Cara Mengganti Air Radiator NMAX :16 Prosedur, Waktu, Dan Pengecekan

Cara Mudah Mengganti Air Radiator NMAX - Penggantian air radiator merupakan salah satu perawatan rutin yang perlu dilakukan, salah satunya di motor yamaha NMax. Lalu bagaimana cara mengganti air radiator pada yamaha nmax?

Siapakah yang tidak mengenal dengan motor Yamaha NMAX yang disebut salah satu motor matic bikinan dari Yamaha ini yang dengan mengangkat mesin 150cc. Motor NMAX ini sendiri adalah jawaban untuk beberapa pecinta beroda 2 yang ingin sekali mempunyai sepeda motor matic yang powerfull dan lain dari motor matic yang telah ada.

Kemungkinan kita sudah tahu jika radiator pada suatu kendaraan motor mempunyai peran demikian penting. Yang di mana untuk peranan dari radiator sendiri adalah untuk menyerap panas dari mesin lewat cairan atau coolant yang mengucur melalui water jacket yang ada di kepala silinder dan silinder.

Nach untuk cairan yang panas itu akan diserap atau didorong ke arah radiator melalui pipa kecil yang ada cairan coolant dengan jumlah banyak, dengan ini karena itu temperatur mesin bisa menjadi turun dan tidak gampang overheat.

Dengan proses yang berulang, maka dari itu air radiator harus diganti secara berkala. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengganti air radiator nmax, kapan atau waktu penggantian, dan cara pengecekan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengganti air radiator nmax

Cara Mengganti Air Radiator NMAX

Cara mengganti air radiator nmax sebenarnya hampir sama dengan motor matic yang lain. Disini terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan. Berikut cara mengganti air radiator pada motor yamaha Nmax yaitu:

  1. Pertama persiapkan cairan khusus radiator (1 ltr cukup), tempat tempat penampungan, obeng plus, kunci L 5 dan 8 dan shock nomor 8 untuk buka cover radiator dan baut di tutup radiator.
  2. Bebaskan cover radiator NMax dengan buka 3 baut memakai kunci shock nomor 8.
  3. Membuka tub radiator dengan obeng plus dan tampung air sisa radiatornya.
  4. Tampung air radiator sisa dari lubang bawah radiator Yamaha NMax.
  5. Sesudah cover radiator terbuka, membuka tutup radiator atas, selanjutnya membuka baut (tub) menguras radiator yang tempatnya pada bagian bawah kisi kiri radiator dengan memakai obeng plus.
  6. Membuka baut nomor 8 di bawah dekat block mesin.
  7. Tampung air radiator sisa dari lubang bawah dekat block mesin.
  8. Supaya air radiator kebuang optimal, membuka buat pada bagian bawah block mesin memakai kunci shock 8.
  9. Melepas bagian reservoir radiator dan membuka clamp selang.
  10. Seterusnya Anda perlu kuras air radiator pada tabung reservoir. Di tahapan ini, anda perlu buka lebih dulu cover bodi injakan bawah memakai kunci L 5. Nach kemudian bebaskan clamp selang dan buang cairan radiator sisa.
  11. Sesudah percaya air radiator terkuras semua. pasang lagi semua baut penutup lubang menguras dan pasang lagi tabung reservoir secara betul.
  12. Tuangkan air radiator ke radiator Yamaha NMax sampai penuh. Tuangkan air radiator baru ke reservoir sampai batasan upper atau full.
  13. Isi dan tuangkan air radiator baru ke reservoir sampai batasan upper, selanjutnya tuangkan secara perlahan-lahan air radiator ke lubang pengisian radiator sampai penuh.
  14. Nach, hidupkan mesin motor tidak perlu dipacu, lihat bila perputaran radiator bagus, air pada radiator akan membuat seperti pergerakan air, selanjutnya tutup radiator dan pasang lagi semua baut dan bodi barusan.
  15. Catatan: Tidak boleh mengganti atau menambahkan air radiator saat mesin pada keadaan panas. Pada keadaan itu air radiator bisa jadi terhempas dan mencelakakan Anda.
  16. Paling akhir, tidak boleh buang sembarangan air sisa radiator. Seharusnya, pisah dan buang di lokasi yang aman.

Kapan Penggantian Air Radiator NMax

Setelah mengetahui cara mengganti air radiator pada yamaha nmax maka perlu diketahui pula waktu atau kapan penggantiannya. Yamaha NMAX memakai sistem pendinginan dengan radiator. Tetapi radiator membutuhkan perawatan agar bekerja optimal. Seperti selalu mengawasi keadaan ketinggian air radiator misalkan. Disamping itu, air radiator harus ditukar pada km tertentu.

Untuk cara mengganti atau pergantian air radiator pada yamaha nmax dianjurkan optimal tiap 12.000 km sekali. Dan untuk pengecekan ketinggian air radiator harus dilaksanakan tiap kelipatan 4.000 km sekali.

Cara Mengecek Air Radiator Yamaha NMax

Setelah mengetahui cara mengganti air radiator pada motor yamaha nmax dan waktu penggantian maka perlu diketahui pula cara mengecekanya. Untuk mengecek ketinggian air radiator di NMAX mudah sekali. Berikut cara mengecek ketinggian atau jumlah air radiator pada motor yamaha Nmax yaitu:

  1. Pertama, statuskan motor di lokasi yang rata dengan memakai standard tengah.
  2. Masalahnya, jika tempatnya tidak rata dan gunakan standard samping, pembacaan ketinggian air radiator jadi tidak tepat. Lantas yakinkan mengecek ketinggian pada keadaan mesin dingin, masalahnya ketinggian akan berlainan sesuai temperatur mesinnya.
  3. Seterusnya tinggal mengecek ketinggian air radiator dari jendela pengecekan yang ada di bawah dek samping kanan. Akan kelihatan huruf 'L' sebagai pertanda batasan minimal.
  4. Yakinkan ketinggian air radiator di atas pertanda 'L', bila di bawahnya seharusnya air radiator selekasnya ditambahkan. Cara menambah juga gampang, cukup membuka alas injakan kaki samping kanan dengan cara diambil. Dan akan kelihatan tutup reservoir air radiator, tinggal tuangkan air radiator sampai melewati batasan 'L'.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengganti air radiator nmax, kapan atau waktu penggantian, dan cara pengecekan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Air Radiator NMAX :16 Prosedur, Waktu, Dan Pengecekan"