Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kondensor Platina Mobil: 5 Prosedur Dan Ulasannya

Cara Cek Kondensor Platina Mobil - Kondensor platina pada sistem pengapian mobil sebenarnya menjadi salah satu bagian yang perlu dilakukan pengecekan. Lalu bagaimana cara cek kondensor platina mobil?

Dalam mesin kendaraan, kondensor platina mobil ini sebagai bagian yang cukup penting dan mempunyai silinder kecil didalamnya dan terbagi dalam beberapa kertas timah yang digulung ketat.

Kondensor ini mempunyai beberapa silinder agar dapat melakukan beberapa performa dengan maksimal dalam mesin. Tiap kelompok gulungan itu akan disambungkan dengan 1 kawat dan membuat kutub negatif dan positif dan membuat kondensor untuk bekerja dengan optimal.

Kondesor disebutkan kapasitor. Kondensor berfungsi untuk simpan arus listrik sebentar. Walau perannya sama dengan battery, kondensor berbeda dengan battery. Perbedaannya dengan battery adalah pada battery terjadi reaksi kimia dan pada kondensor tida terjadi reaksi kimia.

Tanpa adanya kondensor tentunya sistem pengapian tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya terkait cara cek kondensor platina pada sistem pengapian mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara cek kondensor platina mobil

Cara Cek Kondensor Platina Mobil

Kondensor pada kendaraan terpasangkan secara pararel pada platina. Fungsi kondensor itu adalah untuk mengurangi berlangsungnya loncatan bunga api pada platina saat platina buka dan mempercepat pemutusan arus primer supaya tegangan induksi pada kumparan sekunder koil semakin bertambah tinggi.

Kemampuan kondensor sepeda motor adalah 0,2 - 0,3 micro farad. Kemampuan kondensor itu harus penuhi standard. Bila kemampuan kondensor kurang dari 0,2 micro farad makan akan menyebabkan permukaan negatif platina berlubang.

Bila kemampuan kondensor melewati 0,3 micro farad akan menyebabkan permukan positif platina berlubang. Besarnya kemampuan kondensor dikuasai oleh:

  1. Tipe dielektriknya
  2. Jarak di antara pelat - pelat penghantar
  3. Luas pelat penghantar

Kerusakan pada kondensor umumnya disebabkan karena tegangan yang diberi terlampau besar hingga melewati tegangan kerjanya, elektrolitnya terlampau kering atau dielektriknya terhembus sampai bocor. Berikut cara cek kondensor platina pada mobil yaitu:

  1. Melepas bagian kondensor dari dudukannya.
  2. Buang muatan dalam kondensor dengan menyentuhkan terminal pada selubung kondensor.
  3. Mengambil multimeter dan mengatur status tahanan multimeter pada tahanan maksimal.
  4. Sambungkan kabel negatif multimeter ke selubung kondensor dan kabel positif ke kabel kondensor. Bila jarum diam memiliki arti kondensor baik. Bila jarum bergerak memiliki arti kondensor rusak.
  5. Pengujian dapat dengan battery seperti berikut: Hubungkan terminal positif battery dengan lampu dan kabel kondensor dan kabel negatif battery pada selubung kondensor. Bila lampu tidak berpijar memiliki arti kondensor baik. Jika lampu berpijar memiliki arti kondensor rusak. Tukar kondensor dengan yang bagus dan yang kemampuannya sesuai saran pabrik.

Diatas adalah ulasan terkait cara cek kondensor platina pada sistem pengapian mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kondensor Platina Mobil: 5 Prosedur Dan Ulasannya"