Keyless Vario 150 Tidak Berfungsi: 3 Penyebab Dan Cara Memperbaiki

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Keyless Vario 150 Tidak Berfungsi - Keyless pada teknologi motor, selain menambah kenyamanan terkadang timbul beberapa masalah. Lalu apa penyebab keyless pada motor vario 150 tidak berfungsi? Bagaimana cara memperbaikinya?

Honda Vario 150 angkatan terkini telah diberi dengan mekanisme keyless atau tanpa anak kunci. Maka dalam menghidupkan motor perlu memakai remote dan memutar knop di dalam rumah kunci contact.

Tetapi keyless ini setiap saat dapat tidak aktif dan pemicunya bermacam. Sebenarnya saat tombol keyless didesak itu terhubung ke motor, tetapi karena kotoran di tombol starter ini motor jadi tidak dapat dihidupkan.

Nach, buat pemakai Vario 150 yang alami hal yang juga sama tidak boleh cepat cemas. Untuk lebih jelasnya terkait keyless vario 150 tidak berfungsi baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

keyless vario 150 tidak berfungsi

Keyless Vario 150 Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa faktor penyebab remote atau keyless pada motor vario 150 tidak berfungsi diantaranya yaitu:

1. Kotoran

Salah satu penyebab keyless vario 150 tidak berfungsi adalah tombol power yang kotor dan memiliki masalah. Oleh karena itu kita membersihkan dengan alat bantu untuk membersihkan. Setelah dibersihkan baru menyalakan mesin. Apabila normal maka kemungkinan penyebab remote atau keyless pada motor vario 150 tidak berfungsi adalah adanya kotoran pada knob kunci.

2. Battery

Permasalahan paling sering keyless vario 150 tidak berfungsi yaitu karena battery yang habis. Jika battery habis karena itu transmister tidak sanggup tersambung dengan ECM pada motor. Akibatnya keyless vario 150 tidak bisa berfungsi seperti mestinya.

3. Gangguan Sinyal

Sinyal juga dapat menjadi penyebab keyless pada motor vario 150 tidak berfungsi. Gelombang radio yang didapatkan dari tower, televisi, handphone dan lain sebagainya. Jaringan gelombang ini dapat mengganggu sinyal transmister dari remote ke bagian kontrol keyless pada motor. Oleh karena itu pastikan semua hal tersebut tidak mengganggu proses menyalakan motor.

Cara Memperbaiki Keyless Vario 150 Tidak Berfungsi

Pada pertama kalinya sahabat beli motor vario 150 ini,tentu dari faksi dealer sudah memberi satu set/pasang remote keyles dan 1 pasang code barcode. Ini tidak lain untuk mengantisipasi jika remote vario 150 hilang atau rusak masih tetap ada remote cadangannya.

Perlu di kenali bahwasanya smart key ini memiliki harga tidak murah. Harga dapat mencapai beberapa ratus ribu bahkan capai juta-an. Berikut beberapa trik atau cara untuk memperbaiki keyless vario 150 tidak berfungsi yaitu:

1.Keyless Cadangan

Cara memperbaiki keyless vario 150 tidak berfungsi pertama dan paling mudah yaitu dengan memutar balik kendaraan atau dapat mengontak orang rumah untuk mengantar remote baru(remote cadangan). Jika remote keyless hilang atau tidak berfungsi dan maka motor tidak bisa berpijar tanpa remote.

Perombakan pada bagian kabel-kabelnya tetap motor akan tidak berpijar. Jika remot keyless itu sudah dikasih code khusus yang telah terpadu langsung dengan mekanisme ECU. Code Khusus berikut sebagai penghubung dan pemutus ECU pada motor vario 150.

2. ID barcode

Cara yang ke 2 untuk memperbaiki keyless vario 150 tidak berfungsi yaitu dengan id barcode.

Untuk menghidupkan motor tanpa remote keyles ada banyak persyaratan yang perlu di kerjakan yaitu menyimpan code Id barcode vario 150 itu. Berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol start lebih dulu, sampai tanda keyless di dashbord berpijar.
  • Sesudah tanda keyless berkedip-kedip, dapat memencet tombol start sekali.
  • Nantikan sampai bunyi interval sesaat,selanjutnya masukan code ID Barcode vario 150 itu.
  • Cara memasukkanya adalah seperti berikut,contoh no ID Barcode 1098533. Karena itu hanya perlu memencet tombol start 1 x selanjutnya tunggu hingga bunyi interval.
  • Nach untuk angka 0, langsung bisa melaluinya. Sehingga langsung menekan tombol start sekitar 9 x sampai nantikan bunyi interval. Sampai memasukkan angka yang paling akhir yaitu angka 3.
  • Sesudah memasukkan code yang paling akhir,apabila code ID Barcode vario 150 itu sukses maka mengeluarkan bunyi bunyi interval 2 x.
  • Cara seterusnya sahabat dapat menghidupankan motor vario 150 itu.
  • Dan untuk mematikan motor sahabat dapat kerjakan seperti umumnya,tetapi tanda umumnya masih berpijar sampai 5 menit ke depan. Nach untuk mematikanya pencet tombol start sekitar 1 x.
  • Cara mengatasi permasalahan di atas hanya untuk saat ini saja. Sementara untuk mengatasi selanjutnya dapat bawa motor ke dealer sah paling dekat.
  • Untuk menolong membuat remote keyless baru dengan catatan code ID Barcode sudah dijumpai. Perlakuan ini dapat dilaksanakan sampai sekitar 4 x,selebihnya sahabat harus beli piranti itu 1 set.

Cara Merawat Keyless Vario 150

Ada banyak hal yang dapat sahabat kerjakan saat remot motor vario 150 alami permasalahan yang membuat smart key vario 150 tidak berfungsi,diantaranya:

  1. Selalu jaga atau lakukan penggantian battery remot motor vario 150
  2. Menghindari penempatan dari capaian sinyal radio lain
  3. Mematikan remot saat memang tidak akan dipakai dalam periode saat yang lumayan lama

Diatas adalah ulasan terkait keyless vario 150 tidak berfungsi baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Keyless Vario 150 Tidak Berfungsi: 3 Penyebab Dan Cara Memperbaiki"