Fungsi Control Valve Pada Alat Berat: 3 Peran Dan Jenis Jenisnya

Fungsi Dan Jenis Control Valve - Dalam sebuah alat berat peran control valve sangat penting. Control valve pada alat bermanfaat untuk atur mekanisme hidrolik agar bekerja seperti mestinya. Lantas apa sich fungsi dan jenis control valve pada alat berat?

Pada alat berat manfaatkan hidrolik karena sanggup hasilkan tenaga yang besar dengan tenaga yang kecil. Disamping itu keselamatan dan keamanan mekanisme hidrolik lebih terjaga. Disamping itu sebagian besar alat berat manfaatkan mekanisme hidrolik ini walau ada yang digabungkan dengan mekanisme mekanikal.

Dalam sebuah serangkaian mekanisme hidrolik dibutuhkan beberapa elemen satu diantaranya control valve. Walau dalam kerjanya, control valve masih dikelompokkan jadi beberapa jenis. Jenis control valve ini disamakan dengan keperluan pada serangkaian mekanisme hidrolik. Untuk memperjelas berkenaan control valve baik fungsi dan jenis akan diulas lebih komplet pada artikel di bawah ini.

fungsi control valve

Fungsi Control Valve

Control valve pada alat berat berfungsi untuk atur saluran minyak pada mekanisme hidrolik. Tetapi lebih detil fungsi control valve ada 3 yaitu:

1. Meningkatkan Penekanan Minyak Fluida

Fungsi control valve yang pertama adalah meningkatkan penekanan minyak fluida. Sebetulnya fungsi khusus yang meningkatkan penekanan fluida adalah pompa hidrolik. Tetapi control valve dapat meningkatkan penekanan fluida meskipun dalam intensif yang kecil. Control valve akan mempersempit ruangan saluran hingga mengakibatkan penekanan fluida akan bertambah.

2. Atur Jumlah Minyak Fluida

Fungsi control valve yang ke-2 adalah atur jumlah minyak fluida yang disedot oleh pompa hidrolik dan dipakai sebagai kerja mekanisme hidrolik pada alat berat. Control valve di sini berperanan sebagai keran yang hendak buka dan tutup saluran fluida dan pastikan fluida yang mengucur ke power silinder sesuai keperluan.

3. Atur Arah Saluran Minyak Fluida

Untuk mekanisme hidrolik yang terbagi dalam beberapa aliran, karena itu control valve akan buka dan arahkan saluran fluida ke mekanisme hidrolik yang memerlukan. Sebagai contoh power silinder yang bekerja adalah sisi tilt silinder, karena itu fluida akan ditujukan mengucur ke sisi tilt silinder.

Jenis Control Valve

Berdasar beberapa fungsi di atas karena itu control valve terbagi dalam beberapa jenis. Untuk memperjelasnya berikut sebagai ulasan berkenaan jenis control valve.

1. Pressure Control Valve atau Katup Pengatur Penekanan

Pressure control valve sebagai salah satunya jenis control valve yang mempunyai fungsi sebagai katup pengatur penekanan. Cara mengatur penekanan fluida pada pressure control valve adalah dengan kembalikan semua atau beberapa fluida ke bak jika penekanan di dalam mekanisme hidrolik melewati standard.

Pressure control valve lebih dikenali bernama relief valve. Relief valve ini berfungsi untuk batasi penekanan maksimal pada mekanisme supaya tidak ada kerusakan pada mekanisme seperti macet, terbakar, atau bocor pada ikatan. Relief valve akan kembalikan fluida ke bak saat penataan penekanan terwujud.

Penataan relief valve ini memakai pegas atau spring. Makin kuat penekanan pegas karena itu makin tinggi penekanan maksimal pada mekanisme begitupun kebalikannya. Maka dari itu umumnya pada relief valve disedikan sekrup pengontrol penekanan.

Jika penekanan masih di bawah standard karena itu fluida belum sanggup menaklukkan kemampuan pegas. Saat penekanan mulai naik karena itu fluida akan menaklukkan pegas hingga aliran akan terbuka dan mengakibatkan beberapa fluida akan mengucur kembali lagi ke bak.

jenis control valve

Pressure control valve ini terdiri jadi tiga jenis berdasar konstruksinya. Jenis pressure control valve itu yaitu

  1. Type poppet yaitu pressure control valve yang konstruksinya terbagi dalam valve, spring, adjusting screw, dan shim atau nut..
  2. Type piston yaitu pressure control valve yang konstruksinya terbagi dalam piston.
  3. Type Pilot yaitu katup pressure control valve ini sama dengan type poppet dalam melepaskan penekanan oli namun berlainan saat akhir pembebasan olinya dan gampang dalam atur penekanan seperti gampangnya saat melepaskan oli. Proses naiknya penekanan akan mengakibatkan pilot valve terbuka hingga penekanan pada balance chamber turun dan main valve mengarah ke kanan yang seterusnya buka aliran yang semakin besar.
  4. jenis control valve

2. Flow Control Valve

Flow control valve sebagai salah satunya jenis control valve pada alat berat yang berfungsi untuk atur saluran fluida yang masuk ke aktuator. Saluran fluida yang mengucur ke aktuator harus terbatasi supaya kecepatan power silinder bisa terbatasi sama sesuai keperluan. Ada banyak jenis flow control valve yaitu:

jenis control valve
  • Throttle Valve berfungsi untuk menyalurkan fluida ke dua arah tetapi arah kembali diperkecil. Throttle valve sering dipakai pada power silinder jenis lift.
  • Vacuum valve berfungsi untuk menahan berlangsungnya kevakuuman pada mekanisme hidrolik. Vacuum valve kadang dikenali bernama suction valve, intake valve, dan antivoid valve. Katup ini berada di antara actuator dan control valve.
  • Flow cek valve atau flow reducing valve berfungsi untuk kurangi jumlah fluida yang mengucur di dalam aktuator hingga pergerakan power silinder melamban sesuai beban.
  • Flow divider valve berfungsi untuk membagikan saluran fluida jadi dua arah yang mana satu diantaranya stabil.
  • Permintaan valve berfungsi untuk atur saluran fluida yang masuk ke steering supaya selalu stabil.
  • Quick turun valve berfungsi untuk mempecepat proses pengurangan blade saat control valve dalam status low dengan menyalurkan fluida dari silinder head ke bottom silinder.
  • jenis control valve

3. Directional Control Valve

Directional control valve sebagai salah satunya jenis control valve yang dipakai pada alat berat. Katup ini dipakai untuk mengatur dan arahkan pergerakan aktuator. Cara pengaturan pada katup directional control valve adalah dengan mengubah arah atau memutuskan saluran fluida.

jenis control valve
Dalam pemakaian directional control valve terbagi dalam beberapa jenis yaitu katup 3/2, katup 4/3, cek valve. Tiap jenis katup mempunyai pemakaian yang berbeda atau disamakan dengan keperluan.

Katup 3/2 mempunyai makna sesungguhnya pada katup itu mempunyai 3 biji lubang dengan 2 status. Dalam pada itu katup cek valve cuma akan menyalurkan fluida pada satu arah.
jenis control valve

Di atas sebagai ulasan berkenaan control valve pada alat berat baik dari sisi fungsi control valve atau jenis control valve. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan

Posting Komentar untuk "Fungsi Control Valve Pada Alat Berat: 3 Peran Dan Jenis Jenisnya"