Ciri Ciri Komstir Rusak: 6 Gejala, Penyebab, Dan Cara Memperbaiki

Ciri Ciri Komstir Rusak, Penyebab, Dan Cara Memperbaiki - Komstir pada motor terkadang mengalami permasalahan yang membuat pengemudian tidak nyaman. Lalu apa ciri ciri komstir rusak? Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana cara memperbaikinya?

Komstir atau steering pada sepeda motor mempunyai peranan untuk meyeimbangkan dan mestabilkan stang motor. Disamping itu komstir mempunyai peranan untuk mengurangi terjadinya getaran saat motor dikontrol.

Elemen dalam komstir ini terbagi dalam bola-bola. Keadaannya harus selalu terbangun, dengan gemung yang harus dijaga jangan sampai kering. Hal ini karena kerap bersinggungan antara sisi bola-bola dan dinding komstir. Maka sekalipun rusak umumnya harus diganti sama yang baru jika ingin bidang kemudi balik kembali normal

Sayang, beberapa orang yang tidak paham apa gejala komstir yang rusak. Akibatnya pengujiannya cuma konsentrasi pada sekitar roda. Hal paling penting yang mengisyaratkan komstir bermasalah sebetulnya telah dapat terdeteksi semenjak awal.

Jika komstir motor telah memperlihatkan gejala kerusakan seharusnya selekasnya kerjakan pengujian periodik dan ganti bila perlu diganti. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri komstir rusak, penyebab, dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri komstir rusak

Ciri Ciri Komstir Rusak

Terdapat beberapa gejala atau ciri ciri yang muncul apabila komstir pada motor rusak diantaranya yaitu:

1. Muncul suara glutuk pada bagian kemudi/setang

Ciri ciri komstir mulai rusak atau bermasalah yang pertama adalah mengeluarkan bunyi yang mengusik seperti gelutuk. Bunyi itu akan kedengar saat kita lakukan pengereman, khususnya saat memakai rem depan. Disamping itu, suara gelutuk yang mengusik akan terdengar lebih keras saat sepeda motor melewati jalanan yang rusak dan berlubang.

2. Ada getaran pada tempat setang

Selain itu ciri ciri komstir yang rusak akan memunculkan getaran pada kemudi atau stang motor. Umumnya getaran terjadi karena komstir dapat berasa sampai ke semua anggota badan kita.

Apa lagi bila motor dikemudikan dengan kecepatan tinggi. Apabila didiamkan keadaan itu akan mencelakakan pengendara.

3. Setang susah dikontrol

Saat komstir mulai bermasalah, karena itu setang akan susah dikendarai bahkan juga tidak bisa dikendalikan sama sekali. Apabila sudah semacam itu, akan beresiko untuk pengendara sepeda motor dan orang disekelilingnya.

Pengendara yang masih tetap memaksakan memakai komstir yang rusak dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara yang hendak didapatkan. Saat ciri ciri komstir rusak, maka yang terjadi kesetimbangan menurun dan terjadi beberapa hal aneh seperti ingin belok kiri tetapi setang malah membelok ke kanan.

4. Berat

Pada kondisi tertentu, ciri ciri komstir rusak bisa juga membuat perputaran setang jadi berat saat dibawa manuver. Handling motor berasa kaku hingga pengendara kesusahan ketika akan membelok.

5. Oblak

Karena rusaknya komstir membuat keausan pada pelor bearing. Sesudah lama didiamkan, akan muncul gejala kendur, khususnya saat pelor itu mulai terlepas. Ini akan membuat komstir tak lagi konstan hingga dudukan setang akan berasa oblak dari as sisi tengah. Hal ini dapat menjadi ciri ciri komstir rusak.

6. Rem blong

Ciri ciri komstir rusak yang terakhir yaitu membuat ada jarak atau jarak ketika akan memakai rem depan. Mengakibatkan, jarak pengereman akan berbeda, bahkan juga berasa seperti rem blong karena tidak pakem ketika akan dipakai.

Jika medapati gejala itu, yakinkan untuk langsung memeriksa keadaan komstir di bengkel paling dekat. Apabila memaksakan jalankan motor dengan komstir rusak maka dapat terlalu beresiko. Selain kerugian untuk diri sendiri juga dapat merugikan pengendara lain.

Penyebab Komstir Rusak

Setelah mengetahui ciri ciri komstir rusak maka perlu diketahui pula penyebabnya. Komstir rusak biasa terjadi karena pemakaian motor yang buruk saat melalui jalan berlubang dan tempat yang curam. Hingga dudukan bola-bola atau pelor jadi gampang aus. Keausan ini dapat terjadi dikarenakan perawatan yang kurang terutama pengecekan grease atau gemuk yang terdapat pada komstir.

Saat komstir kering atau tidak ada gemuk maka setang jadi berat karena pelor aus. Akibatnya pelumasan kurang sehingga kemudi menjadi seret atau berat. Untuk menanganinya ganti satu set laher komstir baru. Berikut beberapa penyebab komstir rusak diantaranya yaitu:

1. Kerap membantai lubang dan melewati jalanan bergelombang

Penyebab komstir rusak yang pertama yaitu menghajar jalanan yang tidak rata. Kerap menghajar lubang rupanya bisa menghancurkan beragam elemen pada sepeda motor, bukan hanya ban tapi juga komstir.

Apa lagi bila menghajar lubang dengan kecepatan tinggi, karena itu tidak boleh bingung banyak elemen pada sepeda motor tidak tahan lama. Disamping itu, turunkan melewati jalan bergelombang dengan kecepatan tinggi, karena itu juga menjadi satu diantara faktor pemicunya.

2. Periode pemakaian

Sama dengan makanan, minuman dan beberapa elemen ban yang lain mempunyai periode pemakaian, komstir ada juga periode batasan pemakaiannya. Upayakan teratur memeriksa kondisi dari komstir kendaraan kita tiap enam bulan atau paling lama satu tahun sekali. Hal tersebut untuk jaga perform kendaraan, kenyamanan, dan keselamatan berkendaraan. Hal ini juga dapat menjadi faktor penyebab komstir rusak.

3. Tidak disetel sesuai standarnya dan tidak dirawat

Penyebab terakhir komstir rusak yaitu setelan yang tidak tepat. Komstir yang terlampau kencang atau terlampau kendor malah jadi tidak bagus. Seharusnya disetel sama sesuai keperluan dan ikuti saran pabrik. Disamping itu, pemilik sepeda motor seharusnya selalu teratur dengan meluangkan waktu ke bengkel buat memeriksa keadaan kesehatan dari komstir tersebut.

Cara Memperbaiki Komstir Rusak

Setelah mengetahui ciri ciri komstir rusak dan penyebab maka perlu diketahui pula terkait cara memperbaikinya. Penyebab komstir aus itu umumnya karena ada polisi tidur dan jalanan ancur langsung sikat saja . Maka tegangan di setang semakin besar, belum juga kalau suspensinya keras bermasalah juga.

Nach jika bunyi itu umumnya karena elemen besi-besi bundar atau mangkoknya aus terus kendor. Jadi bunyi jika ngerem atau menyikat jalanan yang tidak rata.

Untuk cara memperbaiki komstir rusak, umumnya bengkel akan memeriksa keadaan komstir dan menyetel hingga mangkok dan bola-bola besinya pas pada tempatnya. Disamping itu, pemberikan pelumas dibutuhkan supaya gesekan mangkok dan bola besi lebih lembut saat setang digerakkan.

Jika pelumasnya kering kan jadi besi sama besi gesekan, semakin lama bola besinya aus, bisa saja pelurunya yang habis atau tempat tinggalnya (mangkok). Dan untuk pergantiannya sendiri, elemen komstir sendiri dilaksanakan satus set sekalian. Khusus untuk motor matik, harga komstir sekitar Rp 93 ribu, sementara pelumasnya dibandrol Rp 12 ribu.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri komstir rusak, penyebab, dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Komstir Rusak: 6 Gejala, Penyebab, Dan Cara Memperbaiki"