Model Timing Chain Digunakan Pada Motor Jenis: Tipe Dan Merk

Model Timing Chain Digunakan Pada Motor Jenis - Pada mesin kendaraan termasuk motor memerlukan timing sehingga dimunculkan rantai timing atau rantai keteng. Lalu model timing chain digunakan pada motor jenis apa saja?

Fungsi timing chain pada suatu mesin sangat penting. Elemen ini sebagai penyambung di antara camshaft dengan crankshaft agar mesin dapat bekerja dengan maksimal. Memiliki bentuk berbentuk rantai yang berada di mesin sisi depan kendaraan.

Fungsi kutub engkol crankshaft mengganti gerak turun naik piston yang ada. Pergerakan ini bisa menjadi gerak putar hingga dapat menggerakan flywheel dengan maksimal. Biasanya, timing chain ini lebih banyak diketemukan pada mesin diesel.

model timign chain digunakan pada motor jenis

Fungsi timing chain

Pada mesin mobil, fungsi timing chain yang khusus adalah menyambungkan perputaran pada kutub crankshaft (roda edan/bandul) dan kutub camshaft (noken as). Maksudnya untuk membuat penyelarasan di antara turun-naiknya piston dengan turun-naiknya klep intake dan exhaust.

Saat piston mengarah ke bawah, karena itu klep mobil akan terbuka. Kebalikannya, saat piston naik, karena itu klep akan tertutup. Dengan sinkronnya pergerakan di antara piston dan klep, karena itu kurang resiko berlangsungnya tumbukan di antara klep dengan piston. Semua penataan ini adalah tanggung-jawab dari elemen timing chain.

Model Timing Chain Digunakan Pada Motor Jenis?

Setelah mengetahui fungsi dari timing chain maka perlu diketahui terkait model timing chain ini digunakan pada motor jenis apa saja. Sebenarnya hampir semua sepeda motor menggunakan model timing chain sebagai pengaturan timing kerja mesin. Namun istilah timing chain ini lebih dikenal dengan nama rantai keteng.

  1. Model timing chain atau rantai keteng digunakan pada motor jenis:
  2. Sport sebagai contoh megapro,thunder,tiger, vixion, dan lain sebagainya
  3. Bebek yang mana hampir semua menggunakan model timing chain seperti, supra, jupiter, vega, shogun, revo, dan lain sebagainya.
  4. Matic juga menggunakan rantai timing sebagai pengaturan timing walaupun dibantu dengan sensor. Sebagai contoh vario, beat, nex, fino, dan lain sebagainya.

Secara penggunaan sebenarnya, model timing chain hampir menyeluruh ke setiap jenis, tipe, maupun merk sepeda motor.

Diatas adalah ulasan terkait model timing chain digunakan pada motor jenis apa saja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Model Timing Chain Digunakan Pada Motor Jenis: Tipe Dan Merk"