Ciri Ciri Magnet Clutch AC Mobil Rusak: 6 Tanda, Penyebab, Dan Akibat

Ciri Ciri Dan Penyebab Magnet Clutch AC Mobil Rusak - Tidak menutup peluang mobil tahun muda bisa juga mengalami kerusakan pada sistem AC terutama bagian magnetic cluth. Akan timbul berbagai ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak, penyebab, serta dampak yang timbulkan.

Pikirkan bagaimana sesaknya kabin mobil bila AC tidak dapat hidup. Tentunya berkendaraan jadi tidak nyaman. Pengendara juga akan berasa kegerahan.

Nach, tahukah Anda jika salah satu bagian utama yang membuat sistem pendingin kabin berperan baik adalah magnetic clutch/elemen magnet AC mobil? Sisi penting satu ini sebagai elemen khusus yang bila rusak, karena itu AC tidak akan hidup. Peranan magnetic clutch sebagai penyambung compressor dengan perputaran mesin, Disamping itu berperan putuskan compressor dengan perputaran mesin.

Nach beberapa ciri magnetic clutch memiliki masalah adalah hembusan AC cuma keluar angin atau tidak dingin, atau juga bisa hembusan AC dingin cuma saat mobil di di kecapatan tinggi. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak, penyebab, dan akibatnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak

Ciri Ciri Magnet Clutch AC Mobil Rusak

Beberapa ciri magnet clutch AC mobil rusak adalah lenyapnya hembusan angin pada pendingin atau AC mobil baru dingin saat meluncur dalam kecepatan tinggi. Kerusakan ini dapat kelihatan pada puli magnetic clutch terbakar karena terjadi slip dan AC mobil berbau gosong. Selain itu terdapat berbagai ciri ciri lain magnet clutch ac mobil rusak diantaranya yaitu:

1. Blower hidup tetapi AC panas

Ciri ciri magnet clutch AC mobil rusak yang pertama adalah saat blower masih hidup, tetapi anehnya AC berasa panas. Selanjutnya terlihat jika RPM mesin jadi kelihatan semakin tinggi dari umumnya, sekitaran di antara 1.000-1.500 RPM-layaknya tengah mencapai pedal gas dengan keras.

Namun, saat kamu menonaktifkan AC sebentar-sekitar 10 sampai 30 menit-maka AC dapat kembali dingin dan angin terhembus sejuk.

2. Panas saat jalanan macet

Selain itu ciri ciri magnet clutch AC mobil rusak yaitu pendingin mobil terkadang berasa panas dan terkadang dingin-terlebih saat mobil terjebak dalam kondisi macet atau AC tidak dingin pada siang hari.

Hal ini terjadi berulang-ulang. Awalannya, kamu kemungkinan merasakannya satu bulan sekali sampai satu minggu sekali beberapa ciri magnet clutch AC mobil rusak itu ada. Jika terus diacuhkan, dapat makin kronis dan AC mobil kamu akan betul-betul rusak.

3. Keluar bunyi mengusik

Ciri ciri magnet clutch AC mobil rusak yang umum terjadi adalah pendingin menghasilkan bunyi-bunyi yang mengusik. Bahkan juga kerap bunyi saat AC pada kondisi off atau mati.

Ini muncul karena perputaran pulley bersinggungan terus-terusan dengan piringan centerpiece atau pressure plate dalam pendingin kabin mobil.

4. Ada Pengurangan Performa AC Mobil.

Yang jelas apabila magnet clutch ac mobil rusak maka perfoma ac mobil juga menurun. Dalam kasus ini, AC masih tetap hidup tapi embusan yang dibuat tidak dingin, jadi cuma keluar angin saja. Bahkan juga dapat mendadak berasa panas. AC cuma dapat dingin saat kendaraan sedang dalam kecepatan tinggi atau saat malam hari saja.

5. Warna Pulley Berbeda

Ciri ciri lain magnet clutch ac mobil rusak yang seterusnya adalah ada warna merah atau terjadi kegosongan pada pulley. Ini memperlihatkan ada keausan karena terjadi selip yang berkali-kali. Mengakibatkan, pinggirannya jadi memeras karena panas.

Anda dapat memeriksa atau pastikan kerusakan kopling magnet ini dengan menempatkan kunci contact dan tombol AC pada kondisi ON dan magnetic clutch akan teraliri listrik dari accu mobil.

Seterusnya, Anda dapat memeriksa arus listriknya. Jika pusat kopling tidak tertarik saat dialiri arus listrik, karena itu sudah tentu magnetic clutch sedang memiliki masalah.

Langkah yang lain dapat dipakai yaitu dengan memakai tes pen. Tes pen ini dipakai untuk mengecek arus listrik yang mengucur pada kopling magnet. Jika ada daya tapi kopling magnet tidak bekerja, selekasnya kontrol ke bengkel untuk pastikan kerusakannya.

6. Magnetic Clutch Terkadang Mati Sendiri

Ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak yang terakhir yaitu kadang mati sendiri. Bila keadaannya memang rusak atau memiliki masalah kadang bila temperatur di sekitar panas ataupun waktu siang hari magnetic akan mati sendirinya atau tidak bisa bekerja dan di waktu malam hari akan hidup dan temperatur udara yang keluar akan dingin terus.

Penyebab Kerusakan Magnetic Clutch AC

Setelah mengetahui ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak maka perlu diketahui pula berbagai faktor penyebab. Kerusakan pulley bisa mengakibatkan peranan AC mobil terusik. Ada banyak hal yang rupanya bisa menjadi penyebab kopling magnet atau magnet clutc rusak yaitu:

1. Kualitas

Penyebab pertama magnet clutch rusak yaitu kualitas. Kualitas dari sebuah spare part benar-benar sangat penting untuk ketahui sampai kapan elemen akan berperan dengan normal. Makin bagus kwalitasnya, pulley akan makin tahan lama dan dapat bekerja semakin lama. Tapi, banyak diketemukan di pasar kopling magnet ini dipasarkan dengan kualitas yang rendah.

2. Usia

Usia dari spare part ini tergantung pada kwalitasnya dan dapat menjadi penyebab magnet clutch rusak. Makin tinggi kwalitasnya, maka semakin lama periode waktu pemakaianya. Rerata usia magnetic klat dimulai dari tiga bulan dan dapat sampai lima tahun.

3. Penggunaan yang Tidak Pas

Kerusakan kopling magnet ini dapat dikarenakan oleh saat berkendaraan dengan kecepatan tinggi, sopir atur suhu AC sampai tingkat terlampau rendah. Ini bisa mengakibatkan kerja kopling magnet jadi tidak konstan.

Memang arah intinya adalah untuk jaga supaya temperatur kabin tidak terlampau dingin dan mengirit pengeluaran bahan bakar. Tapi dampaknya kerja dari magnetic clutch dapat putus-nyambung.

Saat putaran mesin tinggi, terjadi gesekan kasar pada magnetic clutch dan membuat makin cepat aus. Lebih bagus bila berkendaraan dalam kecepatan tinggi dan dalam waktu yang lama, mengatur temperatur AC sampai optimal.

Walau beban kerja mesin semakin bertambah karena ada kerja compressor AC, tapi aktifnya secara stabil hingga konsumsi bensin lebih rata. Hal ini supaya pulley bisa bekerja dengan maksimal, dan kopling magnet menjadi lebih tahan lama.

Dampak Kerusakan Magnetic Clutch

Selain ciri ciri dan penyebab magnet clutch ac mobil rusak, maka perlu diketahui pula dampak atau akibatnya. Saat magnetic clutch telah memperlihatkan kerusakan, karena itu elemen yang lain pada mobil akan terusik. Terdapat beberapa dampak atau akibat yang terjadi apabila magnetic clutch atau kopling magnet ac mobil rusak diantaranya yaitu:

1. Compressor Tidak Bekerja

Peranan khusus kopling magnet adalah penyambung dan pemutus kerja compressor. Saat magnetic clutch tidak berperan, automatis compressor tida dapat bekerja dengan normal.

Magnetic clutch yang rusak mengakibatkan compressor keluarkan bunyi karena ada suara kasar akibat perubahan magnet pulley dengan plat centerpiece. Suara ini bisa muncul karena salah satunya elemen yang telah tidak rata, tidak kembali akurat, dan bisa disebabkan berkarat.

2. Temperatur AC Tidak Konstan

Dampak yang lain dari kerusakan magnetic clutch adalah ketakstabilan temperatur yang dibuat oleh AC, seperti terkadang dingin terkadang panas. Permasalahan itu muncul karena magnetic clutch telah kurang kuat atau rusak.

3. Tarikan Gas Jadi Enteng

Saat elemen magnetic clutch rusak, beban mesin akan menyusut berarti karena compressor tidak bekerja. Tarikan gas jadi lebih enteng, yaitu perputaran RPM mesin umumnya di angka 1000 RPM dapat sampai 1.500 RPM.

4. Spul Magnet Tidak Berperan

Dampak yang lain dari kerusakan magnetic clutch adalah spull magnet dapat mati tiba-tiba saat digunakan kelamaan atau pada keadaan panas. AC harus dimatikan lebih dulu dan dihidupkan kembali sesudah lebih kurang sekitaran 10 sampai 15 menit, baru spull magnet bisa berperan secara kembali normal.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri magnet clutch ac mobil rusak, penyebab, dan akibatnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Magnet Clutch AC Mobil Rusak: 6 Tanda, Penyebab, Dan Akibat"