Mengapa Gerak Bebas Kopling Dapat Berubah Dan Perlu Disetel

Mengapa Gerak Bebas Pedal Kopling Dapat Berubah Dan Perlu Disetel - Gerak bebas kopling atau yang lebih dikenal dengan free play adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini termasuk dalam perawatan sistem kopling. Lalu mengapa gerak bebas kopling dapat berubah dan perlu disetel?

Penyetelan kopling mobil manual bisa dilaksanakan sendiri tak perlu tiba ke bengkel. Tapi, untuk melakukan pun tidak dapat asal-asalan. Penyetelan harus memerhatikan tingkat kerenggangan dari setelan.

Pasalnya bila setelan kopling tidak cocok akan memberi imbas pada perform mobil. Tidak itu saja, setelan kopling bisa juga punya pengaruh pada keawetan elemen mobil tersebut.

Untuk penyetelan kopling ini harus cocok tidak boleh terlampau minim dan tidak boleh terlampau kendur. Bila penyetelan kopling terlampau minim akan akan punya pengaruh pada perform atau power mobil. Untuk lebih jelasnya terkait mengapa gerak bebas kopling dapat berubah dan perlu disetel akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

mengapa gerak bebas kopling dapat berubah dan perlu disetel

Mengapa Gerak Bebas Kopling Dapat Berubah Dan Perlu Disetel

Jika terlampau minim saat pedal kopling diinjak sedikit telah bekerja, hingga saat dilepaskan terkadang tidak begitu bebas. Masih tetap ada slip pada kopling seperti tekan terus menerus

Keadaan ini, sambungnya muncul karena di antara kopling dan cover kopling belum terlepas seutuhnya. Walau, saat operasionalisasi berasa nikmat karena pedal tidak perlu diinjak terlampau dalam, tapi ini akan berpengaruh pada elemen kopling. Tapi jika itu keadaannya kronis, umum terjadi selip terus menerus dan tenaga mobil juga akan menyusut. Ini dikarenakan oleh tenaga yang diteruskan tidak penuh atau 100 %.

Ini terjadi karena masih ada slip kopling walau pedal kopling telah dilepaskan. Kebalikannya, apabila kopling terlampau kendur kopling tidak dapat bekerja prima. Walau pedal kopling telah diinjak secara penuh tapi kopling belum juga terlepas secara 100 %.

Bila sesudah kopling semacam ini dampaknya adalah saat lakukan peralihan gigi lewat tuas transmisi maka keras. Ini karena gigi transmisi belum sesuai seutuhnya.

Kopling atau pedal kopling sebagai elemen mobil yang cuma kita dapatkan pada kendaraan manual. Sisi ini hasilkan penekanan hidraulik dari master silinder dengan kemampuan dari penekanan pijakan pedal. Penekanan hidraulik yang tercipta pada master silinder akan dilanjutkan ke release silinder yang pada akhirnya akan tekan kopling supaya dapat menyambungkan dan putuskan tenaga mesin.

Proses perpindahan kecepatan harus disertai dengan penekanan pedal. Maka, bila kendaraan telah memakai transmisi automatis alias matic karena itu pedal kopling terang tidak dibutuhkan.

1. Mengapa Gerak Bebas dapat Berubah?

Anda kemungkinan mengenali istilah free play pedal kopling. Hal ini yang disebut jarak bebas saat pedal kopling mulai didesak sampai release bearing mulai menekan diaphragm spring. Saat disc clutch aus, free play akan menyusut (makin kecil). Bila keausan disc clutch semakin bertambah sampai tidak ada free play, maka menyebabkan kopling selip.

Karenanya, penting untuk menyetel panjang push rod pada release silinder supaya free play pedal kopling terawat secara baik. Saat ini lebih banyak digunakan release silinder yang dapat lakukan penyetelan sendiri, hingga free play pedal kopling tidak dapat ditata lewat baut stopper pedal, tapi free play pedal disamakan dengan atur panjang push rod.

2. Mengapa Gerak Bebas Perlu Disetel?

Gerak bebas atau free play merupakan jarak aman pedal kopling ditekan. Apabila jarak aman ini tidak ada maka apabila pedal kopling disentuh akan langsung membebaskan clutch disc dan kopling bekerja memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi.

Namun apabila terlalu dalam maka apabila pedal kopling diinjak membutuhkan langkah yang terlalu dalam agar kopling dapat bekerja. Hal ini tentu akan membuat kaki cepat lelah.

Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling

Setelah mengetahui mengapa gerak bebas pedal kopling dapat berubah dan perlu disetel, maka perlu dilakukan penyetelan. Sesudah mengatur ketinggian pedal kopling karena itu dibutuhkan penyetelan jarak bebas pedal kopling. Hal ini mempunyai tujuan supaya kampas kopling tidak cepat habis karena bersinggungan dengan flywheel. 

Selain jarak bebas pedal kopling mempunyai tujuan sebagai toleran jika kaki tidak sengaja mencapai pedal kopling. Dengan demikian kopling tidak bekerja jika jarak efisien pedal kopling belum tercukupi.

Untuk memperoleh standard jarak bebas pedal kopling yang terbaik adalah dengan buka pada buku manual kendaraan. Ini karena ada ketidaksamaan ukuran jarak bebas pada pedal kopling. Tetapi untuk ukuran standard jarak bebas pedal kopling umumnya sekitar pada 15-25 mm.

Untuk menyetel jarak bebas pedal kopling harus disamakan dengan tipe mekanisme kopling yang dipakai. Tentu saja mekanisme kopling dengan hidrolik berlainan dengan mekanisme kopling mekanis Untuk memperjelasnya berikut cara menyetel jarak bebas pedal kopling yaitu:

1. Langkah Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling Type Hidrolik

  • Menyiapkan alat yang dipakai yaitu kunci cocok ukuran 8 atau 10
  • Memerhatikan status baut geprekel pedal kopling hidrolik
  • Memutar tangkai penggerak hidrolik kopling memakai tang. Memutar ke kiri untuk menambahkan jarak bebas pedal kopling dan memutar ke kanan untuk kurangi jarak bebas pedal kopling.
  • Jika sudah mendapati jarak bebas pedal kopling yang sama sesuai mengencangkan kembali baut penyetel supaya jarak bebas pedal kopling tidak berubah.

2. Langkah Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling Type Mekanis

  • Menyiapkan alat yang dipakai sesuai keperluan yaitu kunci pass 10 atau 12
  • Memerhatikan baut geprekel jarak bebas garpu pembebas kopling.
  • Memutar mur ke kiri untuk menambahkan jarak bebas pedal kopling dan memutar kekanan untuk kurangi jarak bebas pedal kopling
  • Jika diketemukan kopling mekanikal dengan type lain karena itu untuk penyetelan jarak bebas pedal kopling yaitu dengan menarik kabel kopling untuk melepaskan adjusting nut. Sesudah bebas putar adjusting nut ke kiri untuk menambahkan jarak bebas pedal kopling dan memutar ke kanan untuk kurangi jarak bebas pedal kopling.

Diatas adalah ulasan terkait mengapa gerak bebas kopling dapat berubah dan perlu disetel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengapa Gerak Bebas Kopling Dapat Berubah Dan Perlu Disetel"