Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tekanan Injektor Terlalu Tinggi Atau Rendah: 7 Faktor Dan Ulasan

Penyebab Tekanan Injektor Terlalu Tinggi - Didalam penggunaannya, tekanan injektor perlu dijaga agar tidak terlalu tinggi maupun rendah. Hal ini karena akan mempengaruhi kinerja mesin d ciesel. Lalu apa saja penyebab tekanan injektor terlalu tinggi?

Kita ketahui bahwasanya injektor merupakan salah satu bagian dari sistem bahan bakar mesin diesel. Tugas utama dari bagian ini adalah untuk mengatur penyemprotan bahan bakar solar agar mudah terbakar.

Pengaturan penyemprotan bahan bakar ini sama halnya dengan mengatur tekanan pembukaan bahan bakar. Oleh karena itu tekanan pembukaan harus sesuai dengan standar mesin baik direct maupun indirect injektion.

Tekanan standar injektor mesin diesel sekitar 100-200 psi. Namun apabila terjadi masalah tekanan dapat menjadi rendah atau sebaliknya terlalu tinggi. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab tekanan injektor terlalu tinggi atau rendah akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab tekanan injektor terlalu tinggi

Penyebab Tekanan Injektor Terlalu Tinggi Atau Rendah

Terdapat beberapa penyebab tekanan injektor terlalu tinggi atau rendah diantaranya yaitu:

1. Filter Solar Kotor

Filter solar yang kotor menjadi satu diantara permasalahan khusus mesin diesel kurang tenaga. Filter solar kotor dapat menjadi faktor penyebab pengurangan debet dan volume bahan bakar yang diperlukan. Mengakibatkan tekanan injektor terlalu rendah.

Pada akhirnya mesin diesel dapat mengalami kekurangan kombinasi bahan bakar hingga tenaganya jadi tidak optimal. Filter yang kotor membuat proses filtrasi menjdi tidak bagus. Kotoran dapat masuk ke pompa injeksi. Pada akhirnya tekanan injeksi jadi bermasalah.

Tanda-tanda filter solar kotor adalah pertanda lampu tanda water separator mulai berpijar tanpa pertanda penyebab yang terang.

2. Pompa Tekanan Solar Kurang kuat

Pompa tekanan ini terpasang pada filter solar atau dekat pompa injeksi. Peran dari bagian ini adalah menarik solar dari dalam bak bahan bakar. Hal ini menjadi satu diantara penyebab tekanan injektor terlalu tinggi atau rendah.

Bila keadaannya menurun, bakal ada ketertinggalan suplai bahan bakar yang sebetulnya diperlukan mesin.

Keadaan ini dapat menjadi penyebab kombinasi bahan bakar dan udara tak lagi bagus hingga tenaga yang dibuat mesin tidak prima.

Tanda-tanda pompa tekanan yang telah menurun adalah mesin sulit hidup saat pagi hari hingga perlu memompanya untuk hidupkan mesin.

3. Injection Pump Bermasalah

Injection pump atau yang dikenal dengan nama pompa injeksi berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar solar bertekanan ke masing-masing injektor.

Tekanan dalam pompa injeksi mempunyai ukuran berbeda, bergantung masing-masing mobil. Tetapi saat tekanan pompa injeksi menyusut atau bahkan juga melewati tekanan yang direferensikan, mesin diesel tentu bermasalah.

Tanda-tanda injection pump bermasalah adalah bila ada asap hitam tebal sampai mesin kehilangan tenaga.

4. Injection Timing Tidak Pas

Nilai dan status injection timing dalam mesin diesel jarang berbeda, tetapi rupanya bisa jadi ada dalam status tidak tepat.

Pada akhirnya mesin diesel jadi kurang memiliki tenaga. Injection timing merupakan saat atau waktu injektor buka nozzle untuk menyemprot bahan bakar.

Keadaan injection timing pada mesin diesel yang berbeda atau tidak sesuai dengan detail mesin bisa membuat tenaga mobil jadi kurang memiliki tenaga. Bahkan juga kadang ada asap hitam terlalu berlebihan di knalpot.

5. Fuel Pressure Regulator Rusak

Fuel pressure regulator yang rusak juga dapat menjadi penyebab tekanan injektor terlalu tinggi atau rendah. Bagian ini yang mengatur tekanan bahan bakar yang mengalir ke bagian pompa injeksi.

Apabila bagian ini macet tentu saja tekanan bahan bakar yang dialirkan melalui feed pump ke pompa injeksi menjadi terlalu tinggi dan menyebabkan tekanan injektor menjadi terlalu tinggi.

6. Kerusakan Injektor

Terdapat berbagai kerusakan yang dapat muncul dibagian injektor. Salah satunya yaitu injektor agak macet. Hal ini tentu mempengaruhi tekanan hasil penginjeksian yang terlalu tinggi.

7. Kesalahan penyetelan

Penyebab terkahir tekanan injektor terlalu tinggi atau rendah adalah kesalahan penyetelan. Penyetelanan tekanan injektor yang salah tentu dapat menyebabkan tekanan penginjeksian terlalu tinggi atau rendah.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab tekanan injektor terlalu tinggi atau rendah. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Tekanan Injektor Terlalu Tinggi Atau Rendah: 7 Faktor Dan Ulasan"