Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komstir Vario 125 Bermasalah : 6 Tanda Dan Cara Mengecek

Gejala Dan Cara Mengecek Komstir Vario 125 Bermasalah - Pernah merasakan tiba tiba setang Honda Vario 125 kamu mendadak kaku dan berasa goyang saat berkendara? Atau jika digerakkan, setangnya cenderung lurus dan berat saat dibelokkan? Hal ini merupakan tanda komstir vario 125 bermasalah.

Jika pernah merasakannya, tidak boleh cemas. Gejala itu bisa saja satu diantaranya karena komstir yang bermasalah. Ada persoalan pada elemen itu karena biasanya membantai lubang atau menyikat gundukan seperti polisi tidur dengan kecepatan tinggi.

Komstir yang bermasalah dapat membuat handling sepeda motor terusik. Sayang, beberapa orang yang tidak ketahui apa gejala komstir rusak, hingga pengujian cuma konsentrasi pada sekitar roda. Untuk lebih jelasnya terkait komstir vario 125 bermasalah baik tanda dan cara mengeceknya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komstir vario 125 bermasalah

Komstir Vario 125 Bermasalah

Sebenarnya apabila diamati komstir vario 125 yang rusak memiliki gejala atau tanda yang hampir sama dengan motor lainnya. Berikut tanda komstir vario 125 bermasalah yaitu:

1. Stang Tidak Konstan

Tanda komstir vario 125 bermasalah yang pertama yaitu stang atau kemudi tidak stabil. Stang yang kurang konstan umumnya jadi tanda awal ada kerusakan di bagian komstir. Dan umumnya di saat dibawa membelok stang sedikit akan menantang, maknanya sulit untuk dikontrol.

2. Stang Jadi Berat

Pada kondisi tertentu kerusakan komstir bisa juga membuat perputaran stang jadi berat saat dibawa bermanuver. Handling motor berasa kaku hingga pengendara kesusahan di saat akan membelok.

3. Muncul Suara Di Stang

Selain berat dan kaku, dampak yang lain umum terjadi saat komstir vario 125 rusak adalah munculnya suara pada kemudi khususnya saat sedang melalui jalan bergelombang atau melakukan pengereman tiba-tiba.

4. Stang Goyang Atau Oblak

Rusaknya komstir membuat keausan pada gotri atau pelor bearing. Sesudah lama didiamkan akan muncul gejala kendur khususnya saat pelor itu mulai terlepas. Ini membuat komstir tak lagi konstan hingga dudukan stang akan berasa oblak dari as sisi tengahnya.

5. Berasa Getaran Pada Stang

Biasanya getaran akan berasa saat berkendara diperputaran tinggi. Getaran pada stang akan berasa sampai ke semua bagian. Hal ini lain dengan getaran yang dibuat karena pelek.

6. Rem Dapat Blong

Komstir vario 125 yang rusak dapat membuat ada jarak ketika akan memakai rem depan. Karena itu dapat mengakibatkan jarak pengereman akan jadi berbeda, serta berasa seperti rem yang blong karena tidak pakem ketika akan dipakai.

Jika sudah menjumpai gejala itu, karena itu yakinkan untuk langsung mengecek keadaan komstir motor kalian itu.

Cara Mengecek Komstir Vario Bermasalah

Setelah mengetahui berbagai tanda saat komstir vario 125 rusak, maka perlu diketahui pula cara mengecekany. Berikut cara mengecek komstir vario bermasalah yaitu:

  1. Pada keadaan mesin mati, motor diposisikan pada standar tengah. Kemudian naiki motor sampai roda depan dapat terangkat atau bebas. Gerakkan setang ke kiri dan kanan untuk ketahui keadaan komstir. Jika setang gampang digerakkan karena itu komstir tidak bermasalah. Kebalikannya jika setang sulit digerakkan ke kiri dan kanan karena itu komstir seeret dan bermasalah.
  2. Pengujian seterusnya dapat dengan lakukan pengereman depan. Bila tidak tampil bunyi mengusik maknanya komstir baik. Tetapi jika terdengar ada suara, komstir aus atau bermasalah dan perlu dilakukan tindakan dengan dicheck selanjutnya untuk memberikan keyakinan sumber permasalahannya
  3. Saat digunakan jalan, setang sulit dikontrol. Umumnya saat setang dibelokkan seperti menantang. Stang goyang sampai berasa ke tangan.
  4. Cara mengecek komstir vario bermasalah terakhir yaitu mendengarkan suara dari sekitar kemudi. Ada suara mengusik di sekitar komstir. Khususnya saat melalui jalan tidak mulus atau bergelombang. Perlu diwaspadahi komstir bermasalah.

Diatas adalah ulasan terkait komstir vario 125 bermasalah baik tanda dan cara mengeceknya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Komstir Vario 125 Bermasalah : 6 Tanda Dan Cara Mengecek"