Susunan Per Daun Truk: Bagian Dan Fungsinya

Susunan Per Daun Truk - Salah satu sistem suspensi yang dipakai pada mobil adalah memakai per daun (leaf spring) yang sering ditemukan di truk. Lalu bagaimana susunan per daun truk? Dan apa fungsi per daun?

Bagian ini sebagai komponen kaki-kaki yang berperan untuk meredam bantingan seperti per keong. Perbedaannya, per daun dibuat seperti batangan besi tipis yang ditumpuk jadi satu. Karena memiliki bentuk lembar seperti daun, sering disebutkan per daun atau leaf spring.

Walau sedan dan mobil penumpang zaman saat ini mulai meninggalkan tehnologi per daun. Penahan bantingan ini benar-benar terkenal di zaman 70-an karena kekuatannya meredam beban lebih berat saat mobil diisi muatan besar baik barang atau penumpang.

Oleh karena itu per daun yang dari material logam besi ini. Saat ini sistem ini cuma dihandalkan untuk mobil komersil seperti truk atau minibus dan beberapa SUV tertentu. Untuk lebih jelasnya terkait susunan per daun truk akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

susunan per daun truk

Fungsi Per Daun Pada Mobil

Sebelum mengenal susunan per daun truk perlu diketahui fungsinya. Per daun terbagi dalam 3 sampai 10 helai pelat baja yang tebalnya 3-6 mm dan diatur jadi satu. Per daun ini diatur satu sama yang lain. Diatur dimulai dari pegas yang terpendek berada di bagian bawah dan yang paling panjang di bagian atas dan digabungkan dengan paku keling atau dibaut di bagian tengahnya. Per paling panjang (per khusus) pada ke-2 ujung pegas ini dibulatkan membuat mata per untuk memungkinkannya penempatan pada kerangka.

Per mode daun ini berwujud elip untuk memertinggi elastisitasnya. Besarnya wujud lengkung jika pada kondisi tanpa beban disebutkan camber. Tiap per daun memunyai wujud lengkung besar yang umum disebutkan "nip".

Untuk memberikan keyakinan jika semua pada kondisi kuat, karena itu gantungan per, ayunan per agar masih tetap terawat; terhitung pemulasan kesemua bagian yang dibutuhkan. Disamping itu, terhitung kebersihan per dari lumpur dan kotoran lain.

  1. Melanjutkan pergerakan dan beban kedaraan dari kerangka kendaraan ke rumah aksel dan roda-roda.
  2. Meredam style pencet yang beralih-alih dan menyebabkan munculnya style perlawanan yang beralih-alih pula; yang disebutkan pemegasan.
  3. Menahan berlangsungnya penekanan ke samping, hingga kendaraan tetap konstan melaju lempeng.
  4. Nip-nip bertambah besar jika per-per daun ini jadi pendek. Maksudnya untuk menahan terbukanya di antara per-per jika bebannya kurang memungkinkannya pasir atau beberapa barang lain masuk antara lembar-lembaran per. Selain itu bisa memunculkan gesekan di antara per-per. Per-per ini bisa menjadi lunak jika per ini jadi panjang dan meredam beban yang semakin besar jika jumlah per ditambahkan.

Susunan Per Daun Truk

Dalam penggunaannya, terdapat susunan per daun pada truk yang memiliki peran berbeda. Berikut susunan per daun truk yaitu:

1. Per Pembantu

Susunan per daun truk yang pertama yaitu per pembantu. Pada mobil - mobil yang besar dan mengusung beban super berat, umumnya akan terpasangkan per pembantu. Per pembantu ini dipasang di atas per khusus ( per daun ) untuk mengoptimalkan kinejanya.

Pers-per pembantu adalah per-per tambahan yang terpasangkan di atas per khusus (main spring), dipakai pada beberapa mobil truk dan kendaraan barang berat. Per-per pembantu ini bekerja bersama dengan per intinya jika kendaraan mengusung beban di atas jumlah yang ditetapkan.

Wujud dari per pembantu hampir serupa dengan per khusus. Tetapi memiliki bentuk lebih kecil dibandingkan dengan per khusus. Disamping itu untuk menahan berlangsungnya gesekan langsung di antara per dengan bagian chasis, karena itu terpasanglah hollow spring.

2. Hollow Spring

Selain itu, pada susunan per daun truk terdapat hollow spring. Hollow spring adalah potongan karet yang berlubang ditengah-tengah dan dibaut pada bagian atas axle, kontrol arm atau pada bagian frame yang berada di atas. Saat lubang tertutup dan udara terjebak pada lubang itu berperan sebagai per Hollow spring biasanya dipakai sebagai per tambahan membuat perlindungan frame dari bentrokan per.

Diatas adalah susunan per daun pada truk dan fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Susunan Per Daun Truk: Bagian Dan Fungsinya"