Lampu Indikator Aki Tidak Menyala : 4 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Tidak Menyala - Apakah anda pernah mengalami tiba tiba lampu indikator aki pada dasbor tidak menyala? Tentunya hal ini disebabkan oleh berbagai faktor.

Lampu indikator aki yang tidak menyala menandakan kerusakan pada sistem pengisian. Kerusakan bisa muncul dari beberapa hal seperti konektor, regulator, bahkan bagian alternatornya langsung.

Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab indikator aki mati. Untuk lebih jelasnya terkait lampu indikator aki tidak menyala baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

lampu indikator aki tidak menyala

Lampu Indikator Aki Tidak Menyala

Salah satu permasalahan yang perlu diperhitungkan adalah lampu indikator aki di dasboard mati. Permasalahan seperti ini memang seringkali terjadi pada kendaraan yang sudah berusia. Ini erat kaitannya dengan kualitas piranti kelistrikan yang dipunyai mulai turun.

Walau demikian, sebagai pemilik harus juga ketahui apa yang perlu dilaksanakan saat ini terjadi. Hal pertama kali yang perlu dilaksanakan adalah masih tetap tenang dan berpikir jernih.

Supaya Anda tidak cemas, coba mengecek kondisi beberapa elemen engine kendaraan apa masih tetap baik baik saja atau ada permasalahan. Bila Anda tidak mendapati persoalan yang mengakibatkan lampu indikator aki mati, karena itu dapat ditegaskan jika ini terjadi murni karena usia kendaraan. Berikut penyebab lampu indikator aki tidak menyala salah satunya yaitu:

1. Rusaknya sisi alternator

Permasalahan lampu indikator aki mobil tidak menyala ini sering diketemukan karena kerusakan pada alternator mobil. Alternator sendiri berperan untuk menyuplai arus listrik ke aki dan elemen listrik di mobil yang lain saat mesin hidup. Baca secara lengkap mengenai cara kerja pengisian listrik aki mobil mekanisme IC regulator pada artikel awalnya.

Ada dua elemen dalam alternator yang hancur dan sering memunculkan permasalahan lampu aki mobil menyala. Pertama adalah IC regulator dan ke-2 adalah carbon brush habis. Walau demikian, membuka memiliki arti elemen yang lain tidak dapat alami kerusakan. untuk memperjelasnya, silakan baca mengenai elemen alternator.

Saat Alternator dan elemen didalamnya alami kerusakan, karena itu arus listrik dari aki mobil akan mengucur lewat lampu indikator aki ke arah ground/massa, mengakibatkan lampu indikator aki mobil mati.

2. Sekering putus

Penyebab selanjutnya yang membuat lampu indikator aki mobil tidak meyala adalah putusnya sekring yang ada di mekanisme pengisian. Pada mekanisme pengisian aki mobil ada sebuah sekring pengaman yang menyambungkan di antara aki dengan alternator.

Saat sekring pengaman ini putus, karena itu supply listrik yang mengucur dari aki ke alternator dan kebalikannya (dari alternator ke aki) akan berhenti. Terhentinya arus listrik dari alternator ke aki akan mengakibatkan lampu indikator aki mobil mati.

3. Connector terlepas atau rusak

Connector (ikatan) mekanisme pengisian putus / terlepas dapat menjadi penyebab indikator aki mobil tidak menyala. Sebagai contoh, di bagian belakang alternator ada socket mekanisme pengisian.

Socket ini dapat terlepas dari alternator karena hancur klipnya lalu lepas karena guncangan dan getaran mesin sepanjang mobil meluncur. Lepasnya socket mekanisme pengisian dari alternator langsung akan membuat lampu indikator aki mati.

4. Permasalahan Carbon Brush dan Rotor Slip Rings

Timbulnya permasalahan pada bagian carbon brush dan rotor slip rings dapat membuat keadaan lampu indikator aki terkadang hidup terkadang mati. Carbon brush yang mau habis atau rotor slip rings yang mulai aus membuat performa ke-2 nya terusik.

Walau sebenarnya ke-2 nya sama-sama memerlukan keduanya untuk memberi perform kelistrikan mobil yang bagus. Terputusnya mekanisme kerja carbon brush dan rotor slip rings membuat lampu indikator aki tidak menyala. Tetapi saat ke-2 nya tersambung kembali, karena itu lampu indikator aki bisa mati.

Sebetulnya, pada intinya menyaksikan lampu indikator aki yang menyala saat sedang menstarter mobil sebagai hal yang normal. Point terpenting yang perlu dikenang adalah saat mobil telah menyala karena itu lampu indikator aki harus pada keadaan mati.

Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Mati

Bila hal seperti ini terjadi pada kendaraan kecintaan, cara mengatasi lampu indikator aki tidak menyala sangat gampang dan simpel. Pertama check dulu keadaan aki yang ada dalam kap mobil.

Jika sudah mendapati tempat aki dalam kap mobil, seterusnya check apa ada mur atau baut yang kendur dan pencapit kutub aki yang lepas. Apabila rupanya Anda mendapati keganjilan itu karena itu coba untuk kencangkan mur atau baut itu. Yakinkan kutub aki masih tetap melekat.

Penyebab lampu indikator aki tidak menyala yang lain adalah kotoran berbentuk karat atau serbuk putih yang umum melekat pada kutub aki. Bila permasalahan ini kelihatan selekasnya membersihkan memakai cairan khusus.

Selesai mengecek sisi aki, selanjutnya check sekring atau lampu cek engine yang ada dalam kop mobil. Untuk dapat mengeceknya, coba pinjam Engine Kontrol Unit atau ECU dari kendaraan lain buat ketahui lampu sekring bisa hidup atau tidak.

Jika sekring tidak ada permasalahan, karena itu seterusnya mengecek kondisi kabel dalam engine mobil. Apa lagi lampu indikator mobil mempunyai jalinan kuat dengan faktor kelistrikan. Bila kondisi kabel terputus, tentu saja akan mengusik saluran listrik ke arah lampu indikator di dasbor. Cara mengatasi lampu indikator aki tidak menyala ini bisa juga dilaksanakan oleh mekanik.

Walau permasalahan lampu indikator pada dashboard mati tidak terlampau berat, tetapi Anda harus tetap memerhatikannya buat mengatur kondisi elemen engine pada keadaan yang bagus baik saja.

Diatas adalah ulasan terkait lampu indikator aki tidak menyala baik penyebab dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Lampu Indikator Aki Tidak Menyala : 4 Penyebab Dan Perbaikan"