Fungsi Armature Pada Motor Starter: Peran Dan Bagian Bagiannya

Fungsi Armature Pada Motor Starter - Dalam melaksanakan fungsinya, terdapat berbagai bagian dari motor starter, salah satunya armature. Bagian ini memiliki peranan yang sangat penting pada motor starter. Lalu apa fungsi armature pada motor starter? Apa saja bagian bagian dari armature pada motor starter?

Sistem starter sendiri memiliki peranan yang sangat penting pada kendaraan. Tanpa adanya mekanisme ini tentu kendaraan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi armature pada motor starter dan bagian bagiannya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi armature pada motor starter

Fungsi Armature Pada Motor Starter

Dari gambar di atas, fungsi armature pada motor starter terbagi dalam beberapa bagian satu diantaranya adalah armature core (inti), armature shaft (porosnya), armature coil (lilitannya) dan comutator yang kelak berkaitan dengan brush positif dan negatif.

Armature pada motor starter sebagai skema beberapa komponen yang ditata menjadi satu unit tidak terpisah sampai membuat armature. Fungsi Armature pada motor starter adalah untuk menukar energi listrik jadi energi gerak berwujud gerak putar.

Energi listrik yang diteruskan dari aki mobil, oleh Armature akan ditukar jadi medan magnet sampai medan magnet yang tercipta antara kumparan Armature dengan medan magnet yang ada pada kumparan medan (Field Coil) akan sama bereaksi dan sama tolak menolak sampai terciptalah gerak berputar pada armature.

Jumlah kumparan pada Inti Armature dapat mempengaruhi tenaga puntir yang dibikin oleh armature. Semakin jumlah kumparan yang digunakan karenanya tenaga puntir yang dibikin akan semakin kuat, selain itu putaran armature masih tetap stabil dan kuat.

Komponen Armature Pada Motor Starter

Berikut adalah nama beberapa komponen pembentuk armature pada motor starter dan peranannya yaitu:

1. Poros Armature (shaft)

Poros Armature (shaft) berfungsi jadi poros tempat armature dipasang sekaligus sebagai poros penyalur tenaga putar yang dibikin kumparan armature. Pada kedua ujung shaft armature masing-masing di sangkal oleh bearing yang memiliki arah agar armature dapat berputar dengan stabil di antara field coil.

2. Kumparan Armature; 

Kumparan armature sebagai skema kawat tembaga yang ditata memutari Inti armature di mana pada masing-masing ujungnya terhubung langsung dengan komutator.

3. Inti Armature

Inti Armature sebagai barisan plat besi yang ditata dan dibikin menjadi satu sampai jadi Inti armature. Inti armature ini digunakan sebagai tempat lilitan dan gulungan kumparan kawat tembaga yang berekor di komutator.

4. Komutator

Komutator sebagai barisan beberapa fragmen plat tembaga yang ditata melingkari poros armature dan sebagai ujung dari kumparan pada armature coil. komutator ini kelak akan terhubung dengan brush positif dan negatif.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi armature pada motor starter dan bagian bagiannya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Armature Pada Motor Starter: Peran Dan Bagian Bagiannya"