Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Pompa Solar Ngempos: 3 Faktor Dan Ulasan

Penyebab Pompa Solar Ngempos - Terdapat berbagai permasalahan pada mesin diesel salah satunya yaitu pompa solar ngempos. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lalu apa saja penyebab pompa solar ngempos?

Pompa solar adalah komponen khusus pada mekanisme bahan bakar mesin diesel. Elemen ini berperanan sebagai penekan bahan bakar, karenanya performnya harus menjadi perhatian. Karena jika pompa solar itu aus atau rusak, karena itu mengakibatkan mesin diesel susah hidup atau malah tidak bisa hidup sama sekalinya.

Kerusakan pada bagian pompa solar, dapat dilihat hasil dari injeksi nozzle yang lemah. Ini dapat dijumpai dari lenyapnya bunyi tekanan solar saat mesin diesel dihidupkan. Kebalikannya jika kondisi pompa solar masih bagus, akan kedengar bunyi sama jangkrik saat mesin hidup.

Selainnya dari bunyi tekanan nozzle, pompa solar yang rusak bisa ditemui melalui tanda lainnya. Agar semakin detail, berikut beberapa faktor penyebab pompa solar ngempos.

penyebab pompa solar ngempos

Penyebab Pompa Solar Ngempos

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengenal pompa solar mesin diesel yang alami kerusakan. Ini penting untuk dimengerti untuk yakinkan apa persoalan yang ada pada mesin diesel disebabkan karena perform pompa solar yang turun. Berikut penyebab pompa solar ngempos:

1. Udara masuk lewat saluran tanki karena kekurangan solar

Penyebab pertama pompa solar ngempos terjadi saat kondisi tanki bbm kosong atau tempatnya sedikit. Ini wajar terjadi saat tidak ada supply dalam tanki, udara akan masuk dengan gampang dan bukan hanya sedikit tapi pada volume banyak. Hasilnya saat anda kerjakan pengisian solar, mesin masih tetap sulit dihidupkan.

Karena letak masalahnya belum tersudahi yaitu udara yang masuk ke proses baru saja. Karenanya proses start mesin akan sulit, saat ini terjadi jangan memaksakan selalu untuk distart karena dapat habiskan voltage baterai.

2. Penggantian filter solar

Filter solar masuk ke internal fuel suply, yang berposisi ditengahnya tengah antara pompa injeksi dan tanki bbm. Saat anda kerjakan penggantrian filter, otomatis kita harus membuka sauran in dan out solar. Saat berikut proses bahan bakar terputus dan menyebabkan udara masuk.

Selain itu, jika mobil anda menggunakan proses filter yang bisa diambil langsung tidak perlu membuka selang juga bisa masuk angin dan menyebabkan pompa solar ngempos. Saat anda melepas element filter, karena itu ada curah solar dalam filter. Saat anda memasang filter baru, karenanya ruang itu kosong. Sebenarnya ruang itu tidak kosong karena ada banyak udara dalam filter. Dan saat mesin dihidupkan, udara itu akan terlilit dalam proses fuel.

3. Pelepasan komponen injektor/selang bahan bakar

Selain dari solar, injektor sendiri sebagai ujung tombak proses bahan bakar diesel betul-betul berpotensi menjadi penyebab pompa solar ngempos. Sama kejadiannya, saat ada error pada bagian injektor otomatis kita perlu buka untuk kerjakan penyempurnaan. Saat proses pelepasan injektor karenanya udara bisa masuk ke selang dan saat injektor dipasang kembali karenanya udara itu akan terlilit.

Jalan keluar masaah diesel masuk angin yaitu dengan kerjakan proses bleeding. Apa itu bleeding ? skema ini dipelajari seperti pembuangan angin pada proses rem hidrolik, di mana memiliki karakter yang sama dengan proses bahan bakar diesel. Tapi karena proses bahan bakar tidak memiliki tuas seperti rem karenanya ada komponen khusus namanya primming pump yang ada pada line proses bahan bakar diesel.

4. Kerusakan Pompa Solar

Hal terakhir penyebab pompa solar ngempos tentu berasal dari kerusakan pompa solar itu sendiri. Apabila berbagai elemen yang ada di pompa solar rusak tentu tidak dapat melakukan penekanan bahan bakar. Akibatnya pompa solar ngempos atau ketidakmampuan penekanan bahan bakar.

Begitu sebagai pembahasan berkenaan penyebab pompa solar ngempos. Mudah-mudahan menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Pompa Solar Ngempos: 3 Faktor Dan Ulasan"