Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Mili Oli Kompresor AC Mobil: Jumlah Takaran Standar Dan Resiko

Berapa Mili Oli Kompresor AC Mobil - Untuk menahan aus dan karatan pada kompresor AC, karena itu Anda harus pahami dan ketahui berapa jumlah ukuran oli kompresor AC mobil. Setiap tipe dan type mobil ini mempunyai jumlah ukuran oli kompresor untuk AC mobil yang berbeda. Lalu berapa mili oli kompresor ac mobil?

Saat sebelum mengisi ulang oli kompresor AC mobil. Anda harus pahami lebih dulu berapa jumlah kandungan ukuran oli kompresor yang sesuai kemampuan oli tank kompresor AC mobil. Janganlah sampai Anda mengisi oli kompresor terlampau berlebihan. Pengisian oli kompresor terlampau berlebihan ini bisa jadi memunculkan beberapa risiko dan permasalahan pada kompresor AC mobil.

Oleh karena itu perlu ditakar dengan baik sesuai dengan jumlah oli yang dibutuhkan untuk kompresor ac. Untuk lebih jelasnya terkait berapa mili oli kompresor ac mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

berapa mili oli kompresor ac mobil

Fungsi Oli Kompresor AC Mobil

Oli pada kompresor ac ini berperan sama sebagai mana peranan oli pada mekanisme mesin, yaitu untuk memulasi beberapa komponen pada kompresor ac mobil yang bergerak atau beberapa bagian yang sama-sama bersinggungan. Tujuan utamanya yaitu untuk melapisi atau membuat oil film pada elemen yang sama-sama bersinggungan. Akibatnya bisa meminimalkan gesekan di antara besi dengan besi lainnya pada elemen kompressor ac yang bisa mengakibatkan keausan pada elemen kompresor ac. Perbedaannya jika oli kompresor ini turut terlarut dan bersirkulasi bersama refrigerant dalam sistem ac.

Oleh karenanya kualitas dan kemampuan oli kompresor sangat penting untuk jadi perhatian. Dan yang terpenting adalah jumlah olinya harus sesuai spesifikasi yang ada. Pada sistem AC mobil yang memakai freon/refrigerant tipe R134a, oli kompresor ini jangan ditukar/digabung dengan oli yang dipakai pada sistem ac yang memakai refrigerant R12. Bila anda bawa ke bengkel ac, mekaniknya tentu tahu oli yang dipakai untuk refrigerant R134a dan oli kompresor yang dipakai untuk refrigerant tipe R12.

Berapa Mili Oli Kompresor AC Mobil

Seperti ulasan kami di atas, sesungguhnya terkait berapa mili oli kompresor AC mobil harus sama sesuai detil. Apabila tidak (contoh kurang) dapat mengakibatkan gesekan yang terlampau berlebihan. Hal ini terjadi di antara beberapa elemen yang ada di kompresor yang punya pengaruh penting pada sistem ac. Selain itu biasanya menyebabkan suara kasar pada kompressor AC mobil, sampai dapat menurunkan kemampuan pendinginan (biasanya ac tidak dingin).

Bila kita bandingkan antara oli kompresor dengan refrigerantnya maka oli kompresor ac mobil ini memiliki kekhasan yaitu personalitasnya yang lebih sulit untuk menguap. Sementara refrigerant personalitasnya adalah mudah menguap. Dari ketidaksesuaian ini, karenanya ketika diakukan satu penyempurnaan baik penggantian/pelepasan komponen seperti receiver/dryer, kondensor, evaporator, dan pipa ac, karenanya freon yang ada di komponen yang dilepaskan itu semakin mudah menguap dan oli kompresor tidak. Oli pada kompresor ini biasanya masih melekat (menempel) pada komponen yang dilepaskan itu.

Oleh karena itu jumlah oli yang ditambahkan adalah sama atau sekitaran oli yang ada di komponen yang dilepaskan/diganti itu. Terkait berapa mili oli kompresor ac tergantung proses perbaikan yaitu:

  1. Kosong Sekitar 250 mm3
  2. Kompresor AC 100 mm3
  3. Penggantian Kondensor 40 mm3
  4. Evaporator 40 mm3
  5. Receiver 10 mm3
  6. Pipa 10 mm3 per pipa

Tambahan oli kompresor sesudah dikerjakan penggantian elemen. Sebagai contoh jika kita menukar kondensor karena itu kita perlu menambah oli beberapa 40 mm3. Apabila kita menukar elemen yang lain seperti receiver, evaporator dan pipa maka perlu memperhatikan hal diatas.

Yang penting jadi perhatian adalah jika kita menukar/membedah kompresor, karena itu berapa mili oli kompresor ac mobil yang ditambah adalah sama di dalam jumlah ukuran oli yang ada di kompresor ac mobil yang sudah kita terlepas atau kita bedah.

Resiko Mengisi Oli Kompresor AC Mobil Terlalu berlebih

Setelah mengetahui berapa mili oli kompresor ac mobil, maka perlu diketahui resiko takaran oli yang salah diantaranya yaitu:

1. Pengurangan Perform Sistem AC Mobil

Jumlah ukuran oli kompresor ac mobil. Pengurangan perform sistem AC mobil ini jadi salah satu resiko pengisian oli kompresor AC mobil terlalu berlebih. Pengurangan perform sistem AC mobil ini dituruti dengan pengurangan suhu AC mobil.

Sampai, suhu pada kabin mobil ini dirasa kurang atau justru masih terasa panas. Karenanya, check kembali oli kompresor AC mobil Anda. Maka untuk mengisi oli kompresor AC jangan terlalu berlebih agar peran AC mobil tidak terganggu.

2. Berkurangnya Kekuatan Refrigerant AC Mobil

Peran refrigerant ini menyerap udara panas pada kabin mobil. Sampai, kabin cepat dingin dari hembusan udara AC mobil. Tapi, terkadang pengendara terasa panas atau panas mengakibatkan karena ketidak mampuan refrigerant untuk menyerap udara panas dengan maksimal.

Hal tersebut dikarenakan oleh pengisian oli kompresor AC mobil terlalu berlebih. Menyebabkan, oli kompresor akan merendam refrigerant. Pada akhirnya, refrigerant mobil tergenangi oli kompresor. Bila ini tidak sesegera ditangain. Karenanya, dapat dipertegas bila refrigerant akan mengalami kerusakan yang cukup fatal.

3. Kerusakan Pada Segi Kompresor AC Mobil

Dan resiko paling akhirnya pengisian oli kompresor terlalu berlebih adalah ada kerusakan di bagian kompresor AC mobil. Kompresor AC mobil ini bisa saja alami kerusakan dan tidak bisa diservis. Bila kompresor AC mobil remuk. Karenanya Anda harus membeli kompresor AC mobil di harga yang terhitung mahal, sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000 per unit.

Setiap mobil, baik mobil bertransmisi matic atau manual ini memiliki jumlah ukuran oli kompresor AC mobil yang lain. Karena itu, Anda harus mengisi oli kompresor sama sesuai jumlah ukuran oli kompresor ac mobil.

Diatas adalah ulasan terkait berapa mili oli kompresor ac mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Berapa Mili Oli Kompresor AC Mobil: Jumlah Takaran Standar Dan Resiko"