Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel: Spesifikasi Dan Ulasannya

Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel - Tekanan bahan bakar yang keluar nozzle, betul-betul punyai dampak pada perform mesin diesel. Oleh karena itu, penting menyetel nozzle agar mesin diesel dapat menghasilkan tenaga yang maksimal. Lalu berapa ukuran tekanan nozzle mesin diesel?

Nozzle sebagai komponen mesin diesel yang mempunyai peranan sebagai pengkabut bahan bakar. Hasil pengkabutan akan mempengaruhi hidup dan tidaknya mesin diesel saat dihidupkan. Maka dari itu proses keluarnya bahan bakar yang terpancar dari nozzle harus benar-benar tepat.

Tekanan nozzle yang bagus, dapat dilihat dari dari sinaran bahan bakar yang kuat dan mengembang. Atau bisa dituruti dari bunyi tekanan bahan bakar saat mesin diesel itu diengkol. Bunyi tekanan itu akan terdengar keras dan mempunyai tenaga.

Untuk menghasilkan tekanan bahan bakar yang bagus, perlu dikerjakan keprekelan pada nozzle. Proses geprekelan nozzle itu dapat dikerjakan saat mesin diesel pada keadaan mati atau hidup. Untuk memperjelas berkaitan ukuran tekanan nozzle pada mesin diesel akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ukuran tekanan nozzle mesin diesel

Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel

Tekanan nozzle diesel yang kurang akan membuat mesin tidak bekerja maksimal. Tekanan pada injektor diesel common rail saat ini besar sekali. Hal termudah dirasakan pada mobil adalah putaran mesin tidak stabil.

Pengujian tekanan injektor nosel ini memiliki arah untuk kenali berapakah tekakanan yang dibutuhkan agar injektor dapat mengkabut. Tekanan injeksi yang terlalu rendah atau tinggi akan membuat pengkabutan oleh injektor nosel jadi tidak baik. sampai tekanan injeksi ini perlu disetel pada tekanan detilnya.

Pengujian tekanan injektor nosel dapat dikerjakan dengan menggunakan alat nozzle tester. Gunakan injektor nosel pada alat nozzle tester dan optimis bak tampungan bahan bakar pada alat nozzle tester telah berisi penuh oleh bahan bakar solar.

Lakukan langkah pembuangan udara pada saluran bahan bakar pada alat nozzle tester. Tekan tuas pompa nozzle tester dan baca hasil penyeleksian tekanan yang berada di pressure gauge.

Untuk ukuran tekanan nozzle mesin diesel baru yaitu 151 - 159 kg/cm2 dan untuk injektor lama adalah 145 - 155 kg/cm2 (supaya makin tepatnya, tonton pada buku petunjuk motor diesel itu).

Jika hasil tekanan tidak sesuai dengan nilai detil karenanya lakukan keprekelan dengan menambahkan shim ke injektor sampai didapatkan tekanan injektor sama sesuai detil.

Di atas adalah ulasan terkait ukuran tekanan nozzle mesin diesel. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ukuran Tekanan Nozzle Mesin Diesel: Spesifikasi Dan Ulasannya"