Alat Berat Motor Scraper: Fungsi, Bagian, Dan Cara Kerja

Alat Berat Motor Scraper - Motor scraper adalah salah satunya jenis alat berat yang kerap diketemukan pada berbagai pekerjaanb konstruksi. Lantas apa sich fungsi dari motor scraper? Apa bagian dari motor scraper? Bagaimana cara kerja motor scraper?

Motor scraper memiliki 4 fungsi sekalian, yakni mengeruk, isi material, mengangkat, dan membedah muatan. Bahkan kadang, scraper digunakan untuk meratakan permukaan tanah atau menebar hasil pengerukan dalam beberapa formasi. 

Untuk memperjelas berkenaan fungsi, bagian, dan cara kerja motor scraper akan diulas lebih komplet pada artikel di bawah ini.

alat berat motor scraper

Fungsi Motor Scrapper

Alat berat scraper adalah alat berat yang mempunyai fungsi atau dipakai untuk mengeruk, mengangkat, dan menabur tanah hasil pengerukan secara berlapis. Alat berat scraper dapat dipakai sebagai alat pengangkut material dalam jarak yang lumayan jauh (± 2000 m) untuk tanah datar dengan alat penggerak roda ban. Dalam pemakaiannya, fungsi motor scraper harus disamakan dengan karakter material yang ditangani misalnya:

  1. Panjang jarak yang dilakukan.
  2. Keadaan jalan.
  3. Alat tolong yang diperlukan.

Scraper terbagi dalam beberapa macam yakni scraper yang diambil atau towed scraper, scraper yang mempunyai motor atau motorized scraper dan scraper yang isi sendiri atau self loading scraper. Towed scraper umumnya diambil memakai sebuah traktor dengan kekuatan mesin 300 HP atau dapat lebih. Scraper tipe towed bisa memuat material dimulai dari 8 sampai 30 mtr. kubik.

Seperti disebutkan awalnya, fungsi motor scraper dipakai untuk pengerukan beragam susunan atas. Susunan atas yang dikeruk bisa capai kedalaman 10 cm sampai 30 cm. Tetapi jika lokasi yang dikeruk luas karena itu dibutuhkan perlengkapan tambahan yang bisa menambahkan berat alat sekitaran 10-15%. Alat tambahan ini berbentuk conveyor yang ada pada self loading scraper. Dengan demikian fungsi alat berat motor scraper bisa meloading atau mengusung material hasil kerukan.

Disamping itu, scraper dapat digunakan untuk meratakan tanah di sekitar bangunan. Tetapi jika jarak tempuh kurang dari 100 m biaya penggunaan alat ini harus dibanding lebih dulu dengan biaya penggunaan dozer atau grader.

Bagian Motor Scraper

Setelah mengetahui fungsi motor scrapper perlu diketahui pula bagian bagiannya. Alat berat scraper terbagi dalam beberapa bagian. Tiap bagian mempunyai peran dan fungsi yang berbeda. Berikut beberapa bagian motor scrapper diantaranya:

1. Bowl

Bowl merupakan bagian motor scraper sebagai bak yang dipakai untuk berisi muatan material yang terketak antara ban belakang. Segi bibir atau depan bowl memiliki ujung yang tajam yang berperanan untuk mengeruk permukaan atau susunan material.

Pada keadaan penuh, bowl ini sanggup berisi sekitar 3 sampai 38 mtr. kubik. Selain sebagai tempat penampung material, bak ini juga dapat berperanan sebagai pengeruk dan pembongkar muatan dengan digerakkan ke bawah.

2. Apron

Apron adalah bagian motor scrapper berupa dinding bowl bagian depan yang bisa diangkat atau dibuka saat dipakai untuk proses mengeruk atau membedah muatan. Dalam pada itu saat bowl sedang berisi muatan karena itu apron akan tutup supaya muatan tidak tumpah.

3. Ejector/Tail gate

Ejector atau tail gate sebagai dinding di bagian segi belakang bowl yang digunakan ketika dilaksanakan perombakan muatan. Tiap segi ejector akan bergerak saat bekerja hingga material atau muatan yang ada pada bowl bisa secara mudah dikeluarkan.

Cara Kerja Motor Scraper

Secara umum, cara kerja alat berat motor scraper terdiri jadi 3 tahap yakni pengerukan dan pemuatan material, pengakutan material, dan perombakan muatan. Pengerukan dan pemuatan material dikerjakan di saat yang bertepatan. Di saat dilaksanakan pengerukan ini, segi apron scraper terbuka hingga berperanan seperti sekop yang mengeruk permukaan tanah/material. Hasil pengerukkan ini langsung akan akan disimpan dalam bowl.

Setelah bowl penuh, karena itu apron akan ditutup dan dimulailah langkah seterusnya, yakni pengiriman. Di saat pengakutan ini, segi bowl akan diangkat sedikit hingga material yang ada di dalam bowl tumpah atau tertinggal. Perombakan material pada scraper biasanya dilaksanakan dengan bertahap dikit demi sedikit. Segi apron bisa dibuka-tutup berulang-ulang atau secara bertahap sampai segi depan bowl kosong saat dilaksanakan proses perombakan. Selanjutnya, segi ejector akan menggerakkan material ada di belakang bowl.

Di atas sebagai ulasan berkenaan motor scraper baik fungsi motor scraper, bagian motor scraper, dan cara kerja motor scraper. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Alat Berat Motor Scraper: Fungsi, Bagian, Dan Cara Kerja"