Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Boring Motor: Pengertian Dan Fungsinya

Apa Itu Boring Pada Motor - Untuk kamu yang kerap up-grade perform motor tentu tidak asing dengan boring atau liner. Lalu apa itu boring yang sering ditemukan di motor?

Dinding liner atau boring umumnya dipakai untuk bikers yang ingin membesarkan diameter piston dan perlu pergantian boring atau liner. Boring dapat ditemukan pada mesin dan dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan. Perubahan ini dapat dilakukan dengan proses korter atau shock ulang.

Oleh karena itu perlu diketahui terkait boring atau yang dikenal dengan liner yang ada di blok mesin. Untuk lebih jelasnya terkait apa itu boring pada motor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

apa itu boring motor

Apa Itu Boring Motor

Selalu terbesit pertanyaan terkait apa itu boring pada motor? Hal ini terutama pada pecinta otomotif yang baru menggeluti bidang ini. Terkait apa itu boring atau liner motor adalah sebuah elemen pada mesin sepeda motor berwujud silinder atau lingkaran tabung yang bersinggungan atau bersinggungan langsung dengan elemen piston lebih persisnya ring piston.

Bentuk dari boring dapat dilihat dari gambar diatas. Jika kita lihat maka bagian tersebut terdiri dari seonggok besi kombinasi yang memiliki bentuk mencolok dan seperti tabung lingkaran

Nach benda tersebut yang diberi nama dengan boring. Boring ini ada pada block mesin sepeda motor terhitung pada block mesin mobil yang memakai piston.

Fungsi Boring Atau Liner Motor

Fungsi dari boring atau liner adalah sebagai lintasan atau menjadi tempat atau rumah piston saat lakukan kegiatan pembakaran. Boring umumnya tahan lama serta awet sepanjang perawatannya betul. Oleh karena itu umumnya yang hendak kalah atau aus
lebih dulu adalah ring piston.

Tetapi tidak boleh salah, bila perawatan yang tidak betul maka kosekuensinya adalah dinding boring jadi lebih tipis dan riskan bobol. Bila boring sampai bobol, karena itu peluang block mesin akan turut bobol dan ongkos pembaruannya bisa banyak karena harus beli block set mesin baru.

Oleh karenannya kita dituntut untuk arif saat lakukan oversize pada mesin sepeda motor kita. Hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan apabila tidak ingin mengganti liner atau blok silinder secara langsung.

Diatas adalah ulasan terkait apa itu boring pada motor dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Boring Motor: Pengertian Dan Fungsinya"