Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Oli Kompresor AC Mobil: 6 Teknik Dan Ulasannya

Ganti Oli Kompresor AC Mobil - Dalam melaksanakan fungsinya maka sistem ac perlu dilakukan perawatan. Salah satunya yaitu penggantian oli kompresor ac mobil secara berkala. Lalu bagaimana cara ganti oli kompresor ac mobil?

Penggantian oli kompresor AC mobil jangan lepas dari perhatian saat service mobil selainnya feature dan elemen yang lain. Dengan demikian, AC mobil tetap optimal kerjanya dan membuat nyaman beberapa penumpang mobil didalamnya.

Kompresor AC mobil bisa bekerja dan hasilkan udara sejuk karena ada oli yang berperan sebagai pelumas. Dengan cairan atau oli pelumas maka gesekan dan pemicu panas bisa diminimalkan.

Namun dalam proses penggantian kompresor ac mobil tentu ada beberapa cara atau prosedur yang perlu dilakukan. Untuk lebih jelasnya terkait ganti oli kompresor baiki teknik pengisian maupun cara penggantian akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ganti oli kompresor ac mobil

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil​​​​​

Oli kompresor tak perlu ditukar bila kwalitasnya masih tetap baik, tapi jika oli pelumas terjadi kebocoran pelumas karena itu perlu dipertambah atau dilaksanakan pengisian ulangi.

Ada tiga cara mengisi oli kompresor ac mobil ini, yakni lewat lubang inlet, lewat manifold gauge, dan memakai alat recovery. Berikut beberapa cara mengisi oli kompresor ac mobil yaitu:

1. Lewat lubang inlet

Lubang inlet adalah aliran penekanan rendah. Volume oli yang dimasukkan ke lubang inlet bergantung ukuran kompresor. Bila compressornya kecil, cukup diisi 150 cc. Jika ukuran semakin besar kemungkinan memerlukan ukuran yang semakin banyak.

2. Lewat manifold gauge

Manifold gauge adalah alat yang dipakai untuk menghitung penekanan freon AC mobil. Untuk mengisi oli memakai manifold gauge adalah dengan pastikan proses vacuum sudah usai. Selanjutnya, kamu dapat tutup keran manifold gauge dan buka selangnya untuk masukkan oli kompresor.

tahap selanjutnya adalah mengisi oli sama sesuai ukuran kompresor AC mobil. Sesudah usai, selang dapat ditutup rapat kembali untuk menahan masuknya kotoran di luar.

3. Memakai alat recovery

Alat ini memanglah tidak dipunyai orang pemula, umumnya bengkel AC mobil mempunyai alat ini. Cara mengisi oli memakai alat recovery yang pertama adalah menempatkan oli baru pada tabung kompresor. Alat recovery ini akan menghisap oli untuk masuk ke kompresor AC mobil.

Kemudian kamu dapat menanti sampai usai, karena alat ini sudah bekerja automatis. Untuk menghindar oli yang kebuang karena berlebihan, kamu dapat mempersiapkan ukuran yang pas untuk kompresor AC mobil kamu.

Cara Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Kualitas oli yang telah jelek perlu ditukar. Ganti oli kompresor ac mobil berlainan dengan mengisi oli. Penggantian maknanya mengganti oli yang lama dengan oli yang baru, sementara mengisi oli cuma menambahkan ukuran tertentu s/d batasan normal.

Pada intinya kompresor AC mobil bekerja dengan memakai oli. Dengan pelumas itu, gesekan dan kompresor cepat panas dapat dijauhi. Tidak hanya oli mesin yang perlu ditukar, oli kompresor juga harus hukumnya ditukar dengan teratur.

Mengganti oli kompresor AC mobil jangan dilaksanakan asal-asalan. Ada ukuran dan detail yang perlu kamu lihat pada salah satunya serangkaian service AC mobil ini.

Bukan tanpa argumen, hal itu dilaksanakan untuk oli tidak memadat atau jadi benda keras. Berikut argumen harus ganti oli kompresor AC mobil yakni menghindar baret pada kompresor. Jika kompresor telah baret, bersiap saja AC mobil kamu saat dihidupkan akan keluarkan suara berisik atau seperti orang yang sedang ngorok.

Suara itu itu tentu akan mengurangi tingkat kenyamanan saat berkendaraan. Ada pemicu lain dari timbulnya bunyi aneh yakni oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan kompresor kekurangan oli atau kebocoran.

Bila oli kompresor AC mobil kamu habis, elemen kecil dalam kompresor akan bersinggungan dengan kuat keduanya. Performa kompresor juga tentunya makin tidak maksimal karena habisnya pelumas.

Prosedur Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Mengganti oli kompresor memanglah tidak gampang, apa lagi bila kamu bukan montir yang eksper. Oleh karena itu, seharusnya kamu bawa ke bengkel paling dekat. Tapi walau demikian kamu harus ketahui cara ganti oli kompresor AC mobil.

  1. Pertama, freon AC perlu dikosongkan. Cara kosongkan freon AC adalah dengan cara mengusung freon dan mengalihkannya ke arah tempat yang semakin aman.
  2. Selanjutnya membuka sisi kompresor AC mobil dan mengubah atau memutar sisi oli dan menumpahkannya. Cara ini dapat dilaksanakan jika jumlah oli dalam kompresor sekitaran 100 cc.
  3. Oli diisi lewat lubang aliran penekanan terendah yang berada di kompresor.

Diatas adalah ulasan terkati ganti oli kompresor ac mobil baik cara penggantian maupun pengisian. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ganti Oli Kompresor AC Mobil: 6 Teknik Dan Ulasannya"