Cara Kerja Gigi Mundur: Konsep, Aliran, Dan Proses

Cara Kerja Gigi Mundur Pada Mobil - Didalam mekanisme transmisi terdapat beberapa percepatan terutama gigi mundur. Cara kerja gigi mundur sendiri sebenarnya sama dengan percepatan yang lain. Yang membedakan hanya arah putarannya saja.

Pada transmisi manual memiliki konsep yang lumayan gampang, yaitu cukup dengan gerakkan tuas transmisi ke posisi gigi tujuan maka menggerakan proses transmisi seperti shift linkage, shift fork, dan gigi synchroniser.

Dengan bergeraknya gigi synchroniser ke salah satunya gigi tujuan, karena itu gigi itu akan tersambung dengan poros output hingga perputaran pada poros input dapat dilanjutkan lewat konter gear lalu ke gigi opsi, berlanjut ke gigi synchroniser dan ke poros output.

Dengan demikian karena itu perputaran mesin dari poros input dapat sampai ke poros output. Hal ini juga sama pada percepatan mundur. Untuk lebih jelasnya terkait cara kerja gigi mundur pada mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara kerja gigi mundur

Pengertian Transmisi Manual

Sebelum mengetahui cara kerja gigi mundur pada transmisi manual maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait pengertiannya. Transmisi manual adalah kotak persneling yang memungkinkannya pengendara untuk memilih antara rasio gigi yang lain. Dengan demikian, mobil dapat bergerak atau jalan.

Rasio roda gigi yang lebih rendah tawarkan torsi yang semakin besar, tapi kecepatan yang lebih lamban. Dalam pada itu, rasio roda gigi yang semakin tinggi memberi torsi yang semakin sedikit dengan kecepatan yang lebih kuat.

Rasio gigi yang lain kerap dikatakan sebagai kecepatan. Maknanya, transmisi manual dengan 6 kecepatan terdiri dari 6 rasio gigi. Simpelnya, transmisi manual terdiri dari 3 poros dengan roda gig yang sama-sama bertautan sama ukuran yang lain. poros input tersambung ke mesin melalui kopling.

Countershaft (poros pendorong) bersatu dengan poros input dan memiliki banyak roda gigi. poros output menyambungkan poros pendorong ke tangkai pendorong sampai ke arah roda. Ini cara kerja transmisi manual jika diterangkan secara simpel. Dalam pada itu, poros keluaran tersambung ke kotak transfer lebih dahulu pada mobil. Selain itu, gigi mundur ada pada poros ke-4 supaya arahnya berbeda.

Cara Kerja Gigi Mundur

Ketidaksamaan mobil matic dan manual memang condong kedengar sulit. Masalahnya kamu harus mengalihkan sendiri gigi melalui persneling yang ada pada transmisi manual. Berikut ulasan terkait cara kerja gigi mundur pada transmisi manual mobil yaitu:

1. Konsep Gigi Mundur

Mobil dengan gigi manual juga memakai konsep gigi ratio hal ini termasuk juga pada mekanisme atau cara kerja gigi mundur. Tujuannya yaitu menimbulkan perbandingan roda gigi yang digunakan untuk menghasilkan momen yang sesuai beban mesin saat kamu mengemudikan mobil.

Tidak itu saja, gigi manual bekerja dengan konsep yang sederhana. Ketidaksamaan kecepatan yang dikeluarkan bisa terjadi dengan mengganti rasio roda gigi pada mekanisme transmisinya.

Sebagai contoh, mobil yang melalui jalan naik memerlukan torsi yang semakin besar supaya bebannya dapat ditahan. Torsi ini didapat dengan kurangi kecepatan putar melalui transmisi hingga torsi yang semakin besar pada daya yang serupa.

Di lain sisi, torsi yang lebih rendah kemungkinan memerlukan kecepatan yang semakin besar. Jika disaksikan dari cara kerja transmisi mobil manual, ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sliding mesh, syncromesh, dan constant mesh.

2. Proses Kerja Gigi Mundur

Cara kerja gigi mundur pada transmisi manual sama seperti percepatan yang lain. Yang membedakan hanyalah arah putaran yang dihasilkan pada output shaft. Apabila percepatan lain memiliki arah putaran yang sama dengan input shaft, namun pada gigi mundur sebaliknya. Artinya arah putaran output shaft kebalikan arah putaran pada input shaft.

Proses ini tetap menggunakan prinsip perbandingan gigi ratio. Perbandingan ratio pada cara kerja gigi mundur ini hampir sama dengan percepatan satu bahkan ada beberapa yang lebih besar. Dengan begitu momen yang dihasilkan juga hampir atau lebih tinggi dari percepatan satu.

Untuk mendapatkan putaran dengan arah kebalikan input, maka pada gigi mundur dipasang satu gigi diantara dua gigi percepatan dan output. Roda gigi ini untuk mekanisme atau cara kerja gigi mundur ini dinamakan reverse idle gear.

Dengan peletakan roda gigi ini maka putaran output akan menjadi kebalikan dari arah putaran input. Efeknya mobil dapat berjalan mundur. 

3. Aliran Kerja Gigi Mundur

Cara kerja posisi gigi R atau mundur adalah saat posisi tuas ada di angka R pada grafik tuas transmisi. posisi gigi R ini akan menggerakkan tuas di depan dan menarik shift fork ke belakang hingga gigi synchroniser tersambung dengan gigi R.

Antara gigi R dan konter gear untuk gigi R dipasngkan gigi pembalik yang namanya Reverse Idle gear. Mengakibatkan, perputaran poros output jadi kebalik dan bersimpangan arah dengan perputaran poros input.

Diatas adalah ulasan terkait cara kerja gigi mundur pada mobil dan pengertian pada transmisi manual. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Gigi Mundur: Konsep, Aliran, Dan Proses"