Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang: 7 Pengecekan Dan Ulasan

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Dan Penyebabnya - Stang motor yang goyang kerap dirasakan oleh pengendara. Tentunya hal ini terdiri dari beberapa faktor penyebab dan cara memperbaikinya pun berbeda beda. Lalu bagaimana cara memperbaiki stang motor goyang?

Konsistensi stang bisa memengaruhi sopir dalam memakai sepeda motornya. Keadaan stang motor yang stabil, akan memberi perasaan aman yang semakin tinggi untuk sopir. Kebalikannya, keadaan stang motor yang goyang memberikan ancaman keselamatan dan keamanan sopir.

Konsistensi motor benar-benar diatur oleh keadaan stang. Jika stang motor goyang, maka mengganggu kenyamanan bekendara dan berefek menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu kita harus segerapa memperbaiki stang motor yang goyang hingga dapat berkendaraan secara stabil melalui beragam medan jalan.

Ada banyak penyebab stang motor goyang yang harus masbro kenali. Dengan ketahui pemicunya, pasti kita dapat ambil perlakuan yang pas untuk memperbaiki stang motor yang goyang. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbaiki stang motor goyang dan penyebabnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. 

cara memperbaiki stang motor goyang

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Motor yang dikemudikan tiap hari dengan teratur bisa jadi mengalami kerusakan pada bagian bagian tertentu. Kerusakan itu dapat memunculkan  atau menjadi faktor stang motor goyang. Hal ini sebenarnya sebagai hal yang biasa dan saat terjadi tidak boleh cemas.

Jika Anda alami permasalahan ini, ada banyak penyebab yang dapat di check lebih dulu. Seharusnya tidak boleh lanjutkan berkendaraan agar tidak terjadi kecelakaan. Berikut cara memperbaiki stang motor goyang dan penyebabnya diantaranya yaitu:

1. Check Keadaan Ban

Salah satunya penyebab stang motor goyang adalah keadaan ban yang telah tidak rata atau gundul. Cara memperbaiki stang motor goyang akibat keadaan ban yaitu dengan memeriksa ban depan dan belakang, apa keadaannya masih layak digunakan atau tidak. Jika sudah gundul, kami anjurkan untuk selekasnya menukar ban yang sesuai ukuran velg dan ukuran ban standard.

Ukuran ban juga punya pengaruh pada konsistensi motor. Jika ukuran kekecilan, seperti ban cacing maka menggangu konsistensi stang saat melalui polisi tidur atau jalanan berlumbang. Disamping itu, yakinkan tekanan angin sesuai dengan standar yang ada pada kendaraan.

2. Press Velg Jika Bengkok

Konsistensi motor kuat hubungannya dengan velg. Jika velg telah bengkok atau retak, karena itu automatis membuat stang motor goyang saat digunakan berkendaraan. Untuk ketahui keadaan velg triknya benar-benar mudah. Cara memperbaiki stang motor goyang akibat velg yaitu dengan memutar roda dan menyaksikan pergerakan roda. Jika ada yang goyang, karena itu memiliki arti ada sisi velg yang telah bengkok.

Lebih bagus cepat menukar velg yang lama dengan velg baru. Kalian dapat beli velg rossi atau velg TDR yang kwalitasnya telah bisa dibuktikan. Tetapi jika tidak ada uang untuk beli velg baru, karena itu kami anjurkan untuk pergi ketukang press velg supaya sisi yang bengkok dapat kembali seperti sebelumnya.

3. Memperbaiki Komstir

Bila keadaan ban dan velg masih bagus, karena itu peluang penyebab stang motor goyang karena permasalahan di bagian komstir. Komstir sendiri berperan supaya motor dapat membelok ke kiri dan ke kanan hingga stang dapat bergerak. Nach jika komstir alami kerusakan, karena itu automatis akan membuat stang motor goyang.

Cara memperbaiki stang motor goyang akibat hal ini yaitu dapat dengan cara menukar mangkuk dan bola-bola besi yang berada di dalam komstir. Umumnya elemen itu telah aus karena penggunaan yang sangat lama. Akhirnya komstir akan berasa oblak dan stang susash digerakan hingga membuat motor lenyap konsistensi.

4. Menukar Bearing Roda

Selainnya permasalahan pada komstir dan kaki-kaki, penyebab stang motor goyang adalah kerusakan pada bearing roda. Bearing sendiri berperan untuk jaga supaya as roda tidak langsung bersinggungan dengan rumah roda. Disamping itu, bearing mempunyai peranan untuk jaga konsistensi perputaran roda, hingga motor dapat meluncur secara stabil.

Dalam bearing ada bantalan peluru berwujud bundar yang dapat pecah setiap saat. Nach jika bantalan peluru itu pecah, karena itu konsistensi roda terusik dan jadikan stang goyang. Untuk memeriksa kerusakan itu, kita perlu menggoyang roda ke kiri dan ke kanan. Nach jika roda berasa oblak, karena itu dapat ditegaskan penyebab stang goyang adalah kerusakan pada bearing.

Bearing yang telah hancur akan susah diperbarui. Cara memperbaiki stang motor goyang akibat bearing yaitu harus beli bearing yang baru. Harga bearing motor cukup dapat dijangkau, jadi tidak jadi permasalahan asal motor kembali stabil dan nyaman dikemudikan.

5. Check Keadaan Shockbreaker

Beberapa orang yang belum mengetahui jika peranan khusus Shockbreaker adalah untuk menjaga konsistensi motor terutama saat berakselerasi. Perannya benar-benar sangat penting, maka janganlah sampai mengalami kerusakan. Terutama bila status shockbreaker telah tidak akurat atau tidak lempeng, tentunya akan menggangu konsistensi motor, khususnya saat menikung.

Kerusakan shockbreaker berikut yang jadikan stang tidak stabil dan berasa goyang. Kita harus selekasnya melakukan perbaikan supaya motor kembali stabil dan nyaman dikemudikan. Cara memperbaiki masalah ini yaitu membawa shockbreaker yang hancur ke bengkel kaki-kaki paling dekat. Kemungkinan kerusakan itu muncul karena bantalan shockbreaker yang hancur atau permasalahan yang lain.

6. Mengecek Segitiga Dudukan Stang

Cara mmemperbaiki stang motor goyang seterusnya adalah dengan mengecek segitiga dudukan stang. Pasalnya elemen itu berperan untuk menyambungkan di antara stang dan shockbreaker. Nach jika status shockbreaker kanan dan kiri yang ditaruh pada segitiga stang motor tidak akurat, maka jadikan stang goyang.

Penyebab permasalahan di atas bukan karena shockbreaker, tetapi segitiga dudukan stang yang tidak sejajar. Untuk menangani permasalahan ini perlu datang ke tukang press supaya status segitiga pada dudukan stang kembali akurat.

7. Pergi Ke Bengkel

Ke bengkel menjadi jalan keluar terbaik untuk memperbaiki stang motor goyang. Tetapi saat sebelum ke bengkel harus terlebih dulu ketahui apa pemicunya. Disamping itu, pilih bengkel yang paling dipercaya dan telah eksper dalam memperbaiki stang motor goyang.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki stang motor goyang beserta penyebabnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang: 7 Pengecekan Dan Ulasan"