Cara Setel Kopling Motor: 3 Prosedur Dan Ulasan

Cara Setel Kopling Sepeda Motor - Cara lakukan penyetelan kopling pada berbagai motor perlu dipahami. Setel kopling bisa mempengaruhi akselerasi dan kenyamanan di saat berkendaraan.

Kopling yang kurang cocok dapat mengakibatkan peralihan gigi slip. Disamping itu, bila didiamkan bukan mustahil elemen transmisi seperti kampas kopling cepat aus. Penyetelan kopling pada sepeda motor bisa dilaksanakan sendiri tanpa pakai repot ke bengkel. Tetapi, bila salah mengatur jarak bebasnya dapat berpengaruh pada pengurangan perform bahkan juga kerusakan elemen.

Setel kopling terlampau pendek dicemaskan penekanan di antara kampas kopling dengan pelat kopling lemah. Dampaknya dapat selip, ini akan membuat pergerakan motor tidak optimal dan boros kanvas kopling.

Sementara bila jarak main kopling terlampau renggang akan mengakibatkan proses pelepasan kampas kopling dengan pelat (saat kopling diambil) tidak optimal. Mengakibatkan proses peralihan gigi lebih susah, pergerakan motor juga tidak lembut.

Maka dari itu penyetelan kopling motor harus betul-betul tepat. Untuk memperjelasnya berkaitan cara setel kopling motor akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara setel kopling motor

Cara Setel Kopling Motor

Terdapat beberapa prosedur atau cara setel kopling pada motor diantaranya yaitu:

1. Penyetelan Kopling Semi Otomatis Motor

Lebih dulu persiapkan kunci ring 14 dan obeng (-). Kendorkan mur dan pengunci baut setel kopling dengan menggunakan kunci ring 14 sampai kendor. Putar baut geprekel memakai obeng (-) arah ke kanan sampai rasa ada sentuhan.

Selanjutnya putar kembali ke arah bagian kiri sampai mentok bila berasa ada sentuhan baru berhenti. Seterusnya putarlah kembali ke arah kanan sekitar 1/8 sampai 1/4 perputaran. Mengencangkan kembali baut dan mur agar baut tidak kendor dan turut berputar-putar.

cara setel kopling motor

2. Menyetel Kopling Manual Motor

a. Cara Pertama

Cara setel kopling motor ini berlaku untuk semua motor. Yakinkan status mur pengunci dan baut penyetel pada tuas atas tempatnya harus mentok. Selanjutnya baut penyetel di bak mesin ditata kerengangannya. Dan jika sudah cocok baru diikat dengan mur pengunci.

Harus diingat, jarak renggang sekitaran 5 mm dan tidak boleh teralu rapat dan renggang. Karena jika terlampau rapat atau renggang, bisa membuat kampas kopling selip dan sulit berpindah ke status netral mengakibatkan kopling tidak tekan atau bekerja saat terlepas batang kopling begitupun kebalikannya.

b. Cara Kedua

Selainnya cara di atas, cara setel kopling motor bisa juga dilaksanakan lewat cara lain. Yaitu lewat ujung bawah pada kabel kopling. Pertama, putar penguncinya menggunakan kunci 12. Renggangkan setel pada tuas koplingnya. Coba lebih dulu tarik-tarik tuas koplingnya.

Apabila sudah cocok, kencangkanlah kembali penguncinya. Check hasil penyetelan dengan menghidupkan mesin, masukan atau pijak presneling di gigi 1. Selanjutnya tahan, lalu putar gas sampai seperempat perputaran atau 2000 rpm. Lihat roda belakang, bila diam itu maknanya anda sukses saat menyetel kopling sepeda motor, bila roda terus berputar-putar itu maknanya penyetelan yang belum tepat.

cara setel kopling motor

Diatas adalah ulasan terkait cara setel kopling motor dengan mudah baik semi otomatis maupun manual. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Setel Kopling Motor: 3 Prosedur Dan Ulasan"