Fungsi Dan Cara Kerja Final Drive Pada Alat Berat

Fungsi Dan Cara Kerja Final Drive - Final drive sebagai salah satu elemen alat berat yang mempunyai fungsi penting. Tanpa final drive karena itu fungsi dari alat berat pasti tidak bisa bekerja yang baik. Lantas apa fungsi final drive? Bagaimana cara kerja final drive?

Final drive berperan supaya alat berat bisa membelok. Konsep kerjanya dengan membandingkan perputaran roda kanan dengan roda kiri pada alat berat. Untuk memperjelas berkenaan fungsi final drive dan cara kerja final drive akan diulas pada artikel di bawah ini.

fungsi dan cara kerja final drive

Fungsi Final Drive

Final drive adalah sebagai skema dari beberapa roda gigi yang biasanya berwujud 1 set roda gigi lurus dan 1 set roda gigi planet (planetary gear) sebagai roda gigi penggerak akhir. Fungsi final drive adalah untuk mereduksi perputaran yang dilanjutkan ke roda dan tingkatkan torsi atau momen.

Cara kerja final drive sama dengan ide kerja untuk transmisi, di mana terdapat pengurangan kecepatan putar dan tambahan torsi dengan gunakan ketidaksesuaian jumlah gigi untuk roda gigi. Dalam kata lain final drive manfaatkan gear ratio. Dalam melakukan fungsi final drive menghadapi beberapa keadaan seperti penekanan permukaan yang besar datang dari beban guncangan dan benturan, sampai memerlukan perhatian yang lebih. Terhitung dalam pergantian oli dan servis final drive secara periodik.

Perbedaan normal reduksi pada final drive umumnya 1:9 atau 1:12. Untuk ketidaksamaan reduksi yang lebih kecil digunakan pola reduksi tunggal (singgel reduction mekanisme). Untuk ketidaksamaan reduksi yang makin besar digunakan pola reduksi double (ganda reduction mekanisme) atau pola roda gigi planet (planetary gear mekanisme).

Cara Kerja Final Drive

Setelah mengetahui fungsi final drive maka perlu diketahui pula cara kerjanya. Berikut cara kerja final drive yaitu:

1.Di Saat Jalan lurus

Ketika kendaraan jalan pada lajur yang lurus atau jalan datar, tahanan gelinding (rolling resistance) untuk ke-2 roda penggerak (drive gear) relatif sama. Bila tahanan ke-2 poros axle belakang sama (A dan B) 

Pinion akan berputar-putar bertepatan dengan ring gear yang mengakibatkan perputaran dari ring gear turut dilanjutkan oleh pinion gear ke sisi side gear. Dengan demikian, pinion hanya berperanan untuk menghubungkan side gear segi kiri dan kanan, sampai menyebabkan ke-2 kutub axel berputar dengan RPM yang serupa.

2. Ketika membelok

Ketika kendaraan membelok ke kiri, tahanan roda kiri makin besar dibanding roda kanan. Bila differensial case akan berputar bersama ring gear karenanya pinion akan berputar untuk porosnya dan bergerak memutari side gear seblah kiri,sampai putaran side gear samping kanan semakin,yang mana jumlah putaran side gear satunya adalah 2x putaran ring gear. Ini dapat disebut bila putaran rata-rata ke-2 roda gigi adalah sesuai putaran ring gear.

Di atas sebagai ulasan berkenaan fungsi final drive dan cara kerja final drive. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Dan Cara Kerja Final Drive Pada Alat Berat"