Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Lampu Speedometer Mobil Mati: 4 Faktor Dan Cara Mengatasi

Penyebab Lampu Speedometer Mobil Mati - Terdapat berbagai permasalahan pada kendaraan, salah satunya lampu speedometer mobil mati. Umumnya permasalahan lampu speedometer mobil mati terjadi pada mobil yang telah berusia. Lalu apa saja penyebab lampu speedometer mobil mati? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nach, untuk mengatasi masalah lampu speedometer mobil mati itu, kamu harus juga memahami pemicunya. Ada banyak hal yang menjadi penyebab lampu speedometer mobil mati. Biasanya, lampu speedometer mobil mati karena permasalahan pada kelistrikannya.

Tetapi saat sebelum pahaminya cara menanganinya, bila mendadak lampu speedometer mobil mati yang pertama kamu kerjakan adalah tidak boleh cemas. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab lampu speedometer mobil mati dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab lampu speedometer mobil mati

Penyebab Lampu Speedometer Mobil Mati

Mengapa lampu speedometer mobil mati? Kamu harus selekasnya cari info penyebab lampu speedometer mobil mati. Karena bila tengah berkendaraan di tengah-tengah jalan, pasti akan menolong untuk menuntaskan permasalahan itu. Berikut beberapa faktor penyebab lampu speedometer mobil mati yaitu:

1. Ada Permasalahan di Mekanisme Kelistrikan Mobil

Penyebab pertama lampu speedometer mobil mati adalah permasalahan kelistrikan. Kelistrikan pada mobil membuat lampu berpijar begitu halnya speedometer. Cara kerja speedometer tidak dipisahkan dari kelistrikan karena kehadiran listrik berikut yang membuat elemen speedometer bisa bekerja.

Serangkaian kabel pada speedometer yang mengucur listrik dan alami permasalahan menjadi penyebab intinya. Kerusakan dapat muncul karena kabel atau socket yang putus dan saluran listrik juga berhenti.

Pengecekan sisi kabel yang tersambung dengan speedometer harus dilihat pertama kalinya. Anda dapat memeriksa apa ada saluran listrik pada kabel itu atau mungkin tidak. Bila tidak karena itu seharusnya selekasnya tukar dengan kabel yang baru.

Mekanisme kelistrikan yang konslet umumnya bukan hanya memengaruhi speedometer saja tapi juga elemen lain. Misalkan saja lampu mobil yang berpijar redup atau mobil sulit untuk distarter.

2. Panel Speedometer yang Error

Penyebab speedometer mobil mati yang ke-2 adalah kerusakan pada panelnya. Sesudah Anda memeriksa mekanisme kelistrikan rupanya tidak alami permasalahan, karena itu check panelnya. Kerusakan lebih umum terjadi di bagian panel speedometer ini.

Di saat panel speedometer hancur ada dua hal yang hendak terjadi. Pertama jarum petunjuk atau angka yang ada mulai kelihatan kabur. Ke-2 speedometer akan mati keseluruhan yang mengakibatkan cemas.

Kerusakan langsung bisa terjadi bila satu panel saja mulai error yang membuat tanda panel tidak bekerja maksimal. Pengujian dapat dilaksanakan dengan manfaatkan scan tool, alat ini benar-benar berguna untuk ketahui panel yang mana perlu ditukar.

3. Sensor Speedometer Tidak Kembali Bekerja

Selain itu adalah permasalahan pada sensor speedometer. Sensor yang ada di sisi transmisi berikut yang berperanan besar untuk mengetahui tingkat kecepatan kendaraan. Khusus untuk speedometer digital sensor ini umumnya sejenis optik dengan perawatan gampang.

Namun sensor yang hancur dapat menjadi penyebab speedometer mobil mati. Misalkan saja sisi socket jadi kendur atau transduser yang aus. Mengakibatkan kecepatan mobil juga tidak bisa dijumpai.

Sensor yang hancur memengaruhi hidup lampu cek engine berpijar pada mobil injeksi. Dan untuk kendaraan yang manfaatkan rem ABS, sensor ini terpasang malah di bagian roda mobil.

Bila terletak di roda mobil, karena itu saat rem ABM hancur karena itu sensor alami permasalahan. Anda perlu memeriksa sisi rem ABM sekalian sensor speedometer ini, bila hancur cepatlah membawa ke bengkel sah paling dekat.

4. Karat

Penyebab speedometer mobil mati yang terakhir bisa disebabkan berkarat. Speedometer bisa berkarat karena bungkusukan air saat banjir atupun hujan. Itu penyebabnya, mobil yang tergenang air harus selekasnya dibikin bersih.

Kerjakan pengecekan keseluruhannya karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang tinggi. Elemen besi atau logam bisa diserang karat bila terus terserang air hujan.

Karat bisa juga menebar ke sisi unit yang lain bila didiamkan. Disamping itu, ini bisa saja sarang jamur dan bibit penyakit. Karat pada kabel speedometer dapat putuskan mekanisme listrik.

Korosi ini tidak cuma bisa serang speedometer, tapi juga mesin mobil. Selekasnya membawa ke bengkel dan tukar unit sama yang baru.

Cara Memperbaiki Lampu Speedometer Mobil Mati

Bila kamu telah memahami tanda yang ada di speedometer. Karena itu bila ada kerusakan, kamu harus juga memahami cara memperbaiki lampu speedometer mobil mati. Untuk melakukan, sebetulnya ada cara simpelnya buat kamu ketahui bersama. Berikut cara memperbaiki lampu speedometer yang hancur.

1. Check keadaan accu

Hal pertama kali yang dapat kamu kerjakan untuk memperbaiki lampu speedometer adalah dengan buka kap mobil untuk mengecek keadaan accu.

Awalnya, lihat adakah mur atau baut yang kendur dan malah menjepit kutub accu. Bila ada, karena itu kencangkanlah dahulu baut dan mur itu.

Ini supaya baut dan mur masih tetap melekat pada kutub accu. Selanjutnya, bila kamu menyaksikan ada kotoran seperti karat atau serbuk putih di kutub accu.

Coba untuk membersihkan pasang lagi. Hal ini dikarenakan kotoran dapat menghambat aliran arus listrik pada aki mobil.

2. Check sekring

Selainnya check accu, kamu perlu mengecek sekring ini untuk ketahui apa penyebab lampu tanda mati karena oleh ada permasalahan pada sekring.

Bila memiliki masalah, coba pinjam Engine Kontrol Unit (ECU) dari mobil lain untuk ketahui apa lampu cek engine masih hidup atau mungkin tidak.

3. Check kabel putus

Cara memperbaiki lampu speedometer mobil mati yang terakhir adalah saat lampu tanda mobil mati karena itu periksalah semua kondisi kabel.

Ingat lampu tanda mobil erat hubungannya dengan faktor kelistrikan, kondisi kabel yang buruk atau putus akan mengusik saluran listrik.

Bila kamu betul-betul pahami sangkut-paut kabel dan kelistrikan pada mobil, tidak ada kelirunya memercayakannya pada mekanik eksper.

Ada saatnya permasalahan lampu mobil mati semuanya cuma terjadi sebentar dan saat kamu starter ulangi, tidak ada permasalahan memiliki arti.

Tetapi tidak berarti hal itu tidak ada permasalahan kelistrikan mobil. Bisa saja lampu tanda mobil mati adalah signal jika ada masalah minor.

Cara Merawat Speedometer Mobil

Untuk merawat speedometer tidak susah kok, apa lagi speedometer bukan elemen yang peka pada mobil. Pins bisa ikuti cara di bawah ini supaya performa speedometer masih tetap optimal!

  1. Teratur bersihkan speedomerter dengan lap mikrofiber.
  2. Selekasnya keringkan sisi speedometer yang terserang ari karena air yang meremebes.
  3. Jagalah speedometer dari cahaya matahari dengan cover khusus saat mobil diparkirkan.
  4. Jauhi terjang banjir dengan mobil.
  5. Parkir mobil di lokasi yang teduh untuk jaga keawetan cat mobil dan speedometer.
  6. Teratur check sisi yang tersambung dengan sumber listrik, terhitung accu mobil.
  7. Tukar oli mobil secara periodik.
  8. Jauhi mobil dari medan magnet yang kuat sebab bisa menghancurkan instrument ukur, seperit jarum petunjuk.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab lampu speedometer mobil mati dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu Speedometer Mobil Mati: 4 Faktor Dan Cara Mengatasi"