Transmisi Matic Nyangkut : 7 Penyebab Dan Cara Mengatasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Transmisi Matic Nyangkut - Perawatan terutama pada transmisi matic tidak boleh asal asalan apabila tidak menginginkan kerusakan terjadi. Salah satu permasalahan yang sering terasa adalah transmisi matic terasa nyangkut atau tertahan.

Peralihan tuas transmisi matik pada mobil tidak selalu lancar, terkadang ada-ada saja masalah yang membuat tidak dapat dioperasionalkan seperti umumnya. Masalah ini umum terjadi pada mobil matik.

Tuas transmisi kadang tidak dapat beralih, seperti nyangkut. Tuas itu dapat beralih normal jika tombol shift lock didesak. Pasti itu bukan operasionalisasi yang betul karena keadaan mesin sedang berpijar. Untuk lebih jelasnya terkait transmisi matic nyangkut baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

transmisi matic nyangkut

Transmisi Matic Nyangkut

Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab transmisi matic nyangkut atau terasa seperti tertahan diantaranya yaitu:

1. Pengendapan Oli

Penyebab pertama transmisi matic nyangkut adalah oli kotor dan banyak endapan. Beberapa pemilik mobil seken terkadang remeh di masalah pergantian oli transmisi matik, terlambat atau jarang tukar. Kelamaan, senyawa terdapat dalam oli lama akan berbeda sepanjang penggunaan hingga mengakibatkan daya lubrikasi menyusut.

Saat daya lubrikasi oli mulai menyusut, antarkomponen yang bergesek akan memunculkan partikel atau serpihan kotoran hingga memunculkan pengendapan. Pengendapan berikut sebagai penyebab "nyangkut" di elemen dalam girboks.

2. Shift Lock Patah

Selain itu transmisi matic ketahan juga disebabkan oleh keadaan shift lock yang patah. Keadaan ini maknanya, mekanisme shift lock bekerja tidak betul. Semestinya, perpindahan tuas transmisi dibutuhkan memencet tombol shift lock cuma saat kunci contact ditarik.

Nach, hadapi peristiwa ini, hal pertama kali yang perlu diduga adalah serangkaian mekanikal shift lock tersebut. Semacam kawat yang menyambungkan kunci contact dan tuas transmisi. Mekanikal ini perlu tingkat kepresisian yang tinggi, bila sedikit saja berubah karena itu kerja shift lock jadi tidak betul.

Ada yang patah pada bagian ujungnya, hingga peranan shift lock memiliki masalah. Ujung kawat penyambung itu umumnya patah hingga tidak dapat lempeng. Walau sebenarnya, supaya shift lock bekerja normal karena itu kawat itu harus lempeng.

Dapat diperbarui, tetapi tidak semuanya orang dapat, karena ini modalnya nalar dan kreasi. Jalan keluar tak perlu menukar kawat penyambung shift lock yang harga lumayan mahal jika untuk harga seutas kawat penyambung.

3. Switch Rem Memiliki masalah

Salah satu penyebab yang kerap diketemukan adalah switch rem yang memiliki masalah. Keadaan ini menyebabkan switch rem tidak turut ketekan saat pedal rem diinjak, hingga peralihan tuas transmisi matic jadi tidak berhasil.

Cara paling mudah untuk ketahui switch rem memiliki masalah atau tidak adalah dengan cara mengecek lampu rem. Bila lampu rem tidak berpijar saat pedal rem diinjak, karena itu ada permasalahan pada switch rem mobil.

4. Switch Rem Kotor

Permasalahan lain penyebab tuas transmisi matic ketahan adalah switch rem yang kotor. Kotoran atau tersisa oli yang menimbun bisa menjadi kerak dan mengusik performa switch rem. Bila mobil diparkirkan dalam waktu lama dan tidak pernah dipakai, sebaiknya pemilik memanasi mobil tiap pagi. Ini mempunyai tujuan supaya tersisa kotoran oli tidak menimbun jadi kerak.

5. Socket Switch Rem Kendor

Jika sekring sudah ditukar, selanjutnya coba kerjakan perubahan tuas transmisi secara normal dari status P ke R. Jika masih diketemukan transmisi susah digeser, karena itu coba kerjakan pengecekan tahapan selanjutnya . Yaitu dengan mengecek ikatan socket switch rem apa lembek atau tidak.

Coba cabut socket swicth rem, lalu pasang lagi sampai kedengar bunyi click. Ini untuk pastikan socket terhubung dengan prima. Apabila sudah usai kerjakan kembai pengujian keadaan tuas transmisi. Apa tuas transmisi sekarang telah gampang untuk digeser atau keadaannya tetap sama. Jika tetap sama memiliki arti kerjakan cara selanjutnya.

6. Fuse Lampu Rem Putus

Untuk menanganinya permasalahan transmisi matic nyangkut perlu lakukan tahapan-tahapan pengecekan. Yang pertama kerjakan dahulu pengecekan pada bok sekring yang berada di ruangan mesin.

Membuka tutup box sekring itu, selanjutnya check mana sekring untuk tail lamp lewat grafik sekring yang umumnya ada di sisi dalam tutup box sekring itu. Apabila sudah bertemu, karena itu cabut sekring tail lamp barusan dan check keadaannya. Jika sekring putus karena itu kerjakan pergantian dengan sekring baru sama ukuran yang sama.

7. Gearbox Hancur

Penyebab paling akhir transmisi matic nyangkut, dapat berasal dari gearbox yang hancur. Kerusakan pada gearbox umumnya datang dari kabel yang putus atau susunan perlindungan kabel terkupas. Jika gearbox jadi penyebab tuas transmisi matic nyangkuth, seharusnya selekasnya kontak bengkel sah paling dekat untuk dilaksanakan pengujian.

Cara Memperbaiki Transmisi Matic Yang Nyangkut

Setelah mengetahui penyebab transmisi matic nyangkut maka perlu diketahui pula cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi transmisi matic yang ketahan ataun nyangkut yaitu:

1. Penyetelan Jarak Switch Rem

Yang penting Anda kerjakan dan paling mudah adalah penyetelan jarak switch rem dengan pedal rem. Pakai kunci cocok ukuran 12 mm untuk bertindak ini. Putar mur switch rem arah ke kiri untuk dekatkan jarak dengan pedal rem, dan putar ke kebalikannya untuk melebarkan jarak.

Mengatur jarak main sampai kurang lebih 1 cm. Jarak yang terlampau jauh di antara switch rem dengan pedal rem membuat lampu rem tidak akan membaca signal dari switch rem supaya berpijar. Keadaan berikut yang membuat transmisi susah digeser dari status P.

2. Pergantian

Apabila terjadi keruskaan pada komponen maka perlu dilakukan penggantian seperti sekering socket bahkan switch rem. Apabila kerusakan berasal dari gearbox maka perlu biaya lebih untuk melakukan proses pembongkaran.

Diatas adalah ulasan terkait ransmisi matic nyangkut baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Transmisi Matic Nyangkut : 7 Penyebab Dan Cara Mengatasi"