Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil: 3 Prosedur Dan Ulasan

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil - Kompresor ac mobil merupakan salah satu bagian yang perlu dilakukan perawatan secara rutin, salah satunya pengisian oli pelumas. Lalu bagaimana cara mengisi oli kompresor ac mobil?

Kompressor ac mobil berperan untuk memompa dan mengisap freon. Hal ini dilaksanakan untuk mensirkulasikan freon dalam sistem ac mobil. Hingga bila ac mobil tidak dingin, belum pasti itu pertanda freon habis. Tetapi juga bisa terjadi kerusakan pada kompresor ac.

Perawatan pada kompresor ac sebagai poin penting. Supaya sistem ac mobil anda selalu dingin. Salah satunya yang harus dipahami adalah di dalam kompresor ada oli. Oli ini berperan sebagai pelumas saat piston kompresor dan part lain bergerak. Karenanya, oli kompresor perlu di tukar bila tidak pantas atau perlu lebih bila kompresor alami kekurangan oli.

Oli kompresor AC mobil perlu dilaksanakan pengujian agar bisa dijumpai kualitas dan jumlah yang dipunyai. Bila keadaannya tidak optimal karena itu perlu dilaksanakan pengosongan dan pengisian sama yang baru. Salah satunya pemicu AC berbau pada mobil adalah kelebihan oli, tetapi saat kurang perlu dilaksanakan pengisian dengan volume sama sesuai referensi.

Oleh karena itu, oli pelumas pada kompresor ac mobil adalah salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengisi oli kompresor ac mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengisi oli kompresor ac mobil

Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil

Cara mengisi oli kompresor ac mobil bisa dilaksanakan jika oli kompresor masih bagus kwalitasnya tetapi volumenya menyusut. Ada 3 cara yang bisa dilaksanakan pada proses pengisian yaitu dengan memakai alat recovery, lewat lubang inlet, dan manifold gauge.

Yang lewat alat recovery karena itu perlu memakai alat khusus sistem AC yaitu R3 atau manifold gauge. Taruh oli pada tabung kompresor karena itu secara automatis oli akan terhirup dan masuk ke kompresor. Dengan tehnik itu pada proses pengisian dapat menanti sekalian kerjakan hal-hal lain. Dalam masalah ini persiapan ukuran yang cocok penting agar tidak luber karena terlalu berlebih.

Sementara untuk lubang inlet tinggal dibuka baut pengisian dan oli tinggal dimasukan sesuai takaran. Namun cara ini perlu dilakukan sebelum proses pengisian freon dilakukan. Berikut urutan cara mengisi oli kompresor ac mobil yang benar yaitu:

  1. Pertama, saat kompresor setelah dikuras oli. Dalam langkah ini bisa mengisi oli kompresor ac mobil dengan masukkan oli lewat lubang inlet. Isilah oli kompresor saat belum terpasang.
  2. Pada pengurasan oli kompresor ac mobil seharusnya dilaksanakan oleh yang telah eksper. Karena ini akan dilaksanakan bongkas pasang kompresor ac. Pasti terlampau berefek jika tidak bisa kembalikan kompresor seperti mestinya. Karena harga kompresor termasuk cukup. Tetapi jika anda pernah membedah awalnya, kemungkinan ini dapat dipakai sebagai gelaran pertajam kekuatan.
  3. Tambahan oli kompresor ac bisa dilaksanakan sesudah buka elemen AC mobil. Seperti buka selang ac mobil, evapurator, kondensor, atau receiver drier. Saat anda buka part teresebut umumnya oli kompresor turut keluar. Hingga perlu dilaksanakan tambahan oli kompresor.
  4. Nach hal berikut perlu perhatian. Saat tambahan oli kompresor AC mobil ada ukurannya. Jumlah tambahan oli jangan kebanyakan. Bila kebanyakan terlampau banyak menyebabkan udara AC kurang dingin. Misalnya anda perlu menambah lebih kurang 40cc saat buka kondensor.

Prosedur Penggantian Oli Kompresor AC Mobil

Jika ​​​​oli kompresor mobil Anda kwalitasnya masih tetap baik, yang menyusut cuma banyaknya saja karena itu kami anjurkan untuk selekasnya lakukan pengisian ulangi oli kompresor. Cara mengisi oli kompresor AC mobil dapat dengan 3 cara, yaitu lewat lubang inlet, manifold gauge, dan memakai alat recovery.

  1. Lewat lubang inlet. Cara mengisi oli kompresor AC mobil lewat lubang inlet adalah dengan masukkan cairan pelumas lewat aliran penekanan rendah. Ukuran pengisian oli baru umumnya bergantung pada ukuran kompresor.
  2. Lewat manifold gauge. Cara mengisi oli kompresor AC mobil lewat manifold gauge dengan diawali pastikan proses vacuum sudah usai. Apabila sudah, tutup keran manifold gauge dan membuka sisi selangnya untuk masukkan oli kompresor. Isi seperlunya sesuai ukuran dari kompresor AC mobil. Sesudah prosesnya usai, tutup kembali selang dengan rapat untuk menahan masuknya kotoran dan debu di luar.
  3. Memakai alat recovery. Persiapkan alat recovery atau alat AC R3. Tempatkan oli di bagian tabung kompresor. Alat ini secara automatis akan menghisap oli itu untuk masuk ke sisi kompresor AC mobil. Karena telah automatis, karena itu sekalian menanti oli terhirup masuk, Anda dapat lakukan hal-hal lain. Tetapi, untuk menghindar oli berlebihan kebuang karena luber, persiapkan ukuran yang cocok untuk kompresor AC Anda.

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Oli pada kompresor sangat penting sebagai pelumas untuk kompresor ac hingga di bagian kompresor jauh dari kerusakan. Disamping itu, oli kompresor berperan untuk menahan bunyi atau suara keras di saat mobil dikemudikan. Oleh karena itu, jika Anda dengar suara aneh dari mobil anda bisa saja itu tanda jika ada yang tidak kelar pada bagian compressornya. Oleh karena itu, selekasnya check sisi kompresor mobil Anda.

Kompresor AC memerlukan oli untuk jaga perannya masih tetap optimal dan terbebas dari resiko aus dan kerusakan lain. Secara periodik, oli kompresor harus dilihat untuk ketahui jumlah dan kwalitasnya. Jika memang oli telah jelek, karena itu perlu dikosongkan dan berisi yang baru. Sering kelebihan oli menjadi pemicu ac mobil berbau. Di lain sisi, bila jumlah oli telah sedikit atau bahkan juga habis, karena itu perlu diisi ulang.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengisi oli kompresor ac mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Oli Kompresor AC Mobil: 3 Prosedur Dan Ulasan"