Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunyi Tek Tek Di Bak Kopling: 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bunyi Tek Tek Di Bak Kopling - Sepeda motor yang tidak terawat tentu akan menyebabkan berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang dapat terjadi yaitu timbulnya bunyi tek tek di bak kopling.

Bak kopling sebagai rumah dari elemen kopling yang bekerja untuk atur perputasan mesin lewat gear atau gigi. Sementara kopling adalah salah satuelemen yang penting perannya karena bila terjadi keadaan yang bermasalah bisa mengakibatkan perform motor akan turun bahkan juga tidak dapat dipakai.

Oleh karena itu apabila hal ini terjadi perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk lebih jelasnya terkait bunyi tek tek di bak kopling baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

bunyi tek tek di bak kopling

Bunyi Tek Tek Di Bak Kopling

Apabila sudah terjadi kasus semacam itu, seharusnya cepatlah membawa ke bengkel sah atau bengkel langganan untuk dikroscek dan diperbarui. Apabila hal itu didiamkan terlalu lama akan memunculkan kerusakan elemen mesin yang lebih kronis.

Timbulnya suara kletek-kletek pada mesin motor itu ditegaskan ada yang memiliki masalah pada salah satunya komponennya. Dan itu tidak dapat didiamkan kelamaan, dapat fatal nanti. Berikut beberapa faktor penyebab bunyi tek tek di bak kopling daiantarany yaitu:

1. Karet kopling pecah 

Timbulnya bunyi tek tek di bak kopling bisa disebabkan karena banyak hal yang satu diantaranya adalah keadaan di mana karet kopling jadi pecah pecah. Rusaknya karet kopling atau karet mangkok pada bak kopling itu bisa dijumpai dari suara yang dibuat berbentuk bunyi pukulan "duk duk" atau "tek tek" saat sepeda motor pada keadaan berpijar dan terutamanya ada saat kopling diambil atau di terlepas.

Keadaan ini sebenarnya tidak begitu mencelakakan dan cuma mengakibatkan suara mesin jadi kasar, tetapi bila didiamkan dan tidak ditukar karena itu bisa memunculkan permasalahan tehnis yang semakin besar seperti motor kurang tenaga.

2. Gigi kopling dan penghubungnya alami keadaan aus

Keadaan yang lain yang bisa jadi penyebab timbulnya bunyi tek tek di bagian block atau bak kopling dari sepeda motor adalah keausan pada gigi kopling dan sisi penghubungnya yang ada di dalam bak kopling itu. Keadaan keausan di bagian kopling automatis atau manual dari sepeda motor kerap kali disebabkan karena umur dari kendaraan dan kekeliruan pada proses pemakaiannya yang berkesan ngawur.

Keadaan aus yang terjadi di bagian gigi kopling itu akan diikuti dengan kondisi kopling motor bunyi saat diambil dengan wujud suara seperti suara seorang menangis. Keadaan keausan pada gigi kopling itu akan jadikan mesin motor bernada kasar dan bisa saja bila tidak selekasnya di atas akan mengakibatkan kopling tidak berperan secara normal.

3. Gesekan antara elemen di dalam bak kopling

Keadaan yang lain yang dapat menjadi penyebab di bak kopling keluarkan bunyi tek tek adalah rantai keteng dengan lifter tensioner. Keadaan ini bisa diikuti dengan munculnya bunyi tek tek saat motor dipakai dan gas diambil tetapi saat motor meluncur dengan kecepatan yang semakin tinggi karena itu bunyi tek tek itu akan lenyap.

Persoalan gesekan itu harus selekasnya diakui dan dilaksanakan cara memeriksa mesin yang betul terutamanya di bagian bak kopling supaya tidak tampil permasalahan tehnis yang semakin besar.

4. Pemakaian kopling yang kurang pas

Proses pemakaian kopling khususnya di saat pelepasan kopling yang tidak pas bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi pada kopling saat dilepaskan. Ketidaktepatan itu berada pada keadaan pelepasan yang terlampau cepat dilaksanakan dan tidak disertai dengan tarikan gas. Bila keadaan ini selalu terjadi jadi tidak cuma bunyi yang hendak ada tetapi persoalan tehnis yang lain yang lebih berat.

5. Rumah Kopling

Penyebab terakhir bunyi tek tek di bak kopling adalah kerusakan rumah kopling. Jika Rumah yang kopling alami sebuah permasalahan , karena itu hal itu akan hasilkan satu suara seperti bunyi yang mengusik secara berkaitan selanjutnya akan berasa "duk" pada saat motor lakukan pengereman secara mendadak.

Hal itu dikarenakan oleh bak kopling telah aus atau sistem otomatisnya tidak berperan secara baik karena merenggang.

Cara Mengatasi Bunyi Tek Tek Di Bak Kopling

Setelah mengetahui penyebab bunyi tek tek di bak kopling maka perlu diketahui pula cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi bunyi di bagian bak kopling yaitu:

1. Clutch Bearing

Untuk mengatasi bunyi tek tek di bak kopling yaitu tukar Clutch Release Bearing yang rusak sama yang baru, untuk harga clutch release bearing yang berkualitas sekitar di antara 20 ribu sampai 23 ribu rupiah saja.

Terkadang jika tanda-tanda rusak dituruti kopling yang melar, karena itu harus selekasnya menukar seal kopling , untuk harga seal kopling yang orginal sekitar 20 ribua rupiah. Untuk biaya dalam penempatan seal kopling dan clutch release bearing di bengkel sekitar di antara 15 ribu sampai 20 beberapa ribu, untuk harga dalam masalah ini dapat berbeda.

2. Rantai Keteng

Cara mengatasi bunyi tek tek di bak kopling karena permasalahan gesekan pada rantai keteng dan lifter tensioner itu adalah dengan membenahi lifter tensioner atau menukar lifter assy tensioner sama yang baru. Dengan cara itu semoga bunyi pada bak kopling yang mucul bisa terselesaikan secara baik hingga menahan berlangsungnya permasalahan yang semakin besar.

3. Karet Kopling

Untuk mengatasi keadaan karet kopling yang pecah pecah pada sepeda motor itu karena itu hal yang perlu dilaksanakan adalah dengan cara kuras semua sisi oli mesin dan membedah mesin itu untuk keluarkan sisi karet kopling yang ada di bak kopling.

Sesudah mesin bisa dibongkat dan dibuka, mengeluarkan sisi elemen kopling dan saksikan keadaan dari karet mangkok atau karet kopling itu apabila sudah pada keadaan yang paling kronis karena itu harus selekasnya dilaksanakan pengantian. Sesudah ditukar, pasang lagi elemen kopling itu dan balikkan semua keadaan mesin pada tempatnya.

4. Gigi Kopling

Cara mengatasi persoalan bunyi tek tek di bak kopling karena keausan pada gigi kopling dan penghubungnya itu adalah dengan membalik status dari kopling yang aus ke segi kopling yang tidak aus. Ini bisa dilaksanakan karena sisi depan dari kopling sama dengan sisi belakangnya.

Diatas adalah ulasan terkait bunyi tek tek di bak kopling baik penyebab dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Bunyi Tek Tek Di Bak Kopling: 5 Penyebab Dan Cara Mengatasi"