Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Excavator Dan Fungsinya: 3 Macam Dan Penggunaannya

Jenis Excavator Dan Fungsinya - Dalam penggunaan excavator di berbagai pekerjaan konstruksi memiliki peran dan fungsional yang berbeda. Oleh karena itu untuk menyesuaikan fungsinya terdapat berbagai jenis atau macamnya. Lantas apa jenis excavator dan fungsinya?

Excavator adalah perlengkapan yang terbagi dalam rangkaian lengan dan keranjang yang berperan untuk proses pengerukan. Excavator mempunyai kekuatan pengerukan permukaan tanah secara efektif. Maka dari itu tidaklah aneh alat ini kerap diketemukan pada tugas konstruksi, perkebunan, atau pertambangan.

Tetapi fungsi atau manfaat excavator tidak hanya terbatas pada pengerukan saja tetapi ada beragam fungsi yang lain. Fungsi lain excavator seperti penggalian, perpindahan material, merusak bangunan. Untuk jalankan beragam fungsi itu karena itu ada beragam jenis excavator.

Tiap jenis excavator mempunyai fungsi dan peran yang berlainan. Maka dari itu pemakaianya harus juga disamakan dengan keperluan. Untuk memperjelas berkenaan jenis excavator dan fungsinya akan diulas selanjutnya pada artikel di bawah ini.

Jenis Excavator Dan Fungsinya

Ada banyak jenis excavator yang mempunyai fungsi tertentu dan samakan dengan keperluan. Berikut jenis excavator dan fungsinya:

1. Crawler Excavator

Crawler excavator sebagai jenis excavator yang umum dan kerap diketemukan. Crawler excavator mempunyai fungsi untuk proses pengerukan atau penggalian permukaan tanah. Excavator jenis ini mempunyai bucket memiliki ukuran kecil.

Crawler excavator mempunyai roda berwujud trek yang bisa dipakai untuk permukaan jalan yang extrem seperti berlumpur, dan lain-lain. Tetapi mobilisasi yang dibuat tentu saja semakin lebih rendah dibanding alat yang lain memakai roda ban sebagai pendorong.

jenis excavator dan fungsinya

2. Backhoe Excavator

Backhoe excavator sebagai jenis excavator yang dipakai untuk mengalihkan material dari 1 tempat ke arah tempat lainnya. Alat ini mempunyai wujud yang lebih solid dan mempunyai roda berwujud ban karet. Sama ini karena itu backhoe excavator mempunyai mobilisasi yang semakin tinggi dibanding crawler excavator.

Backhoe excavator mempunyai wujud bucket yang semakin besar. Fungsinya supaya material yang diangkut dapat banyak hingga efektivitas tugas semakin lebih maksimal.

jenis excavator dan fungsinya

3. Dragline Excavator

Dragline excavator adalah salah satunya jenis excvator yang mempunyai ukuran yang besar. Dragline excavator mempunyai fungsi khusus untuk perpindahan material yang memiliki ukuran besar. Fungsi dragline excavator hampir serupa dengan crawler tetapi pemakaiannya dapat luas dan efisien.

Berlainan dengan excavator yang lain, dragline excavator tidak memakai tenaga hidrolik. Excavator ini memakai kawat baja yang diambil untuk gerakkan bucket.

jenis excavator dan fungsinya

Di atas sebagai ulasan berkenaan jenis excavator dan fungsinya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

1 komentar untuk "Jenis Excavator Dan Fungsinya: 3 Macam Dan Penggunaannya"

  1. Amazingly helpful which you have shared here. I am impressed by the details and also it is a significant article for us. Continue imparting this sort of info for BIDWELL Construction Equipment For Sale in USA, Thank you.

    BalasHapus