Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drag Link: Pengertian, Fungsi, Dan Gejala Kerusakan

Fungsi Dan Gejala Drag Link Rusak - Didalam sistem kemudi terdapat berbagai bagian salah satunya drag link yang termasuk pada steering linkage. Lalu apa fungsi drag link pada sistem kemudi kendaraan? Untuk lebih jelasnya terkait hal tersebut akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. 
drag link

Apa Itu Drag Link?

Drag link kemudi adalah sisi penting dari proses kemudi mobil. Tangkai pengikat kemudi diperbarui dengan peredam kejut depan, yang langsung mempengaruhi kestabilan kendaraan, keselamatan operasi, dan periode penggunaan ban. Draglink kemudi dipisah jadi dua kelompok, yaitu, tangkai kemudi dan tangkai dasi kemudi.

Tangkai kemudi bertanggungjawab untuk mentransmisikan pergerakan lengan kemudi ke lengan kemudi. Ini adalah tangkai yang menghubungkan lengan kemudi dan lengan kiri kemudi. Sesudah tenaga mesin kemudi ditransmisikan ke jemari kemudi, roda bisa dikendalikan. Tie rod adalah terletak dibagian bawah proses trapesium kemudi dan sebagai elemen kunci untuk memastikan pergerakan yang betul di antara roda kemudi kiri dan kanan.

Ujung draglink kemudi tersambung ke jemari kemudi lewat ball joint. Karena gaya langsung diaplikasikan untuk memutar roda, mayoritas mobil saat ini memakai kemudi hidrolik, yang digunakan untuk mengurangi usaha sopir dan membuat kemudi lebih fleksibel dan gampang dioperasionalkan.

Fungsi Drag Link

Drag link adalah elemen linkage suspensi yang ada pada kendaraan yang diperlengkapi dengan mekanisme kemudi type steering gear. Bagian ini sering diketemukan pada truk dan van yang semakin besar. Fungsi dari drag link adalah sebagai elemen yang menghubungkan kotak roda gigi kemudi kendaraan ke ujung tie rod.

Satu segi drag link tersambung ke lengan pitman, dan segi yang lain tersambung di titik pivot tetap sementara ujungnya tersambung ke tie rod. Saat roda kemudi diputar, drag link mentransfer pergerakan putar dari gearbox ke roda hingga kendaraan bisa dikendarai.

Gejala Drag Link Rusak

Setelah mengetahaui apa itu dan fungsi dari drag link maka perlu diketahui gejala yang timbul saat bagian ini rusak. Saat rusak atau memiliki masalah, hal itu bisa mengakibatkan permasalahan dengan pengatasan kendaraan. Umumnya drag link yang rusak akan memunculkan gejala sebagai berikut:

1.Ban cepat aus

Salah satu gejala pertama dari drag link rusak adalah keausan ban yang tidak normal. Bila drag link aus pada segi ujung akan membuat ban aus pada segi dalam atau luar. Bukan hanya itu bila didiamkan ini akan bersambung membuat kerusakan di bagian mekanisme kemudi lainnya karena penekanan aus dari drag link yang rusak.

2.Kemudi berasa bergetar

Gejala lain dari link drag yang rusak adalah berasa bergetar pada kemudi. Bila drag link aus pada seginya bisa mengakibatkan kemudi berasa tidak konstan dan bergetar saat membelok. Bergantung pada parahnya kerusakan akan berpengaruh pada getaran kemudi sampai kurang stabilnya mobil.

3.Kemudi sempoyong (tidak stabil)

Drag link yang kaku bisa mengakibatkan kemudi berasa sempoyong (tidak stabil), stir akan membelok sendiri ke kanan atau kiri di saat jalan datar, ini benar-benar berbahatya bila tidak langsung diatasi.

Drag link adalah salah satunya elemen kemudi paling penting untuk kendaraan yang diperlengkapi dengan mekanisme kemudi type steering gear. Ini menghubungkan beberapa elemen kemudi dan bisa mencelakakan saat berkendaraan.

Diatas adalah ulasan terkait apa itu drag link baik fungsi maupun gejala kerusakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Drag Link: Pengertian, Fungsi, Dan Gejala Kerusakan"