat berbagai macam bagian dan saluran, salah satunya air bleeder. Tanpa adanya fungsi dari air bleeder maka proses pencampuran bahan bakar dan udara tidak dapat terjadi secara maksimal.

Air bleeder sendiri sebenarnya hanya berbentuk seperti saluran udara yang berada didalam karburator. Walaupun hanya saluran udara namun air bleeder ini memiliki pengaruh penting pada kinerja karburator.

Oleh karena itu perlu dipahami terkait air bleeder pada karburator. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi air bleeder pada karburator dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi air bleeder

Fungsi Air Bleeder

Fungsi Air Bleeder adalah untuk mengatomisasikan bahan bakar (dalam masalah ini bensin) supaya lebih gampang bersatu dengan udara. Bahan bakar akan bersatu dengan udara saat sebelum keluar dari bagian main nozzle.

Sesudah keluar main nozzle campuran udara dan bahan bakar ini masih digabung kembali dengan udara. Hingga wujud bahan bakar makin kecil yang nanti akan mempermudah pada proses pembakaran.

Letak dari air bleeder ini adalah di bagian paling kanan ada ruangan pelampung, Selanjutnya ke kiri bagian bawah ada main jet. Ke atas ada air bleeder dan sampai juga ke main nozzle.

Cara kerja air bleeder

Setelah mengetahui fungsi dari air bleeder tentu perlu dipahami pula cara kerjanya. Cara kerja dari air bleeder pada karburator sebenarnya sangat sederhana. Jika penekanan yang ada di ruangan pelampung semakin besar dibanding dengan penekanan pada main nozzle (penekanan di main nozzle akan turun saat thrrottle valve dibuka yang membuat udara melalui ventury dengan cepat).

Maka membuat udara dari air bleeder akan masuk dan akan bersatu dengan bahan bakar. Bercampurnya udara dan bahan bakar ini akan membuat bahan bakar jadi bergelembung, yang otomatis menolong dalam merusak bahan bakar menjadi partikel yang lebih kecil (atomisasi).

Campuran bahan bakar dan udara itu selanjutnya akan keluar lewat main nozzle, dan disemprotkan (bersatu) dengan udara hingga ukuran bahan bakar makin kecil kembali yang hendak mempermudah proses pembakaran.

Komponen Lain Karburator

Selain fungsi dan cara kerja air bleeder pada karburator masih banyak lagi komponen komponen lain yang memiliki fungsi dan peran yang berbeda-beda, diantaranya yaitu:

1. Air Horn

Komponen ini berfungsi sebagai pintu masuk udara sesudah lewat saringan udara. Tempatnya berada di ujung air vent tube yang menyambungkan ruangan pelampung dengan air horn.

2. Air Vent Tube

Air Vent Tube berfungsi untuk membuat penekanan udara di float chamber atau ruangan bakar bensin sama dengan ruangan reservoir/ruangan pelampung yang berisi jarum pelampung. Untuk itu perlu sekali menjaga kebersihan bagian ini supaya gabungan bahan bakar dengan udara dapat bekerja yang baik.

3. Pelampung Karburator

Pelampung karburator ada di bagian reservoir untuk jadi tanda jumlah bahan bakar didalamnya. Penataannya secara automatis membuat kendaraan dapat mendapatkan konsumsi campuran bahan bakar yang cocok.

4. Needle Valve

Komponen ini bermanfaat sebagai pintu masuk bahan bakar saat sebelum masuk ke ruangan reservoir.

5. Slow Jet

Fungsi khusus dari slow jet adalah menyalurkan bensin saat kecepatan idle. Tempatnya sendiri ada setelah throttle valve.

6. Venturi Primer

Venturi primer berfungsi untuk jaga kecepatan udara yang masuk semakin tinggi supaya ada penekanan venturi hingga bensin dapat keluar capillary tube.

7. Venturi Sekunder

Fungsi dari komponen ini sama dengan venturi primer dan terletak ada sesudah komponen itu.

8. Primary Main Air Bleeder

Salah satunya komponen yang bermanfaat untuk membuat bensin bersatu dengan udara.

9. Secondary Main Air Bleeder

Mempunyai fungsi yang serupa dengan main air bleeder.

10. Primary Main Jet

Fungsi dari komponen ini adalah menyalurkan bensin yang berada di ruangan pelampung ke venturi agar dapat bahan bakar dan udara dapat bersatu.

Diatas adalah fungsi air bleeder pada karburator dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Air Bleeder: Peran Dan Cara Kerja"